Investasi Preloved Branded Bags, Bagaimana Peluangnya?
By modest.id - Aug 7, 2022Salah satu ceruk fashion yang selalu konsisten dan memiliki pasar yang stabil adalah produk branded/bermerk, terutama tas wanita. Pasar ini tentu merujuk pada produk fashion keluaran rumah-rumah mode ternama dunia, yang eksistensinya sudah bertahun-tahun lamanya.
Karena karakter produk branded yang berkualitas tinggi, tahan lama dan model yang tak lekang waktu, maka tas branded ini sangat populer diperjualbelikan kembali sebagai barang preloved. Pasar preloved ini sudah lama eksis di berbagai belahan dunia, dan memiliki rujukan mode tertentu, seperti Jepang, yang sangat populer pasar prelovednya.
Di Indonesia, komunitas dan marketplace produk preloved branded ini pun cukup populer dan telah berkembang sejak lama. Salah satu yang banyak diminati masyarakat di Jakarta, adalah Irresistible Bazaar, yang merupakan platform marketing offline terbesar di Indonesia untuk produk preloved branded items. Saat ini Irressitible Bazaar tengah mengusung konsep baru yaitu Irress Urban Bazaar yang secara rutin berkala diselenggarakan spot-spot urban seperti Mal besar di Indonesia.
Meski menjadi salah satu tren yang populer, preloved shopping nampaknya belum dipahami oleh konsumen bahkan masyarakat secara keseluruhan, baik itu tentang kualitas barang hingga momentum mendapatkan barang preloved.
Berangkat dari isu ini, Irresistible Bazaar menggandeng Stylo Indonesia menggelar acara Intimate High Tea Soiree yang membahas seputar Preloved Authentique High-End Brand pada Rabu, 27 Juli 2022, di Maxx Coffee, Senayan Park. Topik yang ditekankan dalam kegiatan ini yaitu bagaimana konsumen (yang didominasi oleh perempuan) dapat mengenali secara cermat kualitas barang high-end brand dan memahami sisi investasi jual beli produk high-end brand.
“Tujuan acara ini diadakan adalah untuk pengenalan kepada pencinta barang branded serta menanamkan konsep bahwa banyak cara untuk menjadi smart buyer, salah satunya event yang diadakan Irresistible Bazaar di mana dapat memberikan kesempatan pada konsumen untuk membeli barang sesuai model yang diinginkan dengan harga yang tepat serta bertemu dengan seller yang trusted untuk mendapatkan barang yang menjadi koleksi pribadi sekaligus dijadikan sebagai investasi”, terang Marisa Tumbuan, Founder dan Chief Irresistible Bazaar.
Marisa Tumbuan
Melihat peluang koleksi barang preloved high-end brand menjadi sebuah investasi, pada dasarnya konsumen harus memperhatikan perawatan barang branded yang dikoleksi agar tetap memiliki kualitas yang baik dan terjaga sehingga memiliki nilai investasi yang bagus dalam jangka waktu yang lama.
Turut menghadirkan Rista Zwestika (CEO dan Founder Finante.id) seorang Certified Financial Planner, yang pada kesempatan ini memberikan edukasi tentang cara mengatur anggaran di saat memiliki tujuan keuangan ingin membeli suatu barang, apalagi harga barang tersebut bisa dibilang bukan harga yang biasa seperti barang high-end brand.
“Salah satu perspektif baru dalam ber-investasi yaitu menggunakan barang high-end brand termasuk kategori preloved. Saya hadir di sini untuk mengedukasi konsumen dalam lingkup Irresistible Bazaar untuk lebih memahami jenis investasi dari barang-barang branded preloved. Tidak hanya sebatas itu, saya juga ingin memberikan padangan tentang bagaimana cara yang tepat untuk mempersiapkan dana guna ber-investasi di barang-barang branded tersebut agar tidak menggangu pos keuangan lainnya”, ucap Rista Zwestika.
Rista berharap melalui acara ini konsumen hingga member Irresistible Bazaar dapat lebih melek dalam keuangan khususnya tentang pola pengaturan anggaran dan sudut pandang melihat investasi yang disesuaikan dengan tujuan bukan asal-asalan apalagi pemborosan.
Di lain sisi, Ridho Nugroho, M.I.Kom, yang akrab disapa Idho, sebagai Head of Fashion Beauty Grid Network dan founder Stylo Indonesia melihat bahwa bagi sebagian besar orang khususnya perempuan, tren berbelanja barang high-end brand termasuk kategori preloved nampaknya bukan lagi sekedar kebutuhan, melainkan menjadi keharusan untuk menunjang penampilan gaya hidup.
Idho juga mengungkapkan bahwa gerakan yang diinisiasi oleh Irresistible Bazaar sejalan dengan program Stylo Indonesia yang tengah dirintis yaitu FashionBeautypreneur. Program ini menunjukkan wujud nyata kontribusi Stylo terhadap pelaku industri UMKM fashion dan beauty di Indonesia dalam pengembangan keahlian terkait dunia wirausaha di sektor industri fashion dan beauty, di bawah naungan Stylo Indonesia.
“Kesempatan kolaborasi yang diberikan oleh Irresistible Bazaar akhirnya mewujudkan terlaksananya acara ini yang merupakan ajang diskusi di antara rekan media lifestyle serta para pencinta fashion, khususnya high-end branded items soal bagaimana melihat sebuah hobi dari sudut pandang positif lainnya yang berbeda. Acara ini dikemas dalam bentuk sharing insight dan bertukar pendapat serta tips khususnya bagaimana memilih produk high-end brand yang everlasting serta banyak peminatnya sehingga memiliki value investasi yang lebih bernilai nantinya”, tutur Ridho.
Dengan kata lain, output dari acara ini agar konsumen paham berbelanja barang high-end brand bukan sekadar pemborosan atau mengikuti tren saja. Seperti contohnya berbelanja tas atau sepatu branded preloved yang memang benar-benar disukai, dibutuhkan dan akan dikenakan terus di berbagai keperluan acara.
Dalam acara ini, Irresistible Bazaar juga ikut melibatkan tenant @ginger.luxthings, @mwdbynia, @chic.authentique, @enjes_closet, dan @bagada.id yang memberikan dukungan guna kelancaran event kali ini. Digelarnya acara Intimate High Tea Soiree ini dengan pembahasan yang inspiratif diharapkan dapat menjangkau secara menyeluruh berbagai lapisan masyarakat khususnya berbagai karakter perempuan mengenai bagaimana menjadikan sebuah hobi berbelanja menjadi peluang berbisnis. Terutama dalam menepis stigma tentang berbelanja high-end branded items tidak melulu tentang pemborosan.
“Hal yang diharapkan ke depannya oleh Irresistible Bazaar adalah industri preloved branded tetap terjaga kepercayaannya di hati konsumen, komunitas juga semakin tahu tentang sisi positif berbelanja preloved dan dapat bijak menghindari segi negatif-nya”, tutup Marisa Tumbuan.
Sementara itu, Mengusung konsep baru, Irresistible Bazaar akan menghadirkan Irress Urban Bazaar yang dikemas dalam bentuk preloved branded bazaar, di Senayan Park, Atrium Ground Floor mulai 3 – 7 Agustus 2022, pukul 10:00 – 21:00 WIB, guna bertemu dengan bertemu para pencinta high-end branded items khususnya fashion. (*)
See also:
--
SPOTLIGHT Memberi Panggung Utama bagi Budaya Indonesia dalam Fashion --
Iftar dan Perayaan 8th Anniversary Buttonscarves --
Hijrahfest Ramadhan Ajang Muhasabah Perjalanan Hidup, Teknologi hingga Berburu Promo Lebaran --
Kekuatan 'Trilogy of Beauty’ Menandai 3 Tahun barenbliss di Indonesia --
Tags
RELATED NEWS

Jangan Ketinggalan Ikutan Hepi di Blibli Bagi-Bagi Hepi
Jul 21, 2020Rayakan ulang tahun ke sembilan, Blibli ajak pelanggan nikmati kemeriahan festival dari rumah, bertajuk Festival “Bagi-Bagi Hepi” yang hadirkan acara hiburan, belanja, dan permainan secara online melalui aplikasi dan situs Blibli.
READ MORE