Cegah Stunting/Malnutrisi Anak, Penuhi Kebutuhan 9 Asam Amino Essensial

Pencegahan dan penanganan stunting masih menjadi perhatian utama kesehatan di Indonesia, karena menyangkut kualitas generasi bangsa

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis, biasanya berhubungan dengan kondisi sosioekonomi dan lingkungan kesehatan keluarga yang buruk. Penyebab langsung stunting ini adalah tidak tercukupinya nutrisi (kurang makan atau kurang asupan makanan yang mengandung nutrisi pertumbuhan), dan infeksi atau penyakit kronis yang berulang. 

Mengapa stunting masih menjadi perhatian utama di bidang kesehatan? Karena stunting menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak, dan akhirnya mengancam generasi suatu bangsa. Anak dengan kondisi stunting dapat mengalami gangguan fungsi kognitif dan penurunan sistem imun serta obesitas dan hipertensi saat dewasa. Di Indonesia, per 2018, terdapat 18 provinsi dengan prevalensi stunting 30-40%. Angka tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus stunting terbesar di Asia Tenggara.

Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), dalam Media Scientific Session yang diselenggarakan oleh PT Frisian Flag Indonesia secara daring pada Kamis (15/4) mengatakanmengatakan bahwa anak dengan kondisi stunting akan memiliki ketertinggalan dari anak-anak lain dan sulit untuk ditanggulangi, sehingga harus dicegah sedini mungkin.


Yang paling penting, anak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, yang kemudian diikuti dengan MPASI bergizi tepat. Dr. Damayanti menjelaskan mengenai 9 Asam Amino Essensial (9AAE), kandungan yang perlu mendapat perhatian besar dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak. Dikenal sebagai 'Bahan Penyusun Kehidupan', Asam Amino adalah molekul kecil yang bergabung untuk membentuk protein. Namun, mengapa mereka begitu penting?

Dari 20 Asam Amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sembilan diantaranya dianggap esensial karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya dapat diperoleh melalui makanan. Karena 9AAE tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita, hal ini menjadi sangat penting untuk mendapatkannya setiap hari dari makanan dan minuman bergizi. 9AAE juga berfungsi sebagai building blocks untuk otot dan tulang, bahkan jika satu kandungan AAE hilang, sisanya tidak akan berfungsi.

Apa yang Membentuk 99AE ini? 9AAE mengandung histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, valin, dan triptofan, yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Berbagai studi menunjukkan bahwa protein hewani menjadi sumber 9AAE yang lebih baik dari protein nabati. Pasalnya, protein hewani memiliki 9AAE dalam jenis yang lengkap, berbeda dengan protein nabati yang memiliki limiting amino acids (hilangnya salah satu kandungan dari 9AAE). Hal tersebut menjadi penting karena kekurangan satu jenis asam amino dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan hingga 34%, dan angkanya akan meningkat sampai 50% jika tubuh sama sekali tidak mendapatkan asam amino esensial secara lengkap baik dalam hal jenis dan jumlahnya. Adapun sumber protein hewani dan 9AAE yang terbaik berdasarkan nilai bioavailabilitasnya adalah susu, telur, ikan, ayam dan daging.

Selanjutnya, Dokter Damayanti memberi kesimpulan, “kandungan 9AAE berperan besar dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, termasuk dalam kondisi malnutrisi. Jika anak kurang mendapat asupan 9AAE di masa emas pertumbuhannya, maka pembentukan otaknya pun bisa tidak maksimal.”

FRISIAN FLAG® PRIMAGRO Hadir dengan Kandungan 9AAE Lengkap



PT Frisian Flag Indonesia (FFI) sebagai produsen produk bernutrisi berbasis susu memahami pentingnya proses tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama kehidupan, sebagai masa emas yang tidak dapat diulang. Bila anak mengalami malnutrisi dan tumbuh kembang pada periode ini, efeknya pun akan berlangsung selama hidupnya.

Untuk itu, sebagai salah satu wujud inovasi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak tersebut, FFI secara resmi memperkenalkan susu bubuk pertumbuhan FRISIAN FLAG® PRIMAGRO 1+ dan 3+  dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) lengkap bersumber dari protein hewani berkualitas tinggi, Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, Tinggi Protein, serta lebih dari 14 vitamin dan 9 mineral yang diformulasikan khusus dengan mempertimbangkan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak utamanya pada 1,000 hari pertama kehidupan.

Specialized Nutrition Director PT Frisian Flag Indonesia William Lumentut mengatakan, "FRISIAN FLAG® PRIMAGRO hadir sebagai mitra orangtua dalam mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak, terutama dalam penyediaan asupan gizi yang optimal. Ini juga menjadi upaya dan kontribusi FFI dalam peningkatan status gizi generasi bangsa dan pengentasan malnutrisi".

Jadi, penuhi asupan nutrisi terbaik untuk anak-anak kita dengan 9AAE yang terdapat pada protein hewani, sejak pertama kali si kecil mendapatkan MPASI. Dan sebagai pelengkap, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan 3+ hadir untuk memastikan si kecil mendapat semua manfaat terbaik dari kandungan nutrisi lengkap untuk bantu dukung potensi tumbuh kembangnya secara lebih optimal. 

See also:
-- Modul 'Iya Boleh' Untuk Panduan Kembangkan 5 Karakter Unggul Anak Indonesia -- Bugaboo Stardust, Portacot Praktis yang Nyaman Bagi Si Kecil untuk Tidur dan Bermain -- Cegah Stunting/Malnutrisi Anak, Penuhi Kebutuhan 9 Asam Amino Essensial -- Nutrisi Penting dalam S-26 Procal Nutrissentials untuk Tumbuh Kembang si Kecil --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Cara Mudah Menjaga Kebugaran Tubuh Selama #StayHome

Cara Mudah Menjaga Kebugaran Tubuh Selama #StayHome

Beberapa cara berolahraga di rumah: mulai dari menyulap rumah menjadi gym, hingga melakukan beberapa gerakan peregangan ringan.

READ MORE
Use HeART to Connect, Indonesia Rayakan Hari Jantung Sedunia

Use HeART to Connect, Indonesia Rayakan Hari Jantung Sedunia

Yayasan Jantung Indonesia mengajak masyarakat untuk mengambil peran masing-masing dalam mencegah bertambahnya angka penyintas penyakit jantung

READ MORE