MUFFEST 2021; Santoon, Erika Ardianto & Opie Ovie

MUFFEST 2021; Santoon, Erika Ardianto & Opie Ovie

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 mencapai venue terakhir untuk rangkaian eventnya, yaitu di Gandaria City, Jakarta. Menggelar beragam aktivitas yaitu fashion show, talkshow dan fashion bazaar dari tanggal 30 April hingga 23 Mei yang akan datang. MUFFEST yang kali ini memasuki tahun keenam dengan tema “Recovery for Fashion Industry” telah sukses digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo di lima kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung.

Pada venue terakhir ini, MUFFEST 2021 menghadirkan sederet nama desainer, terutama dari Jakarta yang menggelar peragaan koleksi terbarunya di panggung fashion show, Sabtu 9 Mei 2021. Antara lain Najua Yanti, Neera Alatas, Novita Yunus, Itang Yunasz, Hannie Hananto, Wignyo Rahadi, Sofie dan Raegita Zorro. Selain itu, ada pula beberapa brand/desainer yang tergabung dalam IFC chapter Jakarta yang koleksinya cukup menarik perhatian, yang akan kita ulas disini. 



Brand yang satu ini sangat mudah dikenali dari corak khasnya, doodle atau coretan yang dituangkan dalam material dengan digital printing. Coretan tangan khas Santoon ini selalu hadir dalam setiap potong koleksi, yang didesain dengan gaya sporty casual, trendy hingga feminin. Sebelumnya koleksi Santoon banyak menggunakan warna-warni dalam coretannya, untuk kali ini warna mono hitam-putih yang dipilih.

Menariknya, coretan khas Santoon ini dicetak di atas kain serat alam, tencel, rayon, katun dan serat Eucalyptus. Semuanya merupakan serat ramah lingkungan yang mudah terdegradasi di alam/tanah. Santoon ingin membawa pribadi perempuan Indonesia selayaknya ratu di negeri sendiri. Karena setiap perempuan mendambakan kecantikan dan kesantunan adalah salah satu ciri terbaik dari perempuan Indonesia. 


Boldsession by Erika, brand yang dimiliki oleh Erika Ardianto berkeinginan untuk selalu menggunakan wastra Indonesia dalam karyanya. Koleksi kali ini bertema 'Shades of Rotua', mengandung guratan masa kecil tentang gadis kecil Rotua, kali pertama Erika Ardianto mengenal suku Batak dan budayanya. Gadis ini selalu bersemangat, penuh cinta, dan setia  mencapai yang terbaik, walau apapun yang terjadi.

Rotua berhasil membentuk karakter para perempuan Batak dalam benak Erika dan membuat jatuh hati terhadap budaya tanah Toba, termasuk kain ulos.  Sehingga sejak tahun 2017, Boldsession by Erika konsisten menggunakan berbagai jenis kain ulos (sadum,hande-hande, dan pucca) untuk busana custom order sampai masker premium.

Pada MUFFEST 2021 ini, dengan koleksi berbahan utama ulos pucca katun, yang  nyaman digunakan dalam keseharian dan jauh dari kesan 'berat'. Kain dibuat oleh pengrajin lokal, bernuansa warna solid bersentuhan cerah. Dipadu dengan katun toyobo, twiscone,  linen, dan sedikit sentuhan polyester.

Tetap dengan ciri khas garis desain yang bold tetapi ringan dan dinamis. Koleksi terdiri atas tops, kemeja, outer, dress, rok lilit dan obi. 

  



Odyssey by Opie Ovie memberikan tawaran perpaduan tradisi, penggunaan bahan batik bermotif geometrik masa kini dengan teknologi laser cutting dan 3D print untuk embellishments dan asesoris mini bag. Dress maxi berlayer yang menjadi signature look, menggunakan bahan alami katun, linen dan denim untuk kenyamanan penggunanya. 

Odyssey memperkenalkan berbagai macam aksesoris 3D printing, kolaborasi Opie Ovie dengan lab iDIG (Integrated Digital Design) Departemen Desain Produk, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS Surabaya. Aksesoris ini diterapkan pada bentuk tas mini, clutch, dan embelishment pada busana. Teknik ini nantinya bisa dikembangkan untuk visualisasi untuk kebutuhan animasi 2D/3D, display, fashion show, etalase, etc, dengan berbasis AR-Augmented Reality/VR-Virtual Reality/Mixed Reality/3D Hologram.


 


See also:
-- Harga Jutaan Koleksi Ramadhan Ria Miranda x Blibli.com, Masihkah Ludes di Hari Peluncuran? -- Pernyataan Mode Aleza pada Raya 2019 Trunk Show -- Memahami Preferensi Busana Muslim Jelang Ramadhan-Lebaran dalam Koleksi Kamilaa-Itang Yunasz -- Romansa Italia di Koleksi Lebaran Mandja & Khalif Ivan Gunawan --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Jenahara Black Label SS 2018; Sebuah Pernyataan tentang Perempuan dan Krisis Kemanusiaan

Jenahara Black Label SS 2018; Sebuah Pernyataan tentang Perempuan dan Krisis Kemanusiaan

READ MORE
Main Collections from Ria Miranda for 2017

Main Collections from Ria Miranda for 2017

READ MORE