Lihat Koleksi dari Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Irmasari Joeda dan Yufie Kartaatmaja di MUFFEST Bandung

Lihat Koleksi dari Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Irmasari Joeda dan Yufie Kartaatmaja di MUFFEST Bandung

Setelah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bekasi, pekan ini MUFFEST 2021 menggelar kemeriahannya di Bandung, bertempat di 23Paskal Shopping Center pada tanggal 26 April-9 Mei 2021. Bandung memiliki banyak nama desainer dan brand yang telah diakui dalam industri modest fashion, dan di sinilah para desainer Bandung ini memamerkan koleksi kreatifnya -masih- di tengah pandemi, sekaligus di tengah antusiasme masyarakat kembali berbelanja busana lebaran. 

Mulai pekan ini pula MUFFEST berkolaborasi dengan e-commerce Blibli.com, yang hasilnya koleksi sebagian desainer yang tampil di MUFFEST bisa langsung dibeli secara online melalui blibli, sehingga dapat turut memasarkan produk fashion muslim ke berbagai daerah di Indonesia. 

Pada Opening Fashion Show IFC  Bandung tanggal 1 Mei lalu yang dipersembahkan oleh Bank BJB, menampilkan karya para desainer fashion muslim dan modestwear kebanggaan Indonesia yang tergabung sebagai member IFC Bandung Chapter, yaitu Nuniek Mawardi, Rengganis, Retty Sellya, Rosie Rahmadi, Irna La Perle, BeauPlay by Astri Lestari, Ofie Laim, Legan by Runny Soema di Pradja, Temmi Wahyuni, Deceusuzan, Nazmi, RI by Rahmaika, AM by Anggiasari, House of Reika by Rika Riskawati, Yufie Kartaatmaja, dan Irmasari Joedawinata.

  

Desainer Irna Mutiara membawa kembali koleksi wedding gown alternatif dari Irna La Perle yang bergaya eropa yang sangat erat dengan gaya khas brand ini.  Elegansi yang sulit untuk ditandingi oleh desainer lainnya dalam kematangan desain, detail yang distingtif seperti sulam usus dalam nuansa warna putih hingga icy-grey yang abadi. 

  

Koleksi Yufie Kartaatmaja bertajuk Mayapada, bercerita tentang kekuasaan sang Pencipta atas alam semesta dan keberadaan manusia sebagai makhluk sederhana yang mengambil peran kecil namun bisa memiliki arti yang besar. Keseimbangan antara 4 elemen dunia, meliputi api, bumi, air dan udara memiliki arti keseimbangan spirit, body and mind untuk mencapai ketenangan. 

Mengadopsi elemen kunci dari Indonesia Trend Fashion 2021/2022 dengan sub tema Exploration, yang divisualisasi dengan warna lilac, navy blue dan putih. Berkonsep gaya lineart pada material twill kombinasi rayon dan mix-cotton.

  

Irmasari Joedawinata


  

Transformasi Spirituality, mengandung makna perubahan dan pergeseran dalam hubungan manusia dengan Penciptanya, makna yang dikandung dalam koleksi Nuniek Mawardi kali ini. Memanfaatkan karunia yang diberikan oleh sang pencipta dengan menerapkan prinsip keindahan dan kemanfaatan bagi manusia dituangkan dalam bentuk Dexterity, yaitu kemampuan mengolah material dengan tangan/handmade.

Bentuk-bentuk struktural tercipta dengan merubah struktur rancangan dalam bentuk imajinasi draping dari bentuk tunica dan kaftan. Pengolahan material seperti origami dikembangkan secara struktural untuk dimanfaatkan sebagai headpiece dan aksesoris. Kepekaan akan lingkungan dan keberlanjutannya ditulis dengan batik dan pewarna alam, juga penggunaan stripe woven. Bahan-bahan yang digunakan adalah katun dan katun linen. Koleksi ini menggunakan warna dusty pink, green mint, offwhite, brown, dan sky blue


See also:
-- Keindahan Kain Kimono untuk Fashion Muslim Indonesia -- Kepedulian Terhadap Fashion dan Gaya Hidup yang Etis dan Berkelanjutan, Isu Pokok Modest Fashion ISEF 2020 -- Syar'i Tak Mesti 'Seragam' -- IFI Graduation Batch 4; Aktualisasi Idealisme dan Tantangan Desain Busana Muslim --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Kolaborasi Mencari Konsep Sportswear Ideal untuk Hijabers; Noore x Jenahara

Kolaborasi Mencari Konsep Sportswear Ideal untuk Hijabers; Noore x Jenahara

READ MORE
Romansa Italia di Koleksi Lebaran Mandja & Khalif Ivan Gunawan

Romansa Italia di Koleksi Lebaran Mandja & Khalif Ivan Gunawan

READ MORE