Kolaborasi Batik Berkelanjutan dari Tuty Adib

Kolaborasi Batik Berkelanjutan dari Tuty Adib

Ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 yang digelar di 5 kota melahirkan banyak sinergi terjalin, kolaborasi produktif yang semarak membangkitkan simpul-simpul ekonomi UKM di bidang fashion. Kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan terjalin antara pemerintah daerah, regulator, desainer dan para UKM, diwadahi oleh sebuah rangkaian event yang bisa dinikmati bersama oleh semua penikmat fashion dan masyarakat.

Di Yogyakarta, MUFFEST baru saja berakhir setelah mengadakan serangkaian aktivitas selama 12 hari, 31 Maret hingga 11 April 2021 di Hartono Mall Yogyakarta. Bertema "Recovery for Fashion Industry" secara khusus seluruh stakeholder terlibat memang berikhtiar untuk membantu pemulihan ekonomi sektor fashion muslim, yang secara langsung dan tak langsung pasti terimbas pandemi selama setahun terakhir.

Salah satu kolaborasi yang terjadi di MUFFEST Yogyakarta, desainer asal Solo Tuty Adib yang bekerjasama dan didukung penuh oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo. Kolaborasi ini mewujudkan koleksi yang ditampilkan dalam rangkaian opening dan closing fashion show. Dukungan KPw BI Solo untuk terus mendorong pelaku industri fashion Muslim di Soloraya termasuk UMKM  agar mampu menghasilkan berbagai inovasi baik di bidang desain maupun arah tren fashion muslim tentunya menjadi salah satu alasan mengapa Tuty Adib berbangga untuk berkolaborasi.

Sebagai salah satu pegiat industri fashion Muslim, Tuty Adib pun mengapresiasi Bank Indonesia yang secara konsisten memberikan fasilitasi kepada para desainer dan UMKM fashion yang membutuhkan wadah dan panggung untuk dapat meningkatkan kapasitas serta kemampuan diri, khususnya sebagai wirausaha di bidang fashion muslim serta mempromosikan dan memperkenalkan potensi produk fashion muslim dalam negeri antara lain melalui Muslim Fashion Festival (MUFFEST), Karya Kreatif Idonesia (KKI) dan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang merupakan bagian dari event perjalanan sebelum Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF). 


koleksi Kersen pada Opening Show MUFFEST Yogyakarta 2021

Dalam kolaborasi MUFFEST 2021 ini, Tuty Adib mengangkat keindahan batik tulis karya pengrajin UMKM binaan KPw BI Solo, Batik Adibusana dari Sukoharjo dengan konsep sustainable fashion. Sustainable fashion merujuk pada konsep produksi garmen dan pakaian yang ramah lingkungan dan beretika baik mendukung kelangsungan hidup para pekerja yang terlibat dalam setiap langkah produksinya.  Tema ini juga senada dengan semangat KPw BI Solo dalam mendorong klaster dan UMKM binaannya menuju konsep sustainable farming/product dalam upaya melestarikan lingkungan. 

Dengan semangat kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, Tuty Adib akan menampilkan masing- masing enam outfit  busana muslim ready to wear deluxe  dalam Opening Show pada tanggal 9 April 2021 dan Closing Show pada tanggal 11 april 2021. 

Untuk opening diambil tema "KERSEN”,  pewarnaan alam  dari daun  kersen atau di masyarakat Jawa biasa disebut pohon talok. Dengan proses pencelupan yang berulang-ulang maka pewarnaan alam kersen ini  menghasilkan warna kuning 'corn' yang unik . Perpaduan warna kuning corn putih dan coklat kekuningan menjadikan koleksi ini tampil  anggun dan elegan. Rancangan semakin elegan dengan besutan detil sematan mote "sand" warna putih yang menjadikan   motif batik tampak lebih hidup.

  

  

Koleksi 'Desir' pada closing show

Adapun dalam Closing bertema "DESIR",  Tuty Adib  mengeluarkan koleksi busana muslim berbahan batik tulis dengan tehnik pewarnaan alam dari tanaman mangrove. Daun, batang dan bunga pohon Mangrove dapat menghasilkan sejumlah warna pastel yang kemudian dipakai untuk mewarnai coletan pada batik tulis ini.  Perpaduan warna hijau mint, lilac pastel, putih, abu, dan salem peach  membuat koleksi tampil fresh dan muda. Kombinasi batik tulis, brokat putih, linen katun dan border katun mewarnai koleksi ini.

Dengan konsep ready to wear deluxe padu padan outer, skirt, blouse dan gaun panjang menjadi pilihan pada koleksi kali ini.  Desain outer  yang bervariasi menjadi pilihan dan inspirasi bagi muslimah  muda dan aktif yang ingin tampil beda.

See also:
-- Kolaborasi Batik Berkelanjutan dari Tuty Adib -- Symphony of Bianti -- Ekspresi 'OPERASI' dari Rachman Muchamad -- Melihat 12 Karya Favorit Artjog 2018 --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Romansa Italia di Koleksi Lebaran Mandja & Khalif Ivan Gunawan

Romansa Italia di Koleksi Lebaran Mandja & Khalif Ivan Gunawan

READ MORE
Typography Trend, Wearing Your Voice or Your Designer Logo?

Typography Trend, Wearing Your Voice or Your Designer Logo?

Tren tipografi masih akan terus diminati, mencerminkan ekspresi fashion yang lebih lantang dan ekstrovert.

READ MORE