Transaksi di Online Marketplace Shopee pada Bulan Ramadhan Mencapai 300.000 Order per Hari!

Evy Nurmawati Shopee Seller pemilik toko momyaisha_olshop & Handika Jahja, Head of Operations Shopee

Bulan Ramadhan tahun ini yang penuh makna dan berkah baru saja meninggalkan kita, tetapi semoga semangat Ramadhan tetap terjaga di hati dan diri kita semua. Ramadhan bulan suci dan mulia untuk umat muslim, tetapi tidak bisa dipungkiri, berkah bulan Ramadhan benar-benar menghampiri semua orang, terutama di Indonesia. 

Bulan Ramadhan adalah rentang waktu dimana daya beli masyarakat Indonesia mencapai titik tertinggi di sepanjang tahun, dan ini tentu menyisakan banyak sekali cerita manis dan menarik dari mereka-mereka yang banyak meraih untung di bulan ini. Kini, belanja online sudah menjadi kebiasaan belanja terutama oleh generasi milennial, sehingga belanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran pun kini semakin banyak dilakukan secara online.

Berdasarkan riset yang dilaksanakan pada bulan Juni 2017 oleh Jakpat (mobile survey app di Indonesia), 49% masyarakat Indonesia menyatakan jika Shopee merupakan aplikasi belanja online yang paling diingat untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan mereka.

Handika Jahja – Head of Operations Shopee Indonesia dalam paparan pencapaiannya mengatakan bahwa pada bulan Ramadhan kali ini Shopee mengalami peningkatan pesat dalam hal penjualan dibanding tahun lalu. Pada bulan Ramadhan ini, Shopee Indonesia menerima pesanan dari 515 kota dan kabupaten, dengan Merauke di Papua sebagai kota terjauh untuk tujuan pengiriman pesanan. Didukung dengan antusiasme pengguna yang tinggi, Shopee menjual lebih dari 1 juta produk setiap harinya, dengan Busana Muslim, Pakaian Wanita, serta Bayi dan Anak sebagai kategori produk terpopuler bagi pengguna.

"Pada Ramadhan tahun ini, rata-rata pesanan/order mencapai 300.000 transaksi per hari, dan transaksi ini 80% berasal dari luar Jabodetabek. Ini menunjukkan bahwa jangkauan Shopee sebagai aplikasi belanja online sudah menyebar di seluruh Indonesia, dan bisa mempunyai dampak ekonomi yang nyata di seluruh wilayah Indonesia", lanjutnya.

Menurut Handika, pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen kuat Shopee di industri ini, serta pengetahuan tentang tren pasar. Kombinasi dari rangkaian promosi yang menarik, kerjasama strategis, serta layanan gratis ongkos kirim telah mendukung Shopee untuk mencapai hasil yang luar biasa ini.



Salah satu fakta yang menarik juga, dari kategori produk-produk yang paling laku tersebut, sebagian besar adalah produk dengan range harga antara 50 hingga 200 ribu rupiah. Seperti yang dibuktikan oleh Evy Nurmawati, salah satu Shopee seller yang mengalami peningkatan penjualan signifikan pada bulan Ramadhan kemarin. Produk yang dijualnya adalah busana wanita dan busana muslim dengan kisaran harga 50 hingga 200 ribu rupiah. Bahkan lebih banyak yang dibawah 100 ribu rupiah. Produk-produk ini laku keras, walaupun banyak pula seller lain yang menjual produk serupa bahkan sama dengannya. 

"Produk seperti ini -busana wanita dan busana muslim- banyak sekali yang menjual, bahkan di Shopee banyak seller lain yang menjual produk serupa. Tetapi kita harus mempunyai strategi, tidak melulu dengan banting harga atau diskon. Potongan harga pasti akan ada, tetapi saya sebaik mungkin memberikan layanan yang lebih baik, respon yang cepat dan pengiriman konsisten, walaupun orderan sedang membludak". 

Evy juga mengatakan, bahwa busana muslim seperti gamis adalah item yang paling basic tetapi paling laku. "Gamis ini akan dipakai sampai kapanpun. Meskipun model dan bahannya simpel dan gitu-gitu aja, tetapi gamis adalah item fashion yang tidak akan lekang waktu, dan semua orang -wanita- akan memakainya, mulai dari anak muda hingga nenek-nenek."

Bulan Ramadhan memang luar biasa, apalagi bagi penjual online seperti Evy dan banyak lagi penjual di Shopee dengan cerita senada. Bila di hari-hari biasa omsetnya 20-30 juta per bulan, pada bulan Ramadhan kemarin ia bisa mencapai omset hingga 70 juta! Hmm...bisa dipastikan Evy dan ribuan online seller lain tidak sabar ingin cepat-cepat bertemu Ramadhan lagi.. ;)





please login to comment.

RELATED NEWS

Famogal, Muslim Concept Store Terbesar Hadir di BSD City

Famogal, Muslim Concept Store Terbesar Hadir di BSD City

READ MORE
6 Alasan Konkrit Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Neo Soho

6 Alasan Konkrit Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Neo Soho

NEO SOHO. Ini adalah sebuah destinasi gaya hidup terbaru di kawasan Jakarta Barat, tepatnya di samping Mall Central Park di kompleks Podomoro City.

READ MORE