Sinergi Sekolah, Keluarga dan Masyarakat untuk Membangun Karakter Bangsa

Membangun karakter bangsa, adalah membangun dan membentuk karakter anak-anak bangsa, sumber daya manusia dari sebuah bangsa. Ini tentu dimulai dari usia dini, dan dimulai dari unit terkecil sebuah bangsa, yaitu keluarga. Pendidikan menjadi kunci dalam pembangunan ini, dan pendidikan yang menteluruh hanya bisa didapatkan dengan sinergi tiga pihak, yang disebut sebagai Tripusat Pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

Sinergi ini telah diterakan sebagai strategi pemerintah, melalui program penguatan pendidikan karakter yang diejawantahkan secara terperinci oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, pemerintah sebagai koordinator tentu tidak mungkin berperan sendirian, dibutuhkan sebanyak mungkin dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak.

Sentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mensukseskan program tersebut, Trakindo mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dan mewujudkan sinergi Tripusat Pendidikan melalui kegiatan Bincang Perspektif bertema “Sinergi Tripusat Pendidikan Memperkuat Karakter Bangsa di era Revolusi Industri 4.0” di Aula Graha I, Kemendikbud, Jakarta (11/7).

Setio A. Dewo selaku Director & Chief Financial Officer Trakindo menjelaskan, Revolusi Industri 4.0 merupakan sistem yang mengintegrasikan dunia online dengan produksi industri, maupun bidang lainnya yang mulai menggunakan teknologi digital dan otomatisasi. “Perkembangan revolusi industri harus menjadi perhatian serius dari semua pihak, terutama untuk pengembangan karakter anak sebagai generasi penerus bangsa. Kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajar anak berpikir positif, menyaring informasi yang baik serta melatih pola pikir anak,” jelas Dewo.

Era revolusi industri 4.0 tentunya juga memberikan dampak terhadap dunia pendidikan, dimana arus informasi mengalir deras dan dapat diakses dengan mudah oleh semua orang tanpa mengetahui asal usul informasi tersebut. Tentunya hal tersebut perlu diantisipasi, bukan hanya sekadar melalui cara mengajar, tetapi melalui hal yang jauh lebih esensial yakni perubahan cara pandang terhadap konsep pendidikan itu sendiri.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud, Bapak Dr. H. Khamim, M.Pd. menjelaskan, dunia pendidikan sebagai lini terdepan dalam peningkatan karakter peserta didik / generasi penerus harus mampu beradaptasi dengan cepat dan menyesuaikan dengan keterampilan yang wajib dimiliki di abad 21. “Dalam hal ini pemerintah memiliki peran yang sangat strategis untuk pembentukan karakter bangsa, yaitu dengan menghadirkan berbagai program serta regulasi yang mendukung Perpres No.87/2017 terkait pelaksanaan penguatan pendidikan karakter,” jelas Khamim.

Penguatan pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud untuk pendidikan moral dan pendidikan akhlak yang bertujuan membentuk pribadi anak yang lebih baik dan selalu siap dalam setiap perubahan. Salah satu langkah pemerintah dalam mendorong pendidikan karakter adalah melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga yang sesuai dengan Pancasila. Lima nilai utama karakter pada siswa sekolah dasar dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas.

Lebih lanjut Dewo menjelaskan, sebagai anggota masyarakat, Trakindo mendukung terwujudnya sinergi Tripusat Pendidikan dalam upaya memperkuat karakter bangsa dengan program pendidikan 40 SDN di seluruh Indonesia. “Sejalan dengan hal tersebut, Trakindo juga meluncurkan buku “Bangun Karakter Bangsa” untuk memperkuat komitmen dalam mendukung program pemerintah yaitu gerakan penguatan pendidikan karakter,” tutup Dewo


Sementara itu mengenai peran sekolah dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Eminarti, S.Pd. selaku perwakilan sekolah binaan Trakindo menjelaskan, peran sekolah dan guru sebagai salah satu piranti pendidikan adalah dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi terbaru dalam kehidupan, sehingga dapat mengarahkan siswa untuk menyikapi setiap informasi yang mereka terima. “Selain sekolah, keluarga dan masyarakat juga memiliki peran yang cukup penting dalam memilah peran teknologi sebagai alat bantu belajar di luar lingkungan sekolah,” jelas Eminarti.

Sinergi Tripusat Pendidikan diharapkan dapat menjadi sarana yang tepat dalam pembentukan karakter anak menghadapi era industri 4.0. Tripusat Pendidikan merupakan tiga pihak yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga dan masyarakat sebagai lingkungan terdekat bagi anak diharapkan dapat berperan aktif menumbuhkan nilai-nilai karakter positif pada diri seorang anak, antara lain mendorong budaya literasi dan semangat belajar anak.


Ketua Harian Komisi Nasional untuk UNESCO Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. menambahkan, pembentukan karakter merupakan proses yang berlangsung lama, oleh karena itu anak-anak harus mendapatkan pendidikan karakter sejak dini dengan didukung oleh lingkungan yang berkarakter. “Perwujudan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang berjalan dengan baik dapat menjadikan perkembangan karakter yang optimal bagi anak. Melalui sinergi ini diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman bahwa ilmu yang didapat di sekolah akan diaktualisasikan di masyarakat,” jelas Arief.

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

teamLab Future Park, Sebuah Area Edukasi Bermain Digital Pertama Hadir di Jakarta

teamLab Future Park, Sebuah Area Edukasi Bermain Digital Pertama Hadir di Jakarta

READ MORE
Street Style Wear for Kids: ToffTop8

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

READ MORE