Segelas Susu di Waktu Sahur, Esensial untuk Puasamu

Ibadah puasa, adalah kesempatan bagi tubuh untuk merestart dan me-recharge kembali metabolisme dan fungsi organ-organ di dalamnya. Dengan berpuasa selama satu bulan -seperti apapun kualitas puasa kita- sebenarnya kita sudah mendapat manfaat kesehatan, apalagi bila kita menjadikan bulan puasa sebagai waktu untuk meningkatkan gaya hidup sehat; sahur berkualitas, olahraga ringan sebelum berbuka, cukup asupan air dan makin banyak beribadah malam. 

Bila di hari-hari biasa, sarapan adalah asupan paling penting untuk mendukung kebutuhan nutrisi seharian, begitu pula saat puasa, sahur adalah saat makan paling penting. Tapi nyatanya, yang banyak terjadi adalah, kita seringkali 'menggampangkan' sahur, dan justru menyiapkan yang terbaik untuk berbuka. Padahal, sahur inilah yang menjadi 'modal' aktivitas kita seharian saat puasa. Bukankah di dalam sahur ada berkah?




Beberapa hal inilah yang disampaikan ahli gizi Emilia Achmadi, MS, RD, saat berbincang dalam acara buka puasa bertema 'Tetap Fit Setelah Ramadhan', bersama Greenfields. Ibu Emilia menjelaskan bahwa “Susu menjadi bagian dari pola makan dan gaya hidup sehat. Segelas susu segar di saat sahur memberikan asupan protein yang membantu meningkatkan tenaga dalam satu hari, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Peran susu sangat besar dalam mempertahankan stamina, sehingga kita bisa menjalani puasa yang produktif dan berkualitas.”


Ia juga mengingatkan bahwa untuk mensukseskan gaya hidup sehat yang berkelanjutan, "Dibutuhkan perubahan yang menyeluruh: dimulai dari niat yang kuat dan disiplin terhadap diri sendiri, dan konsisten menerapkan gaya hidup sehat dimulai dari asupan nutrisi yang baik, istirahat yang cukup, dan juga rutin berolahraga. Konsumsi susu dapat mendukung gaya hidup sehat, karena di dalam susu ada berbagai manfaat. Seperti kandungan yodium dan seng yang dapat meningkatkan performa otak, potasium (sering disebut sebagai kalium) yang dapat menjauhkan Anda dari penyakit darah tinggi dan jantung, serta tyrosine yang penting untuk pembentukan hormon kegembiraan dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Karena itulah kita sering mendengar bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat."


Susu terbaik untuk dikonsumsi saat sahur adalah susu segar, ataupun susu pasteurisasi yang paling mendekati kondisi susu segar. Seperti dikatakan Country Head Sales and Marketing PT. Austasia Food, Syahbantha Sembiring, "Susu segar Greenfields mengandung protein, kalsium dan beberapa vitamin yang bersifat natural – bukan fortifikasi - karena memang telah terkandung di dalam susu segar yang diperah dari sapi-sapi di peternakan Greenfields. Susu segar tersebut kemudian langsung diolah di pabrik yang berlokasi berdekatan dengan peternakan, sehingga memberikan cita rasa Greenfields yang segar-nya khas, lezat dan memiliki kualitas susu yang terbaik."


Kalau sudah dibekali dengan sahur berkualitas, jangan lupa untuk berolahraga di sore hari, walaupun sedikit. Karena saat puasa, metabolisme tubuh menjadi lebih baik, sehingga saat berolahraga, proses burning fat pun menjadi luar biasa cepat. Jadi, jangan sekedar berpuasa, tapi optimalkan puasamu secara lahir dan batin ya, dan lanjutkan kebiasaan baik ini untuk 11 bulan selanjutnya.




 

please login to comment.

RELATED NEWS

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

READ MORE
Critical Thinking for Media, Kritik dan Rekomendasi Anak terhadap Media

Critical Thinking for Media, Kritik dan Rekomendasi Anak terhadap Media

READ MORE