Risa Maharani, Pemenang Modest Young Fashion Design pada MUFFEST 2018


SMK NU Banat kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Risa Maharani, siswa lulusan SMK NU Banat tahun 2017 dinobatkan sebagai Pemenang Pertama Modest Young Designer Competition (MYDC) yang diselenggarakan oleh Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) yang berkolaborasi dengan brand fashion muslim ZOYA.

Kompetisi ini bertujuan untuk menemukan talenta muda yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan industri fashion muslim Indonesia. Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta wajib mengirimkan enam sketsa desain modest ready to wear dengan tema Svarga yang menerapkan inovasi desain, mengeksplorasi kekayaan konten lokal, dan mengaplikasi tren warna, motif, serta material tekstil.

Risa mengangkat tema Ikatten, sebuah kata yang berarti mengikat yang diperkenalkan di Eropa pada tahun 1980an oleh Prof. A.R Hein. Ia menuangkan tema tersebut dalam konsep retro dengan menonjolkan permainan warna dan teknik fabric manipulation sehingga menghasilkan rancangan berkarakter sporty, muda, dan berani.


Dari ratusan peserta yang mengikuti MYDC 2018, Risa terpilih menjadi salah satu dari 14 Finalis. Kriteria penilaian berdasarkan kreativitas, orisinalitas, kesesuaian dengan tema, daya pakai, kerapihan, ketepatan pemilihan bahan, daya jual, dan kesiapan dari segi bisnis.

Tahap selanjutnya, Risa bersama para finalis disyaratkan untuk merealisasikan tiga dari enam sketsa rancangannya dalam bentuk busana siap pakai dengan coaching oleh desainer berpengalaman. Kemudian, karya para finalis dipresentasikan di hadapan Dewan Juri untuk menentukan para pemenang pada acara Grand Final MYDC yang diselenggarakan tanggal 19 April 2018 di Main Stage MUFFEST 2018. Di acara puncak ini, Dewan Juri menobatkan Risa Maharani sebagai Pemenang Pertama MYDC 2018.

Selain hadiah berupa uang tunai Rp 15.000.000,- sebagai Pemenang Pertama MYDC 2018, Risa mendapatkan kontrak kerja selama setahun sebagai desainer tamu ZOYA dengan nilai 200 juta rupiah dan juga memperoleh kesempatan mengikuti pameran dagang skala internasional berbasis B2B (business to business) yakni Hong Kong Fashion Week. “Menjadi suatu kebanggaan terpilih sebagai Pemenang MYDC 2018. Penghargaan ini membuka jalan bagi saya untuk menjadi bagian dari perkembangan industri fashion muslim dan kesempatan bekerjasama dengan brand sebesar ZOYA yang memiliki 138 outlet , 2000 reseller dan didukung oleh 1900 karyawan ,” ungkap Risa yang begitu antusias mengikuti kompetisi ini.


Bahkan diakuinya, persiapan telah dilakukan sebelum pendaftaran MYDC 2018 dibuka. “Pemenang MYDC 2018 terpilih karena menawarkan sesuatu yang baru, fresh, dan memiliki potensi untuk lebih dikembangkan lagi. Pihak ZOYA berharap kerjasama kontrak eksklusif dengan Risa Maharani sebagai Pemenang Pertama MYDC 2018 nantinya akan berjalan dengan sukses. Kesempatan ini tentu akan menantangnya untuk terus mengembangkan kemampuan dan keahlian untuk mengikuti kebutuhan industri ini yang bergerak dengan cepat,” papar Ivan Kurniawan.

Prestasi yang dicapai oleh alumni SMK NU Banat ini membuktikan bahwa karya siswa lulusan dari SMK tak kalah saing. SMK NU Banat terpilih sebagai sekolah rujukan nasional untuk SMK bidang Tata Busana di seluruh Indonesia. Sekolah yang berada di Kudus, Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari 15 SMK yang dibina oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation yang selalu konsisten mendukung peningkatan mutu tenaga pendidik SMK bidang Tata Busana dan menunjang pertumbuhan industri fashion di tanah air yang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, Kiprah SMK NU Banat membuktikan bahwa slogan SMK Bisa! bukan hanya sekadar slogan. Karya lulusan siswa SMK pun dapat diperhitungkan dalam industri fashion nasional, bahkan internasional.

please login to comment.

RELATED NEWS

Gulshaan, From Paris to IIF Jakarta

Gulshaan, From Paris to IIF Jakarta

In IIF 2016 event, Gulshaan’s modest fashion that blends Parisian fashion culture with Pakistani traditional embroidery will be an interesting part of the fashion show program.

READ MORE
4 Desainer/Brand Indonesia Akan Tampil di Seoul Fashion KODE & Amazon Fashion Tokyo 2018

4 Desainer/Brand Indonesia Akan Tampil di Seoul Fashion KODE & Amazon Fashion Tokyo 2018

READ MORE