Peluncuran Buku Kreasi Busana Daerah Indonesia

Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki sejuta pesona ke-aneka-ragaman budaya. Salah satunya adalah tradisi busana daerah. Tentunya busana bukan hanya penentu ciri suatu masyarakat daerah, suku, bahkan dapat menunjukan suatu status sosial di masyarakat.

Dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap perkembangan masyarakat Indonesia saat ini atas kesadaran arti penting nasionalisme dan warisan budaya nusantara, Ibu Tri Tito Karnavian menyumbangkan gagasannya untuk turut melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya busana tradisional.


Gagasan tersebut kemudian ia realisasikan dalam bentuk buku oleh anggota Yayasan Kemala Bhayangkari sebagai tim penyusun buku. Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara merupakan judul buku yang menjadi wujud nyata karya Yayasan Kemala Bhayangkari yang kini telah memasuki usia 39 tahun. Buku ini diperkenalkan pada sebuah peresmian di hadapan para tamu khusus dan awak media di Balai Pertemuan Metro Jaya - Polda, Jakarta, pada Jumat 30 November 2018.

Dalam peresmiannya, model-model cilik yang merupakan murid-murid dari SD Kemala Bhayangkari 01 ditampilkan memakai busana ragam daerah yang membawa kesan unik dan menggemaskan. Tak hanya itu, Buku ini juga dibahas dalam sesi diskusi oleh Ibu Tri Tito Karnavian selaku penggagas buku, Dra. A. Ratih Andjayani Ibrahim seorang psikolog, serta Didiet Maulana, perancang busana sekaligus Founder of Ikat Indonesia.

Buku ini berbicara tentang busana 34 provinsi di tanah air mulai Sabang sampai Merauke. Selain membahas tentang busana daerah secara tertulis, buku yang berjumlah 278 halaman ini dilengkapi gambaran visual berupa foto.

Kreasi tampil lengkap dengan aksesori yang menguatkan ciri khas busana daerah masing-masing. Adapun dilakukan beberapa modifikasi pada pakaian, hanyalah untuk membuat tampilan menjadi semakin apik, sepadan dan selaras dengan pelengkapnya, yang tentunya tak mengurangi esensi serta filosofi busana asal daerah.

Buku yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama ini diharapkan mampu menggugah pembacanya khususnya generasi muda untuk mengenal, memahami dan mencintai kekayaan dan kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

#88LOVELIFE Vol. 03: Priorities Shows the Mature Side of Diana Rikasari

#88LOVELIFE Vol. 03: Priorities Shows the Mature Side of Diana Rikasari

READ MORE
Serial Kreatif 'Halustik' Tayang di 16 Negara

Serial Kreatif 'Halustik' Tayang di 16 Negara

READ MORE