New Moms, Yuk Gabung di Komunitas Orami Birth Club

Bagi seorang ibu yang baru memiliki bayi, adanya sebuah support system akan sungguh-sungguh membantu, karena memang terjadi perubahan dalam ritme kehidupan sehari-hari, yang menjadi tantangan nyata. Support ini bisa berupa orang-orang terdekat yang siap membantu secara fisik, juga adanya peer group, teman atau komunitas yang siap menjadi tempat berbagi.

Baby blues hingga post-partum depression, sebuah kondisi yang semakin banyak dialami oleh ibu baru di Indonesia, yang sebenarnya bisa dicegah dengan memberikan support kepada ibu baru. 

Kepedulian terhadap hal ini mendorong Orami, toko online perlengkapan dan kebutuhan bayi dan ibu hamil terbesar di Indonesia yang sekaligus menempatkan posisi sebagai sahabat para ibu, meluncurkan meluncurkan komunitas #OramiBirthClub. #OramiBirthClub adalah komunitas khusus bagi para moms yang baru saja melahirkan. 

“Kami mempersembahkan sebuah komunitas yang kami harap dapat menjadi rumah kedua bagi para moms di Indonesia, #OramiBirthClub. Ketika perempuan menjadi seorang mom untuk pertama kali, mereka biasanya bingung, memiliki banyak pertanyaan dan kadang malu untuk bertanya. Istri saya dan saya pun mengalami hal serupa. Moms, sekarang tidak perlu khawatir lagi dengan adanya tambahan support system ini. Sebagai sahabat moms Indonesia, Orami memberikan dukungan lebih bagi Moms lewat #OramiBirthClub – komunitas untuk Moms berbagi,” kata Ferry Tenka, CEO, Orami.

Berkomitmen untuk melayani kebutuhan moms, #OramiBirthClub diluncurkan karena tingginya angka ibu yang mengidap gangguan kejiwaan pasca-melahirkan. Menurut World Heath Organization, depresi yang terjadi setelah melahirkan atau postpartum depression adalah masalah umum yang memengaruhi sekitar 13 persen perempuan di seluruh dunia. Di negara berkembang, angka ini pun lebih tinggi lagi, yaitu sekitar 19.8%. Ibu yang mengidap gangguan kejiwaan pasca-melahiran tidak mampu menjalankan kewajibannya sehingga dapat berimbas pada pertumbuhan bayi.


Hampir semua perempuan dapat mengalami stress selama kehamilan dan pada tahun pertama setelah melahirkan. Banyak elemen yang meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini dan salah satunya adalah dukungan sosial yang rendah. Ditambah dengan dukungan keluarga yang kuat, memiliki komunitas sosial yang supportive menjadi suatu faktor pelindung, terutama bagi moms.

“Sesudah melahirkan, Moms biasanya mengalami banyak hal yang memicu stress karena menjadi moms membawa perubahan besar pada kondisi pribadi perempuan, seperti merasa kehilangan kebebasan dan kecemasan terkait kondisi anak. Berbeda dengan lelaki, perempuan menyikapi stress dengan respon ‘tend and befriend’ sehingga perempuan menjadi lebih perhatian terhadap kebutuhan bayinya serta senang berkumpul dan melakukan kontak sosial untuk mendapatkan dukungan. Disinilah peran komunitas karena berkomunitas dan melakukan kontak sosial memicu timbulnya hormon oxytosin untuk meminimalisasi efek hormon stress atau kortisol. Hal ini menunjukkan bahwa bersosialisasi dan berkomunitas, terlebih di kalangan perempuan, baik untuk kesehatan. Dukungan keluarga dan komunitas yang kuat niscaya dapat mengurangi risiko gangguan mental pasca-melahirkan,” kata Vera Itabiliana, Psikolog.

Dalam rangka menyambut hari Ibu di bulan Desember, moms yang melahirkan pada tahun 2017 diajak untuk bergabung dalam angkatan pertama #OramiBirthClub. Banyak yang dapat dilakukan oleh moms dengan menjadi bagian #OramiBirthClub. Bertanya dan berbagi dengan sesama ibu baru, mendapatkan artikel parenting tentang perkembangan anak usia 0-1 tahun, konsultasi secara live dengan para ahli terkait dengan tumbuh kembang bayi, privilege khusus di setiap acara Orami dan juga promo spesial untuk barang-barang ibu dan bayi.


"#OramiBirthClub akan menjadi agenda tahunan Orami yang akan diawali pada tahun 2017 ini,” ujar Wiliyanti Sung, Marketing Communication Manager, Orami.

Untuk berpartisipasi dalam angkatan pertama #OramiBirthClub, moms yang melahirkan di tahun 2017 dapat mendaftar di http://www.orami.co.id/oramibirthclub pada 11-20 December. 30 moms yang beruntung akan mendapatkan hadiah total senilai Rp 36 juta. 1.000 pendaftar pertama berhak mendapatkan voucher belanja senilai Rp 100.000 (S&K berlaku). Pemenang akan diumumkan pada hari Ibu, 22 Desember 2017.



Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Micro Learning, 15 Menit Setiap Hari Untuk Mencapai Impian Kita

Micro Learning, 15 Menit Setiap Hari Untuk Mencapai Impian Kita

READ MORE
Modul 'Iya Boleh' Untuk Panduan Kembangkan 5 Karakter Unggul Anak Indonesia

Modul 'Iya Boleh' Untuk Panduan Kembangkan 5 Karakter Unggul Anak Indonesia

READ MORE