Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 Destinasi Belanja Fashion Muslim Jelang Ramadan & Lebaran

Selama 4 hari penyelenggaraan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST),  antusiasme pengunjung berburu fashion muslim terlihat sangat tinggi. Warna-warni koleksi fashion muslim terkini yang merupakan rujukan trend 2019/2020 dalam helatan MUFFEST 2019 menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Diselenggarakan menyambut bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, ajang MUFFEST 2019 yang berlangsung pada tanggal 1 sampai 4 Mei 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), menjadi destinasi belanja fashion muslim bagi konsumen retail maupun buyers dari negara lain. MUFFEST 2019 berupaya mendukung para produsen fashion muslim di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan akan produk fashion muslim untuk momen Lebaran di dalam negeri yang dipastikan meningkat pesat. Bukan hanya konsumen, para pemerhati industri fashion muslim, termasuk asosiasi, komunitas, hingga influencer turut menghadiri MUFFEST 2019.

“Datang ke MUFFEST, saya bisa melihat perkembangan tren fashion muslim terbaru melalui fashion show sekaligus bisa langsung belanja produk tren terbaru seperti yang diperagakan di fashion show. MUFFEST menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda, suasana nyaman dan banyak aktivitas yang memberikan inspirasi. Bahkan, melalui MUFFEST saya bisa terkoneksi dengan beberapa brand busana muslim, dan akhirnya saya menjadi reseller multi brand tersebut,” papar Rifka Maulani, pengunjung MUFFEST 2019 dari Makassar.


Dengan tujuan mendorong perkembangan industri fashion muslim Tanah Air untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat fashion muslim dunia, MUFFEST yang merupakan barometer fashion muslim senantiasa berupaya menghadirkan tren fashion muslim terkini sebagai bagian dari rangkaian menyukseskan wacana tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia memang cukup potensial menjadi kiblat fashion muslim dunia. Tidak saja karena kreativitas para desainer dalam menciptakan produk yang berdaya saing tetapi juga kekhasan material dari berbagai wasta Nusantara yang menjadi ciri khas tersendiri bagi fashion Indonesia untuk bersaing di kancah global.

Berdasarkan data The State Global Islamic Economy 2018,  konsumsi fashion muslim dunia mencapai USD 270 miliar dengan laju pertumbuhan sebesar 5%. Diperkirakan, pada 2023 mendatang, konsumsi fashion muslim dunia menyentuh USD 361 miliar. Di Indonesia sendiri,  konsumsi fashion muslim menyentuh angka USD 20 miliar dengan laju pertumbuhan 18,2% per tahunnya. Indonesia pun menempati posisi runner up sebagai negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab. Tentu pencapaian ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, berbagai upaya untuk turut memajukan industri muslim fashion Indonesia memang perlu diupayakan secara maksimal. Salah satunya dengan pengembangan desain dan juga kehadiran acara yang mewadahi promosi fashion muslim dimana menjadi langkah strategis yang harus terus digaungkan. MUFFEST yang memasuki penyelenggaraan tahun keempat menjadi salah satu event yang secara konsisten berkontribusi dalam mengerek kesuksesan industri fashion muslim di Indonesia hingga internasional.

Sejak awal diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO), MUFFEST diarahkan sebagai ajang temu dan kolaborasi bagi seluruh pihak terkait sektor fashion muslim. Sebagai bentuk upaya memajukan sektor industri kreatif khususnya fashion muslim, MUFFEST juga turut memfasilitasi para buyers potensial yang tertarik untuk melakukan kerjasama B2B (Business To Business) dengan para exhibitors. Tahun ini, MUFFEST kedatangan buyers internasional dari Lebanon dan Mesir.

Pada hari ketiga, Jumat 3 Mei 2019 helatan MUFFEST 2019 juga makin semarak di area Main Stage dengan fashion show sinergi antara desainer Indonesia dengan desainer Korea yakni Islamic Fashion Institute (International) X Korea K-Street by Glingreem dengan menampilkan karya desainer Indonesia: Rosie Rahmadi, @Kainprinting, Anggia Daily, IM X Dini Aminarti dan desainer Korea: Yoon Sun Choi serta brand Y5STAR, Skoolooks, Very Welcome, Hee. J, dan The Muse.




Rosie Rahmadi

Selain itu menampilkan pula peragaan busana hasil sinergi antara Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan desainer Tanah Air untuk mengaplikasikan Trend Forecasting 2019/2020 bertema “Singularity” dalam ragam gaya busana muslim, mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. Untuk subtema “Exuberant” menampilkan karya dari Danjyo Hiyoji dan Hannie Hananto. Subtema “Neo Medieval” menampilkan karya Syukriah Rusydi dan Rosie Rachmadi. Subtema “Svarga” menghadirkan koleksi Happa by Mel Ahyar dan Barli Asmara, serta subtema “Cortex” menampilkan karya Irmasari Joedawinata dan Monika Jufry.

Rangkaian fashion  show di Main Stage dilanjutkan dengan peragaan koleksi kerudung terbaru dari Elzatta dengan tema “Harmoni dalam Kemuliaan”, serta ditutup dengan fashion show “The Unstoppable You” persembahan Wardah dengan menampilkan karya desainer Restu Anggraini, Ava Proloque, Ali Charisma, dan Ayu Dyah Andari.

Menutup show di hari ketiga ini, deretan karya indah akan dihadirkan salah satunya dari desainer Restu Anggraini.  Pada show-nya tersebut, desainer yang akrab disapa Etu tersebut akan membawakan karya fashion yang tidak hanya cantik tetapi diklaim mampu menetralisir bau badan serta self-cleaning-technology dengan water repellent, oil repellent dan soil repellent finished.

“Ini merupakan partisipasi saya di ajang MUFFEST yang keempat kalinya. Pada helatan kali ini, ada 11 outfit yang akan dihadirkan dalam show kali ini. Bertema HY.GEE, saya menawarkan desain kekinian dengan siluet yang memancarkan sisi feminin kontemporer serta fitur teknologi canggih dimana dapat menunjang kepercayaan diri dan kenyamanan si pemakainya,”ujar Etu.

MUFFEST 2019 diramaikan pula dengan rangkaian kegiatan di area Second Stage, yakni Grand Final MUFFEST NEXT FACE 2019 persembahan Wardah. Proses seleksi kompetisi bagi para muslimah muda inspiratif ini telah berlangsung sejak tanggal 27 Maret 2019 dan telah memilih Top 3 Finalis MUFFEST NEXT FACE 2019 yaitu Hana Puji Hastuti, Sekar Fathiya Azni, dan Desya Rahayu. Pada acara Grand Final MUFFEST NEXT FACE 2019 akan ditentukan pemenang kompetisi ini, termasuk pengumuman pemenang Favorit yang telah dilakukan melalui open voting di media sosial pada tanggal 15-23 April 2019. Selain itu, di area Second Stage ditampilkan pula Talkshow bertema “Dress Only for Allah” dan Fashion Presentation oleh desainer Nila Baharudin, DS Modest Fashion, dan HSE. 

Perhelatan MUFFEST 2019 terselenggara berkat dukungan dan kerjasama sinergis dengan berbagai pihak, meliputi instansi pemerintah: Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif; serta para partner yakni Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Make Up dan pihak sponsor lainnya yaitu Elzatta, UBS Gold, Asia Pacific Rayon, dan community partner: Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI).

See also:
-- Wajah Baru Jogja Fashion Week 2018 -- 14 Merek Fashion Indonesia Tampil di RISING Fashion 2018 Singapura -- Menuju Dekade Baru Art Jakarta -- Longwear, #timeproof makeup with Loreal Paris Infallible --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Temukan Item Fashion Idamanmu dengan Fitur LYKE Image Search!

Temukan Item Fashion Idamanmu dengan Fitur LYKE Image Search!

READ MORE
POP ON PLAZA: Pop-Up Store Lokal untuk Generasi Urban

POP ON PLAZA: Pop-Up Store Lokal untuk Generasi Urban

READ MORE