Modest Fashion Founders Fund 2021 Dimulai

Modest Fashion Founders Fund, atau biasa disingkat ModestFFFUND kini telah menjadi sebuah brand atau nama yang memberikan angle menjanjikan bagi perkembangan fashion, khususnya fashion santun (modest fashion) di Indonesia. ModestFFFUND merupakan program peningkatan kapasitas bagi jenama atau usaha modest fashion, dengan akses permodalan dan pedampingan bisnis. Sejatinya, usaha di bidang fashion bukan sekedar apa yang nampak di panggung, pameran, pergelaran busana, atau sosial media. Bisnis fashion bisa menjadi usaha yang menjanjikan secara finansial, serta menjadi penggerak ekonomi yang signifikan. 

Program ModestFFFUND diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan EkonomiKreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang sejak dimulai tahun 2019 lalu, bekerjasama dengan Franka Soeria, Co-Founder #Markamarie & Modest Fashion Weeks. Program ini akan memilih 20 brand modest fashion terbaik untuk mengikuti creative workshop dengan mentor dari dalam dan luar negeri, serta berkesempatan mendapatkan pembiayaan/permodalan melalui pitching kepada lembaga pendanaan dan investor.

Diinisiasi pertama kali pada tahun 2019, ModestFFFUND mengangkat 20 jenama modest fashion Indonesia, dan berhasil mengantarkan 1 brand, yaitu SwimSweet yang mendapatkan pembiayaan permodalan dari BRI Syariah. Karena hentakan pandemi, pada tahun 2020 program ini ditiadakan, dan dilanjutkan kembali tahun ini. Seperti sebelumnya, program ini akan meliputi kegiatan capital accelerator dan capacity building bagi para founder brand Modest Fashion.  

acara puncak ModestFFFUND pertama (2019)

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim, menjelaskan, program ini membantu menyiapkan founder brand modest fashion untuk siap dilirik oleh potensiaL investor/lembaga pendanaan. Melalui kegiatan ini pelaku/desainer modest fashion diharapkan mendapatpengetahuan yang lebih baik dalam mengelola usaha kreatifnya. Lebih jauh, dapat mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia. 

"Kita ingin melahirkan lebih banyak brand modest fashion yang kuat secara bisnis dan finansial. Penyelenggaraan program ini akan melibatkan berbagai mentor dari fashion, keuangan, digital marketing hingga perbankan syariah dan venture capital,” jelas Hanifah Makarim. 

Sementara Franka Soeria menambahkan, selama ini program serupa di bidang fesyen selalu menitik beratkan pada desain. "Fokus kami adalah fesyen sebagai bisnis dan penggerak ekonomi. Karena itu, kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua founder modest fashion baik yang senior, masih baru, brand online, maupun pengusaha modest fashion tanpa pandang bulu. Meski begitu mereka harus memiliki dasar yang serius dalam berusaha, telah memiliki perusahaan minimal satu tahun, memiliki laporan keuangan dan aspek kelegalan lain yang sudah selayaknya dimiliki sebuah bisnis, ” kata Franka Soeria. 

Bersamaan dalam acara peluncuran ini juga diumumkan berbagai tahapan ModestFFFUND 2021 yang dimulai dengan pendaftaran secara daring mulai 23 Februari hingga 13 Maret 2021. 


Selanjutnya diikuti dengan tahapan seleksi Top 100, Penjurian pemilihan Top 20, Penyelenggaraan Creative Workshop, Mentoring Pitching, Pitching, Final Fashion Show, Bazaar Online di Marketplace, dan Mentoring Pasca-Event. 

Informasi seputar "ModestFFFund 2021" bisa diakses di www.modestfffund.com dan instagram @modestfffund dengan hashtag #MODESTFFFUND #MODESTFFFUND2021. 

Turut hadir dalam peluncuran "ModestFFFund 2021", Elidawati Ali Oemar selaku Founder & CEO Elcorps mewakili tokoh dan enterpreneur bidang modest fashion, serta Mohammad Isnaeni- Micro Banking Group Head Bank Syariah Indonesia mewakili perbankan syariah yang mendukung penyelenggaraan "ModestFFFUND 2021".


See also:
-- Hana Tajima untuk Uniqlo SS 2019, Netral dalam Earthy Tones, dan Tutorial Hijab yang Bisa Kita Contoh -- Donna Prive Berbagi Value, Menjadi Versi Terbaik Perempuan -- H&M Luncurkan Koleksi Modest untuk Ramadhan & Lebaran? -- Awesome! 94 Busana Inspirasi Sarung + Ethnic dari Phillip Iswardono --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Kedua Kalinya, Desainer Indonesia Pamerkan Karya dalam LA MODE Sur La Seine à Paris

Kedua Kalinya, Desainer Indonesia Pamerkan Karya dalam LA MODE Sur La Seine à Paris

READ MORE
FOLK N VOGUE  -Inacraft-nya Fashion- digelar 7 hingga 11 September 2016

FOLK N VOGUE -Inacraft-nya Fashion- digelar 7 hingga 11 September 2016

READ MORE