Model Berhijab dalam Iklan Produk Rambut L'Oreal Paris

Di Indonesia, dalam 1-2 tahun terakhir kita sudah sering melihat model iklan wanita berhijab dalam produk shampo dan perawatan rambut, sesuatu yang tidak pernah terjadi  sebelumnya. Tetapi di level internasional, langkah L'Oreal Paris ini menjadi sebuah breakthrough, membuat sejarah baru dengan menampilkan wanita berhijab dalam kampanye produk perawatan rambutnya. 

Sosok tersebut adalah beauty blogger dari Inggris yaitu Amena Khan, yang mengenakan jilbab pink pucat sambil berdiri di depan latar belakang pink cerah di iklan perawatan rambut L'Oreal Paris. 

"Whether or not your hair is on display, doesn't affect how much you care about it", katanya dalam iklan tersebut.


Video untuk lini produk perawatan rambut L'Oreal yang baru, Elvive, tersebut menampilkan beragam pemeran wanita dengan gaya rambut berbeda. "Berapa banyak merek yang melakukan hal seperti ini? Tidak banyak," komentar Khan.

"Mereka benar-benar menempatkan seorang gadis behijab -yang rambutnya tidak bisa Anda lihat- dalam kampanye rambut, karena mereka menghargai suara yang kita miliki."

Khan kini dapat menambahkan 'model untuk kampanye rambut produk mainstream' dalam portfolionya. Dia adalah duta besar L'Oreal, vlogger YouTube, salah satu pendiri Ardere Cosmetics, perancang lini hijab miliknya sendiri dan dia adalah seorang ibu.


Menginspirasi orang lain

"Saya tidak memakai hijab hingga usia saya duapuluhan, dan bahkan sebelum itu saya tidak melihat siapapun di televisi yang bisa mewakili saya dan teman-teman." Khan mengatakan kepada Vogue Inggris. "Saya pikir melihat sebuah kampanye seperti ini akan memberi saya lebih banyak rasa memiliki."

Sejak kampanye berlangsung pekan lalu, Amena telah menerima banyak pesan dukungan di media sosial. Salah satu komentar dari netizen menyatakan, "serius, saya pikir ini adalah lompatan luar biasa besar bagi seorang hijabi untuk menjadi bagian dari sesuatu yang kita pikir sangat bertentangan dengan identitas kita, seperti iklan rambut." 

Yang lainnya mendorongnya untuk tetap memberdayakan wanita, terutama hijabis. "Tidak ada yang benar-benar mengerti bahwa hijabis memiliki masalah dengan rambut mereka juga," satu orang memposting. "Hanya karena kita menutupi rambut kita tidak berarti kita tidak memiliki rambut karena itulah mengapa kita menyembunyikannya atau kita memiliki masalah rambut seperti gadis lain yang tampil. Jadi, saya senang kita memiliki seseorang yang mewakili kita."

L'Oreal bergabung dalam sederet brand lainnya, seperti Nike dan CoverGirl, yang semakin beragam dan menampilkan wanita Muslim dalam kampanye iklan mereka.

please login to comment.

RELATED NEWS

JENAHARA Scarf Celebrates the Diversity of Women’s Characters

JENAHARA Scarf Celebrates the Diversity of Women’s Characters

READ MORE
Merawat Batik & Hijab Lebih Baik dengan Mesin Cuci Electrolux UltraEco

Merawat Batik & Hijab Lebih Baik dengan Mesin Cuci Electrolux UltraEco

READ MORE