Mengenal Batimung, Rangkaian Spa Tradisional dari Banjar

Istilah 'etno wellness', lahir dari kesadaran bahwa Indonesia sangat kaya dengan kearifan lokal dari banyak daerah untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh. Banyak daerah dan suku di Indonesia memiliki tradisi dan ritual tertentu dalam merawat kesehatan dan kecantikan tubuh, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami setempat dan cara-cara yang telah dilakukan secara turun temurun. 

Untuk melestarikan kekayaan dan keragaman ini, serta menjaganya dari kepunahan, para praktisi spa & wellness di Indonesia pun berkomitmen untuk terus memperkenalkan dan mempraktikkan etno wellness Indonesia ini, berupa etno spa, massage, dan lain sebagainya. 

Tidak melulu dari Jawa dan Bali, kini banyak pula diperkenalkan etno spa dari daerah lainnya, seperti Spa Banjar yang kini menjadi treatment unggulan dari Gaya Spa. Seperti namanya, spa tradisional Banjar ini berasal dari Kalimantan Selatan. Gaya Spa memperkenalkan treatment terbaru ini sebagai komitmen untuk mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan yang hampir dilupakan, khususnya perawatan tubuh dan kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.


Spa Banjar dikenal atau disebut dengan Batimung di daerah asalnya. Batimung adalah proses atau rangkaian perawatan dengan menggunakan timung, yaitu ramuan yang terdiri tidak kurang dari 16 macam bahan herbal, diantaranya Akar Wangi, Temu Lawak, Pule Sari, Pucuk Ganti, Ginseng, Jeruk Purut, Mesoyi, Buah Adas, Temu Giring, Biji Klabet, Cengkeh, dan masih ada beberapa bahan lainnya. Menurut Ibu Tinuk Sitti, wellness expert dan juga konsultan Gaya Spa, bahan-bahan ini diantaranya memang sulit didapat di Jakarta. Tetapi Gaya Spa berkomitmen untuk selalu menyediakan ramuan Timung dengan bahan-bahan yang lengkap, dengan terkadang harus didatangkan dari luar daerah.

Di Kalimantan Selatan sendiri, Batimung biasanya dilakukan oleh calon pengantin perempuan menjelang hari pernikahannya, sekitar 3-5 hari menjelang hari-H. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan keringat dan racun-racun yang ada di tubuh, dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga calon pengantin perempuan tampil mempesona dan memancarkan kulit yang halus, bersinar, dan selalu wangi.

Gaya Spa kini menawarkan Batimung sebagai salah satu treatment etno-spa yang bisa dilakukan oleh pelanggan.  Rangkaian perawatannya dimulai dari membasuh kaki dengan air mawar, yang dilanjutkan dengan massage seluruh badan. Setelah di massage, maka dilanjutkan dengan proses Batimung. Ramuan timung yang sudah disiapkan direbus dalam air rempah hingga mendidih. Pelanggan akan dipakaikan kemben atau sarung, kemudian dibalurkan rempah-rempah basah ke seluruh tubuh. Sedangkan wajah dioleskan pupur dingin melati.


 

Setelah itu pelanggan minum jamu khusus Timung, karena selama proses Batimung akan banyak sekali mengeluarkan keringat. Setelah ramuan timung mendidih, pelanggan akan duduk di atas kursi, dengan panci rebusan timung yang terbuka berada di bawah kursi. Kemudian badan pelanggan akan dibungkus dengan tikar purun, membentuk seperti kerucut dengan tetap memperhatikan ruang gerak. Kemudian tikar akan dilapisi lagi dengan kain supaya uap tidak keluar. 

Pada saat ini, pelanggan akan merasakan uap timung disekujur badan, yang membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan banyak keringat. Pelanggan juga bisa sambil menggosok badan supaya rempah-rempah dan uap timung lebih menyerap ke kulit, hingga uap Timung terasa dingin. Proses batimung/mandi uap ini bisa diulang hingga 3 kali.

 

Setelah badan berangsur dingin, pelanggan bisa mandi dan rangkaian spa pun selesai. Proses ini memakan waktu sekitar 2 jam.

Batimung spa ini bukan hanya ditujukan pada calon pengantin, tetapi bisa dilakukan oleh semua orang karena manfaatnya yang luar biasa. Selain yang sudah disebutkan diatas, Batimung juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membuat tidur lebih nyenyak, bebas dari bau badan dan detoksifikasi sehingga tubuh terasa lebih segar. Ingin mencoba Spa Banjar ini? Datang langsung atau hubungi Gaya Spa di Jalan Wolter Monginsidi, Kebayoran Baru Jakarta untuk membuat janji ya.


Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Bukan Hanya Skincare, Ini Rangkaian Produk Makeup Terbaru SamKim yang Mengandung Melatonin

Bukan Hanya Skincare, Ini Rangkaian Produk Makeup Terbaru SamKim yang Mengandung Melatonin

READ MORE
Mengapa Lancôme Advanced Génifique Menjadi Serum yang Sangat Dipercaya Keampuhannya

Mengapa Lancôme Advanced Génifique Menjadi Serum yang Sangat Dipercaya Keampuhannya

READ MORE