Mengembangkan Potensi dan Kemandirian Anak Autis

World Autism Awareness Day dirayakan secara internasional setiap tanggal 2 April, mengingatkan tentang upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kepedulian publik menyangkut autisme, inklusivitas dan memastikan bahwa orang/anak-anak autis bisa memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh kualitas hidup terbaik.

Di Indonesia, selain perayaan dan public awareness yang telah dilakukan pada bulan April lalu, sebuah inisiatif tentang autisme juga dilakukan oleh AJ Entertainment, bekerja sama dengan berbagai pihak dengan menyelenggarakan Funtaustic Festival 2017, event nasional berbasis sosial yang baru pertama kali diadakan di Jakarta. 

Event ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Anak Berkebutuhan Khusus dalam hal ini untuk anak-anak autis yang diikuti oleh Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK) se-Indonesia , bertempat di Among Putro SkyWorld Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Beragam kegiatan yang menarik dirancang untuk bisa diikuti oleh anak-anak autis, untuk bisa mengembangkan potensi diri dalam hal kreativitas seni dan menggali potensi diri ABK. Tidak hanya itu, event ini memberi kesempatan kepada para orang tua anak-anak istimewa kita ini untuk melihat bakat dan minat dari putra putri mereka.


Funtaustic Fest juga ingin agar masyarakat makin memahami, bahwa anak-anak autis selalu menyimpan kelebihan dan bakat masing-masing dibalik 'kekurangannya', dan peran orangtua serta orang-orang terdekat sangat penting dalam menggali dan memfasilitasinya. Setiap anak diciptakan unik, istimewa, serta memiliki potensi terpendam yang perlu digali. Tak terkecuali anak-anak autis. Kita sebagai makhluk sosial perlu menerima secara utuh dan mensyukuri, serta meyakini bahwa ciptaanNya adalah sempurna.

Beberapa orangtua para anak-anak autis yang sempat diwawancarai memiliki keyakinan yang hampir sama. Bahwa dibalik keunikannya , anak-anak autis memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan. Mencari potensi yang luar biasa pada anak autis, karena di kemudian hari kelak anak-anak autis dapat menjadi mandiri dan andalan di masa dewasa. Anak-anak autis perlu diperkenalkan dengan berbagai kegiatan bervariasi. Semakin banyak kegiatan diperkenalkan, maka akan semakin dini potensi ditemukan dan bisa membantu mereka untuk bisa mandiri di kemudian hari.



Festival tahun ini mengusung Tema Besar “WE’RE ALL AMAZING”, karena anak-anak Autis itu adalah sejajar dengan anak lainnya dalam hal potensi, kreativitas dan kualitas hidup serta memiliki kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan diri.

Diantara rangkaian acara yang diselenggarakan pada akhir pekan (8-9 Juli 2017) lalu yaitu workshop yang menghadirkan berbagai narasumber yang memberikan edukasi seputar dunia autistik dari bidang terkait seperti ahli gizi (yang membahas makanan untuk penderita autistik), psikolog anak tumbuh-kembang dan pakar terapi autisme.

Tidak hanya itu, di area luar ruang Skyworld juga dibuat sebuah 'playground' besar berisi wahana yang sarat akan edukasi dan permainan seperti Art Exhibition, sebuah area untuk membuat karya seni dan instalasi sekaligus untuk memamerkan karya seni anak-anak autistik, juga area fun workshop antara lain mendongeng, menyanyi dan painting experience. Acara puncak Autalks mengundang bintang tamu orang tua dari anak autis yang sukses. (Ibunda dari Michael Anthony seorang pianis autis yang mendapatkan penghargaan Rekor Muri Indonesia).

Di area festival juga terdapat booth-booth makanan sehat dan aman untuk anak-anak autistik (organik food, glutten free dll).  Para peserta yang datang juga bisa mengikuti 'Therapy Experience', dengan metode penyembuhan terbaru dunia yaitu terapi bagi anak-anak autistik yang menampilkan yoga therapy dan bach flower therapy dan terapi lainnya sebagai jalan alternatif. 

Among Putro Skyworld di TMII menjadi venue yang tepat sekaligus menarik bagi anak-anak, sebuah wahana edutainment luar angkasa yang baru, dan terluas di Indonesia. Wahana ini memiliki berbagai fasilitas seperti planetarium digital, 5D Movie Simulator, instalasi luar angkasa yang sangat menarik, dan berbagai arena permainan yang seru. 

instalasi di dalam wahana Skyworld

please login to comment.

RELATED NEWS

Beli Shawl Minimal di Bulan Oktober, Anda Ikut Mendukung Gerakan Peduli Kanker Payudara

Beli Shawl Minimal di Bulan Oktober, Anda Ikut Mendukung Gerakan Peduli Kanker Payudara

READ MORE
Raising Breast Cancer Awareness Through the Lens of Margareth Horhoruw

Raising Breast Cancer Awareness Through the Lens of Margareth Horhoruw

READ MORE