Mata pun Wajib Pakai 'Tabir Surya'

Hidup dan tinggal di Indonesia, salah satu anugerahnya adalah mendapat sinar matahari dengan intensitas tinggi sepanjang tahun. Indonesia punya indeks kekuatan matahari rata-rata 9-11 sepanjang tahun, yang artinya sangat kuat. Memakai pelindung dari paparan sinar matahari ketika berada di luar ruangan, it's a MUST. 

Sunblock atau tabir surya menjadi skincare yang harus kita pakai setiap hari. Kulit sudah terlindungi, tetapi, pernahkah berpikir bahwa mata juga harus mendapat perlindungan maksimal dari paparan sinar UV?

Dr. Astrianda N. Suryono, SpM(K) - Dokter Spesialis Mata RSCM, menegaskan, "Mata yang tidak terlindungi dapat langsung terpapar sinar matahari, bisa mempercepat timbulnya penyakit katarak, yang di Indonesia sangat tinggi jumlah penderitanya. Harus ada solusi yang membantu mengeliminasi penyebab utama katarak yang sebetulnya dapat dicegah dan diobati. Menggunakan kacamata dengan perlindungan sinar UV dapat menjadi cara yang paling efektif untuk melindungi mata dari paparan radiasi sinar UV ketika berada di tempat terbuka dalam waktu lama.”

Jadi, memakai kacamata dengan lapisan anti UV itu wajib dilakukan, jika ingin melindungi mata kita dari sinar UV yang merusak. Tidak hanya dengan kacamata hitam, kacamata berlensa bening pun wajib dilengkapi dengan fitur anti UV maksimal.

Experience menggunakan UV Camera. Kacamata dengan ZEISS UVProtect Clear Lenses (lensa bening) nampak gelap pada kamera, karena melindungi mata dan berfungsi seperti 'sunblock' yang memblokir sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata. Proteksi terhadap sinar UV bukanlah pada warna dari lensa, melainkan hasil teknologi spesial dalam materi lensa plastik yang dapat menyerap keseluruhan spektrum sinar UV.

 

Zeiss kini meningkatkan standar jangkauan UV Protection hingga mencakup 400 nm. Sebagai produsen lensa, Zeiss merasa penting untuk mengedukasi pengguna kacamata mengenai proteksi sinar UV dan hubungannya dengan kesehatan mata. "Radiasi sinar UV ada setiap saat, tidak hanya saat matahari bersinar terik, namun sepanjang waktu dan sepanjang hari bahkan ketika mendung. Warna lensa sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan perlindungan sinar UV, karena yang terpenting adalah bahwa radiasi sinar UV terserap oleh material lensa. Kita harus membangun perhatian yang lebih besar pada fakta bahwa cahaya matahari dan pantulannya dapat merusak mata dan perlindungan dari sinar UV adalah penting bagi semua orang", jelas Ven Raman, Managing Directour SEA Carl Zeiss. 

Perlindungan mata menggunakan kacamata sangat disarankan untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV, terutama ketika beraktivitas di bawah cahaya matahari jangka panjang. Lensa kacamata akan berfungsi seperti 'sunblock' yang memblokir sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata. 

Seluruh lensa Carl Zeiss kini telah disamakan standarnya, menggunakan Zeiss UV Protect Clear Lense, dan telah tersedia di jaringan Optik Tunggal dan Zeiss Vision Center yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan jangan lupa, anak-anak pun perlu dilindungi matanya dari sinar UV.


Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Menggoreng Lebih Sehat? Pilih Minyak Goreng yang Dikiiit Nempel di Makanan

Menggoreng Lebih Sehat? Pilih Minyak Goreng yang Dikiiit Nempel di Makanan

READ MORE
Cek Gula Darah Teratur & Terekam Secara Otomatis Melalui Aplikasi

Cek Gula Darah Teratur & Terekam Secara Otomatis Melalui Aplikasi

READ MORE