L’Oréal Science Fair 2017; Girls & Science Are Perfect Match!

 

Dengan tujuan menumbuhkan minat serta membuka wawasan generasi muda akan kerennya dunia sains di Indonesia, L’Oréal Indonesia menyelenggarakan L’Oréal Science Fair #TernyataSainsKeren. Menghadirkan 150 SMA dari seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, acara ini sekaligus menjadi puncak kompetisi tahunan L’Oréal Girls in Science 2017. Acara yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendi, Drs., M. Ap bersama Presiden Direktur L’Oréal Indonesia, Umesh Phadke, mengetengahkan diskusi inspiratif dengan para role model bidang sains, workshop dan pameran inovasi sains.

B.J. Habibie, ilmuwan dan Presiden Keempat Republik Indonesia melalui pesan video yang diputar pada saat pembukaan acara menyampaikan: “Sains dan penelitian merupakan fondasi penting suatu bangsa. Dengan sains, sebuah peradaban dapat maju dan menjadi lebih baik. Kita tidak butuh banyak ilmuwan. Yang kita butuhkan adalah ilmuwan sejati. Ilmuwan sejati adalah ilmuwan yang tidak hanya mengejar ilmu tetapi juga melakukan penerapan dari hasil temuan atau pembelajaran dia untuk menjawab permasalahan yang ada.”

Eksperimen sains oleh Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia untuk mengumumkan pemenang pertama L’Oréal Girls in Science 2017.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, L’Orèal Science Fair juga mengetengahkan hasil karya temuan sains dari 10 SMA pilihan di Jakarta.

Sebagai sebuah perusahaan yang berakar pada sains, sains selalu menjadi inti dari inovasi di L’Oréal. Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oreal Indonesia menyampaikan dalam sambutannya: “Selama lebih dari 38 tahun mengembangkan industri kecantikan di Indonesia, L’Oréal menaruh komitmen dan kepedulian penuh pada pentingnya regenerasi. Kami percaya bahwa edukasi adalah instrumen penting untuk terus melahirkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Edukasi seharusnya tidak dibatasi dinding kelas karena edukasi bisa dilakukan di mana saja termasuk di luar kelas.  L’Oréal Science Fair adalah wujud nyata komitmen berkesinambungan L’Oréal untuk memberikan pengalaman belajar sains yang berbeda dan menarik.”

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendi, Drs., M. Ap dalam kata sambutannya menyampaikan: “Ilmu pengetahuan dan masa depan pendidikan dihadapkan pada tantangan pembangunan global berkelanjutan yang sangat krusial, seperti ketimpangan pembangunan, kemiskinan, kesehatan, krisis energi dan kerusakan lingkungan. Tantangan ini dapat dijawab melalui pendidikan sains.” Beliau menambahkan, “Kami sungguh menyambut baik usaha dari seluruh pihak untuk meningkatkan kepekaan generasi muda dalam menemukan solusi dimulai dari permasalahan di sekitar mereka. Acara ini sekaligus menjadi ajang unjuk gigi ilmuwan muda dari Indonesia serta membuka mata generasi muda akan beragam profesi yang ditawarkan sains. Harapannya, lebih banyak lagi generasi muda yang terinspirasi untuk menekuni bidang penelitian.”


SMA Plus Pembangunan Jaya terpilih sebagai juara pertama L’Oréal Girls in Science 2017 dengan inovasi ‘Three Maskerteens’, sebuah solusi untuk sistem pernapasan karena polusi udara.

 

Maudy Ayunda mengajak para peserta L’Orèal Sains Fair #TernyataSainsKeren untuk selfie bersama

Rangkaian acara L’Oréal Science Fair #TernyataSainsKeren menghadirkan profil inspiratif di bidang sains, pameran eksperimen sains dan aneka workshop untuk siswa dan guru. Acara ini sekaligus menjadi puncak dari kompetisi tahunan L’Oréal Girls in Science (LGIS) 2017 yang tahun ini mengangkat tema “Community Impact”. Para peserta diajak untuk menemukan solusi dari permasalahan di sekitar mereka sehingga dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Tahun ini LGIS menerima lebih dari 50 proposal yang kemudian disaring menjadi 8 finalis yang berkesempatan memamerkan karya mereka di L’Oréal Science Fair.

 

“Sesuai slogan #TernyataSainsKeren, acara ini bertujuan untuk menginspirasi anak-anak agar ikut berpartisipasi dan belajar mengenai sains dalam lingkungan yang menyenangkan yang tidak dibatasi oleh teori semata namun dapat mempraktekannya secara langsung. Ini sungguh sebuah kebanggaan di mana kami bisa melihat dan bertemu langsung dengan bibit-bibit ilmuwan muda yang terbuka pikirannya akan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat serta mencoba memecahkannya dengan sains. Contohnya menemukan obat demam berdarah dari ketela atau bahkan menciptakan tempat sampah pintar yang dapat mengidentifikasi jenis sampah yang dibuang. Kami berharap acara ini dapat menjadi inspirasi untuk masa depan para siswa dan siswi yang hadir agar dapat memilih sains sebagai pilihan karir mereka,” tutup Umesh.

 

“Program ini memiliki target menjangkau generasi muda bukan saja di kota Jakarta, namun juga di seluruh Indonesia. Ini salah satu alasan L’Oréal Indonesia menghadirkan akun Instagram @TernyataSainsKeren sebagai media untuk terus mensosialisasikan kekuatan sains yang dapat mengubah dunia.   @TernyataSainsKeren akan mengangkat profil inspiratif, fakta unik dan informasi sains lainnya sehingga diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi yang akan membuka wawasan masyarakat sehingga lebih mengapreasiasi pentingnya sains,” ungkap Melanie Masriel, Head of Communications L’Oréal Indonesia.

please login to comment.

RELATED NEWS

Keren dan Mutakhirnya Grha Unilever BSD Ini Bikin Iri

Keren dan Mutakhirnya Grha Unilever BSD Ini Bikin Iri

READ MORE
Cool Dual, Smartphone Dual Camera Hasilkan Foto Layaknya Kamera Profesional

Cool Dual, Smartphone Dual Camera Hasilkan Foto Layaknya Kamera Profesional

Menekankan soal dual kamera 13+13MP yang nyata, dan teknologi dual kamera 2.0, Cool Dual adalah terobosan di segmen menengah

READ MORE