Koleksi Uniqlo Bermotif Batik Indonesia Akan Tersedia di 12 Negara di Dunia

Kolaborasi Uniqlo dengan desainer, tokoh, karakter film atau heritage tertentu sudah menjadi bagian dari gaya dan strategi brand yang telah secara konsisten dilakukan oleh raksasa retail dunia ini. Setelah puluhan kreasi kolaborasi yang diluncurkan, kali ini saya bisa menyebutnya, paling istimewa. 


UniqloxBatik, singkat menjelaskan mengapa koleksi ini sangat istimewa, dan kemudian membuat kita bangga terhadap warisan budaya Indonesia. Pada koleksi ini, Uniqlo meluncurkan beberapa artikel lifewear bermotif batik. Uniqlo bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia, untuk membuat motif batik yang diaplikasikan pada atasan wanita maupun pria. 




Perlu dicatat, bahwa koleksi ini menggunakan motif batik dengan teknik print, jadi bukan batik/kain batik sebagai materialnya. Karena saat kita menyebut batik, pengertiannya merujuk pada teknik penghalangan warna dengan lilin. Jadi harus melibatkan lilin/malam. 


Meski demikian, motif batik tradisional inilah yang ingin diangkat oleh Uniqlo. Yayasan Batik Indonesia mempercayakan Bapak Komar pemilik batik Komar dari Bandung untuk mendesain motif batik yang akan digunakan, dengan motif-motif asli tradisional Jawa seperti parang, kawung, 


Motif-motif ini diolah sedemikian rupa untuk mengakomodasi infusi unsur modern dan karakter universal dari Uniqlo. Modifikasi motif tersebut meliputi sisi warna, komposisi ragam hias, dan penyesuaian desain. Sehingga tercipta 10 motif batik yang kemudian diproduksi menjadi koleksi lifewear dari Uniqlo. (9 motif asli Indonesia dan 1 motif akulturasi, yaitu motif arabesque).


Yang membuat kita semua sangat bangga, koleksi Uniqlo batik ini akan segera tersedia di seluruh gerai Uniqlo di 12 negara seluruh dunia. Bayangkan betapa masif dan signifikannya hal ini terhadap pengenalan dan promosi batik dari Indonesia di seluruh dunia. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga merupakan tempat pertama peluncuran koleksi ini, yang diselenggarakan di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada Hari Jumat, 3 Juni lalu. 


Koleksinya sendiri terdiri atas sekitar 8 produk termasuk kemeja pria, atasan wanita serta gaun. Dengan gaya semi casual hingga formal, dan menggunakan material ringan dan relatif tipis seperti rayon, sehingga sangat mudah untuk dipadu padan dengan layer atau atasan lainnya. Warna-warnanya juga khas batik seperti sogan, Indigo dan merah-ungu yang di tone-down, sehingga sangat masuk ke karakter Uniqlo. 


One piece or more of this collection in your wardrobe, is definitely a must have. 

please login to comment.

RELATED NEWS

Jawhara Syar'i Tampilkan Show Tunggal di Bali

Jawhara Syar'i Tampilkan Show Tunggal di Bali

READ MORE
5 Desainer Indonesia Melangkah di Runway Los Angeles Fashion Week 2017

5 Desainer Indonesia Melangkah di Runway Los Angeles Fashion Week 2017

READ MORE