Ikut Wujudkan Taman Hutan Hujan Tropis Pertama di Indonesia dengan Cara Ini!

Bagaimana anda mewujudkan kecintaan dan kepedulian terhadap bumi? Delia Von Rueti menggagas cara yang luar biasa ini.

 Apa yang akan anda lakukan jika memiliki tanah/lahan seluas ribuan hektar? Kebanyakan mungkin akan memanfaatkannya untuk lahan produksi, yang bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi. Tetapi yang dilakukan Delia Von Rueti, seorang desainer perhiasan dan filantropis, adalah sebuah langkah besar, terobosan dan bisa dibilang 'nekat'. 

Delia mewakili dirinya sendiri, sebagai pribadi, yang memiliki lahan hutan pribadi seluas 2500 hektar di Muara Teweh, dekat dengan Bandar Udara Baringin (hanya sekitar 7 km), Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Delia, didorong kecintaannya yang luar biasa besar terhadap hutan dan impian-impiannya, akan menyumbangkan lahan ini dan membuatnya menjadi Taman Hutan Hujan Tropis (Rainforest Park) pertama di Indonesia. 


Melalui Love & O2 dan gerakan 1 T-shirt for 1 Tree Movement, Delia von Rueti memiliki mimpi besar membangun Taman Hutan Hujan Tropis untuk kali pertama di Indonesia. Seperti kita ketahui, hutan hujan tropis juga dikenal sebagai paru-paru dunia. Diperkirakan, sekitar 40 persen produksi oksigen dunia dihasilkan dari tempat ini. Dan Indonesia merupakan kawasan yang memiliki hutan hujan tropis terbanyak di antara negara lain di Asia, salah satunya ada di Pulau Kalimantan. 

Berawal dari keresahan perempuan asal Pematang Siantar, Sumatera Utara ini melihat semakin berkurangnya lahan hutan yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Bagaimana populasi flora dan fauna turut berkurang drastis seiring berkurangnya hutan tempat habitat mereka.

Mengutip apa yang diungkapkan oleh perspektif ecocentric, “Bumi dan seisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang, tapi bukan keserakahan semua orang.” Dari situ Delia melihat, bahwa tidak semua yang ada di Bumi ini dapat kita habiskan. “Dengan segala kerendahan hati, saya sebagai individu, seorang istri, dan seorang Ibu dari tiga orang anak, ingin membantu dan mengajak kita semua agar dapat menikmati kondisi yang lebih baik bagi planet kita yang indah ini. Dan bersama Love & O2 kami juga ingin meningkatkan kesadaran dan menyebarkan cinta untuk Bumi kita sehingga kita tidak pernah lupa betapa berharganya Bumi ini,” tandasnya.

  

Selain mendonasikan lahan miliknya seluas 2.500 hektar, Delia juga menggagas “1 T-shirt for 1 Tree Movement” di mana Delia mendesain sendiri T-shirt cantik dan unik yang akan dijual ke public. Hasil dari penjualan T-shirt seharga Rp 100 ribu ini nantinya akan disumbangkan untuk membantu penanaman pohon serta pemeliharaan taman ini.

Apa dan bagaimana sih perwujudan Taman Hutan Hujan Tropis ini? Lahan ini akan menjadi taman publik, dimana semua orang boleh datang dan melihat langsung habitat hutan yang alami dan terjaga. Tentu saja Delia akan mengurus semua perijinan dan mendedikasikan sumberdayanya untuk menjaga kelestarian taman ini. Lahan ini akan ditanami pohon dengan jenis kayu keras seperti pohon kayu besi / kayu ulin, meranti, merupakan jenis pepohonan yang dapat tumbuh cepat di hutan tropis Kalimantan Tengah. Selain itu akan ditanami pula dengan buah tanaman keras seperti manggis, nangka, tamarin, flamboyan, ketapang, kemuning, dan masih banyak lagi. Delia menambahkan, “Saya ingin menjadikannya sebagai taman paling indah dan diharapkan dengan tumbuh dan berbuahnya pohon-pohon ini, para satwa akan kembali ke habitatnya karena tersedia banyak buah yang bisa mereka makan.”


Action speak louder than words. Bahkan ketika kita tidak mempercayai bahwa apa yang sudah kita kontribusikan tidak mengubah apapun, ingatlah bahwa dengan 7 miliar aksi kecil kita sudah dapat membuat perbedaaan besar. “Dan walaupun Anda tidak dapat membeli T-shirt ini, potonglah cabang dari sebuah pohon dan tanamlah sehingga tumbuh sebagai pohon kehidupan. Jika saja setiap orang Indonesia berjanji untuk menanam 4 pohon sepanjang hidup mereka, kita akan memiliki 1 miliar pohon untuk masa depan,” yakinnya.

Bantuan dari kita semua sangat diharapkan untuk mewujudkan rencana ini. Dan Delia sangat serius untuk mewujudkan hal ini, dengan bantuan banyak pihak, saat ini bahkan telah terjual lebih dari 130 ribu kaos, dan masih banyak lagi yang akan berpartisipasi. Untuk ikut mendukung rencana ini, langsung saja lihat caranya di website loveando2.love dan mari buktikan bersama bahwa aksi besar pun bisa diwujudkan dengan dimulai dari langkah kecil, bersama-sama. 

please login to comment.

RELATED NEWS

Mempromosikan Gaya Hidup Halal melalui IIHLEC 2016

Mempromosikan Gaya Hidup Halal melalui IIHLEC 2016

Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tetapi hingga kini belum pernah menyelenggarakan perhelatan terkait gaya hidup halal secara internasional. IIHLEC 2016 akan menjadi langkah pertama menuju gerakan internasional gaya hidup hal...

READ MORE
Melihat Wajah Islam Dunia Kini di International Islamic Fair 2016

Melihat Wajah Islam Dunia Kini di International Islamic Fair 2016

Event internasional ini akan diselenggarakan pada 20-23 Oktober 2016 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

READ MORE