Ide Aktivitas Menyenangkan bersama Anak: Membuat Marbling Art

Ingin melakukan aktivitas bersama anak yang baru dan lain dari biasanya? Ada ide kreativitas baru yang bisa dan asyik dilakukan bersama anak, yang dapat memberi kenangan indah sekaligus edukatif untuk anak. Kreasi marbling art, seni membuat motif serupa marble. Seperti lukisan abstrak, marbling art menggunakan teknik tertentu dan cat berwarna-warni untuk menghasilkan corak yang indah dan tak terduga. Hasil motif yang telah dibuat tidak akan pernah gagal membuat anak senang, bahkan sedap dipandang dan layak untuk dipajang di dinding rumah.

Salah satu marbling artist asal Singapura, Karen Heng, mempraktikkan aktivitas ini pada acara 200 tahun Collins di Kinokuniya Plaza Senayan, Jakarta.

Alat dan bahan yang digunakan dalam aktivitas seni ini murah dan mudah ditemukan di rumah, berikut yang harus dipersiapkan:

- Wadah kotak besar, seperti akuarium, atau baskom

- Toples kecil atau gelas

- Kertas,

- Cat air (watercolor),

- Air,

- Bubuk agar,

- Kuas,

- dan jarum atau paper clip yang diluruskan agar tidak tajam.


Hal yang pertama harus dilakukan oleh ibu atau ayah adalah melarutkan bubuk agar dalam air yang cukup banyak. Larutan ini merupakan wadah untuk bermain cat di atasnya. Kandungan agar di dalam air akan membuat massa jenis cat yang telah dilarutkan dalam air berbeda dengan larutan agar sehingga cat mengambang di atasnya. Taruh larutan di dalam wadah yang telah disediakan.

Kedua, larutkan cat air ke dalam sedikit air. Air yang sedikit akan membuat warna cat tetap vibran dan merekah. Dengan menjaga warna cat, karya yang dihasilkan akan berwarna cerah dan sedap dipandang. Tuangkan setiap warna ke dalam gelas yang berbeda.

Ketiga, cipratkan satu persatu cat dengan warna sesuai selera ke atas larutan agar. Tidak perlu dalam-dalam membubuhkan cat. Hanya setitik saja warna akan tersebar. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencipratkan satu warna cukup banyak sebagai warna dasar atau warna dominan. Kemudian, cipratkan atau teteskan warna lainnya di atasnya. 


Setelah membubuhkan cat, bermainlah dengan jarum atau ujung paper clip yang telah disediakan. Gerakan ujung jarum pada bagian atas larutan ke berbagai arah sampai mendapatkan motif yang diinginkan. Ulangi langkah sebelumnya sampai warna dan motif yang muncul sesuai dengan selera.

Bila sudah merasa cukup, taruh kertas di atas larutan yang telah penuh dengan cat. Tarik secara perlahan kedua ujung kertas. Lalu, sisihkan sisa air pada pinggir wadah. Setelah jadi, keringkan kertas dengan cara menaruhnya di atas meja atau digantung di tempat yang tidak terlalu berangin.


Karya yang sudah jadi, dapat dibingkai dan dipajang di kamar anak atau di ruang keluarga. Warna-warna cerah dengan motif yang dihasilkan tidak akan gagal dan tampak buruk untuk dipamerkan.

Marbling art dapat dilakukan oleh anak atau dengan pengawasan orang tua. Mudahnya kegiatan seni ini dapat dijadikan sebagai wadah ekspresi anak dan wadah edukasi oleh orang tua. Saat liburan atau akhir pekan, aktivitas ini dapat dilakuakn dengan murah dan menyenangkan bersama anak dan keluarga.


See also:
-- “Mimpi di dalam Mimpi” Buah Kuas Karya Liffi Wongso -- Ide Aktivitas Menyenangkan bersama Anak: Membuat Marbling Art -- ArtJog MMXIX –Art Is Common: Common|Space -- Rinaldy Yunardi Menjadi Pemenang Utama dalam Kompetisi 'Wearable Art' Dunia --

Tags

Seni   lukisan   art   Anak-anak  
please login to comment.

RELATED NEWS

Formula dan Kemasan Baru Produk Perawatan Bayi dari Corine de Farme

Formula dan Kemasan Baru Produk Perawatan Bayi dari Corine de Farme

READ MORE
Meningkatkan Daya Kreativitas dan Aktivitas Anak dengan Mendongeng

Meningkatkan Daya Kreativitas dan Aktivitas Anak dengan Mendongeng

READ MORE