Hindari Kehabisan Tiket Jelang Mudik Lebaran 2017!

google doodle (19/6) menandai musim mudik lebaran 2017


Mendekati hari raya Idul Fitri, kini kita sudah memasuki periode mudik. Orang-orang pun sudah ramai melakukan booking baik tiket kereta, pesawat, maupun hotel. Tidak sedikit tentunya yang kemudian kehabisan tiket atau kamar, atau bahkan harus mengeluarkan biaya lebih mengingat melonjaknya harga pada musim mudik. 

Pegipegi sebagai salah satu Online Travel Agent (OTA) Indonesia pun mengeluarkan hasil risetnya yang menunjukkan pola pembelian tiket dan kamar hotel serta tanggal penerbangan dan penginapan. Data internal Pegipegi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa pemesanan tiket pesawat mengalami peningkatan drastis pada dua minggu hingga sehari sebelum keberangkatan. Keberangkatan pesawat mulai meningkat sejak H-7 sebelum Lebaran. Hal tersebut sama dengan 1,3 kali lipat dari hari biasa.

Pegipegi memprediksi pola yang serupa akan terjadi pada Lebaran tahun ini. Puncak pemesanan tiket pesawat diprediksi akan terjadi pada H-14 hingga H+7 minggu Lebaran, yaitu pada tanggal 11 Juni – 8 Juli 2017.

Tren serupa juga ditemukan dalam menginap di hotel, di mana tren menginap di hotel mulai mengalami kelonjakan di minggu Lebaran hingga seminggu setelahnya. Kelonjakan yang terjadi dapat mencapai tiga kali lipat. Dalam pemesanan kamar hotel, Pegipegi menemukan bahwa masyarakat masih cenderung melakukan booking dadakan, yaitu sekitar tiga hari sebelum hingga hari H kedatangan. Hal ini terutama dilakukan oleh pelanggan yang melakukan booking melalui smartphone. 

Pegipegi memprediksi bahwa puncak pemesanan hotel pada Lebaran tahun ini akan terjadi pada H-7 hingga H+7 minggu Lebaran. Lebih tepatnya pada tanggal 18 Juni – 8 Juli 2017.

Peningkatan tren menginap di hotel ini pun tentunya turut diikuti oleh peningkatan rata-rata harga hotel. Data Pegipegi tahun 2016 menunjukkan bahwa harga kamar hotel di kota-kota tujuan wisata populer seperti Yogyakarta, Bandung, Solo, Bali, dan bahkan Jakarta mengalami peningkatan sekitar 110% hingga 150% dibandingkan dengan hari biasa.


Tips Anti Kehabisan Tiket

Dalam mengantisipasi kehabisan tiket kereta maupun pesawat menjelang masa mudik Lebaran, Pegipegi berbagi beberapa tips untuk menghindari hal tersebut. Widi Sandy selaku Senior Manager Operations Pegipegi membocorkan trik agar tidak kehabisan tiket kereta api dan pesawat. Untuk kereta api, Widi menyarankan agar tidak booking tiket tepat jam 00.00 ketika loket online dibuka, melainkan tunggu hingga satu jam setelahnya atau sekitar pukul 1.00. Menurut Widi, jam 1.00 merupakan timing yang pas karena PT.KAI menggunakan sistem di mana apabila 1 jam setelah pemesanan kursi belum dibayar maka booking akan otomatis hangus, sehingga kita bisa memanfaatkan cancelled bookings tersebut. Selain itu, secara traffic juga tidak akan terlalu berat.

Untuk tiket pesawat, Widi menyarankan agar tiket dipesan jauh-jauh hari ketika perusahaan maskapai masih membuka penjualan kursi-kursi murah. Selain itu, waktu yang pas untuk booking adalah pukul 11 siang ke atas atau pada tengah malam. Hindari melakukan booking pada peak hours jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

Dalam mengantisipasi periode mudik ini, Pegipegi juga telah menyiapkan staf customer service sebanyak 2x lipat dari biasanya yang dibuka selama 24 jam. Hotline Pegipegi pun tidak hanya tersedia dalam jaringan telepon, namun customer service Pegipegi juga dapat dihubungi melalui live chat di situs Pegipegi, Whatsapp, BlackBerry Messenger, serta email. Selain itu, Pegipegi juga mengadakan program spesial Ramadhan dari 12 – 20 Juni 2017 yang menawarkan diskon hotel hingga Rp 1,500,000 dan diskon tiket pesawat hingga Rp 100,000. Pegipegi juga menawarkan promo cashback 100% khusus bagi pengguna aplikasi Pegipegi.

please login to comment.

RELATED NEWS

RIMOWA Bossa Nova: Returning the Luxury to the Beauty of Local Nature

RIMOWA Bossa Nova: Returning the Luxury to the Beauty of Local Nature

READ MORE
Waktu Tepat Beli Tiket Mudik Lebaran

Waktu Tepat Beli Tiket Mudik Lebaran

READ MORE