Foto: Meriahnya Festival Cap Go Meh 'Little Singkawang' di Jakarta

Cap Go Meh menandakan hari ke-15 dari tahun baru Imlek yang dirayakan oleh komunitas Tionghoa. Di Indonesia, Cap Go Meh menjadi perayaan yang meriah dan ditunggu-tunggu di beberapa daerah, dan menjadi festival budaya yang dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Di Jakarta, perayaan Cap Go Meh ini salah satunya diadakan di Trade Mall (TM) Seasons City, Tambora Jakarta pada hari Minggu (24/3/2019). Festival Cap Go Meh ini menjadi yang terbesar di Jakarta, dan dibuka serta dihadiri oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Puan Maharani. 

Festival dibuka dengan doa dari pemuka agama 


masyarakat berfoto bersama pemain atraksi Tatung dari Singkawang

Pada tahun ini, Festival Cap Go Meh mengusung konsep 'The Little Singkawang'. Konsep ini diambil lantaran dalam festival ini banyak menghadirkan atraksi dan budaya asal Singkawang, Kalimantan Barat. Salah satunya Tatung, yakni atraksi ekstrim yang mengunakan benda-benda tajam.

TM Seasons City mendatangkan langsung pemain Tatung ini dari Singkawang untuk memperkenalkan kebudayaannya di DKI Jakarta, khususnya kepada pengunjung TM Seasons City. Akan ada lebih dari 100 tatung pria dan wanita yang akan hadir di festival ini. Salah satu atraksi yang akan dilakukan yakni para tatung akan menaiki tangga dari susunan tombak. 

atraksi Tatung dari Singkawang

Selain menghadirkan kebudayaan Singkawang, TM Seasons City juga menghadirkan berbagai kebudayaan lain yang ada di Indonesia untuk semakin meramaikan acara ini seperti kebudayaan Betawi yaitu Tanjidor, Ondel-Ondel, Barongsai dan lainnya.

General Manager TM Seasons City Mualim Wijoyo mengatakan ini merupakan tahun ke-5 TM Seasons City menyelenggarakan Cap Go Meh dengan menyajikan atraksi Tatung. Perayaan ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia. Ia berharap pengunjung TM Seasons City akan semakin teredukasi dengan atraksi yang dihadirkan dalam perayaan tersebut.

“Kami sangat peduli dengan kekayaan budaya Indonesia, sehingga kami selalu tergerak untuk melestarikannya. Ini juga merupakan dukungan kami dalam meningkatkan industri pariwisata di DKI Jakarta,” kata Mualim.




Tags

culture   seni   budaya   festival   Mall  
please login to comment.

RELATED NEWS

Cantiknya Instalasi Bunga Segar & Ilustrasi Fashionable pada Perayaan Ulang Tahun Central

Cantiknya Instalasi Bunga Segar & Ilustrasi Fashionable pada Perayaan Ulang Tahun Central

READ MORE
L’Oréal-UNESCO For Women In Science: Advancing Women Participation in Science

L’Oréal-UNESCO For Women In Science: Advancing Women Participation in Science

READ MORE