Emoji Hijabers Kini Ada di Apple

Anda pengguna produk Apple -IPhone, IPad, IMac, dll- sebentar lagi akan melihat beberapa emoji (emoticon, simbol atau icon grafis yang biasanya digunakan pada aplikasi percakapan) baru yang dirilis pada tanggal 17 Juli lalu bersamaan dengan World Emoji Day. Salah satunya, yaitu emoji wanita berhijab. Sounds relevant to represent hijabers, isn't it?

Emoji ini rupanya diusulkan oleh seorang remaja Arab Saudi yang kini berada di Wina, Austria, Rayouf Alhumedhi. Sejak tahun lalu Rayouf telah mengajukan ide dan proposalnya untuk menciptakan emoji hijabers ini pada The Unicode Consortium, organisasi non-profit dunia yang berwenang untuk mendevelop emoji.

Awalnya Rayouf merasa heran dan gemas bahwa selama ini tidak ada emoji yang merepresentasikan wanita berhijab, seperti dirinya dan jutaan muslimah lain di dunia. Sehingga ia secara resmi mengajukan ide tersebut sekaligus desain emoji kepada The Unicode Consortium. Pada Senin, 17 Juli 2017 lalu, Apple Inc mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah menerima belasan desain baru emoji tersebut -termasuk emoji hijabers, ibu menyusui, orang bermeditasi, dll- dan akan merilisnya segera. 



Rayouf mengaku sangat berbahagia bahwa emoji yang diusulkannya tersebut akhirnya dirilis. "I'm really happy with how it looks. I saw so many ideas, different colors and styles but I didn't know what it would finally look like. I'm just so excited because it's finally came out after all the work, all the writing," ungkapnya. Alhumedhi menceritakan bahwa ide ini pertama kali tercetus kala ia dan keluarganya tinggal di Berlin. Ia dan teman-temannya membuat grup chat di WhatsApp, dan ia menyadari bahwa tidak ada emoji yang bisa mewakilinya sebagai hijaber. Fakta bahwa tidak ada emoji yang merepresentasikan jutaan hijabi di seluruh dunia membuatnya resah. Saat mengajukan ide emoji tersebut, awalnya ia tidak memiliki gambaran spesifik bagaimana tampilan emoji hijabi ini, tetapi ia membayangkan bahwa emoji ini nantinya akan tampil dalam beberapa warna kulit, seperti emoji lainnya yang biasa kita lihat. 

Meskipun banyak yang mendukung kehadiran emoji ini, beberapa orang menyatakan bahwa emoji hijabi ini tidak berguna, dan bagian dari konstruksi patriarki yang 'menindas' wanita. Sesaat setelah Apple mengumumkan akan merilis lebih dari 12 simbol/emoji ini, reaksi netizen di media sosial pun beragam, terutama yang berkaitan dengan emoji hijabi ini.

Dalam statementnya Apple menyatakan bahwa emoji-emoji baru ini akan lebih memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri dengan keberagaman, berbagai bentuk simbol binatang, smiley faces dan lain-lain. 


please login to comment.

RELATED NEWS

JENAHARA Scarf Celebrates the Diversity of Women’s Characters

JENAHARA Scarf Celebrates the Diversity of Women’s Characters

READ MORE
#IslamIsPeace to Mark International Hijab Solidarity Day with HIJUP

#IslamIsPeace to Mark International Hijab Solidarity Day with HIJUP

READ MORE