Cerita Legenda Indonesia dalam Helai Scarf Moya by Herfiza

Print scarf masih menunjukkan dominasinya di pasar kerudung di Indonesia, dengan makin banyaknya merek dan produk baru kerudung motif yang dicetak dengan teknik digital print ini. Konsumen, terutama hijabers rupanya masih menunjukkan permintaan yang tinggi terhadap kerudung print segiempat, dan hampir semua merek kerudung berlomba menciptakan print/motif yang unik.

Hijab print ini juga masih menjadi kategori produk dengan jumlah penjualan tertinggi di Hijup, e-commerce modest fashion Indonesia. Beberapa label bahkan telah memiliki pelanggan loyal yang selalu menunggu-nunggu motif baru yang dikeluarkan oleh brand tersebut.


Menyambut bulan suci Ramadan, Hijup bersama Moya by Herfiza merilis koleksi print scarf eksklusif dengan nama koleksi “Pada Suatu Hari”. Unik karena mengambil inspirasi dan menceritakan tentang ragam legenda kisah rakyat Indonesia. Koleksi scarf ini bercerita tentang enam legenda kisah rakyat yaitu, Bawang Putih & Bawang Merah, Dewi Naganingrum, Dayang Sumbi, Nawangwulan, Mande Rubayah, dan Timun Mas. Masing-masing tokoh dari kisah rakyat tersebut digambarkan dengan elemen alam seperti dedaunan, bunga-bunga dalam nuansa hutan, dan pegunungan.

Kisah Bawang Merah & Bawang Putih mengajarkan kita tentang petingnya kejujuran. Dewi Naganingrum bercerita tentang kecantikan dan keanggunan dari tanah Jawa. Dayang Sumbi berkisah tentang legenda Gunung Takuban Perahu. Nawangwulan menggambarkan budaya Jawa Tengah melalui kisah seorang bidadari. Mande Rubayah mengajarkan tentang kesabaran seorang Ibu yang menunggu anaknya Malin Kundang. Timus Emas mengajarkan tentang kejujuran dan keberanian seorang wanita.

“Aku sangat ingin menggambarkan tokoh-tokoh wanita dalam cerita rakyat Indonesia yang dituangkan dengan elemen abstrak sesuai dengan karakter dari tokoh-tokoh cerita rakyat. Selain itu aku ingin memperlihatkan pesan moral yang kental pada cerita rakyat yang bisa kita bagikan kepada anak-anak” Ujar Hefiza selaku Creative Director Moya by Herfiza sekaligus istri dari Ricky Harun.