Bawang Merah - Bawang Putih ala Komikus Marvel dalam Project Merah Putih

Tidak banyak yang mengetahui sosok Ario Anindito, sosok komikus Indonesia yang saat ini bekerja untuk Marvel Comics, perusahaan komik dan animasi yang komik dan filmnya sangat populer di dunia. Karya-karya Ario telah menghiasi banyak komik yang diterbitkan oleh Marvel sejak tahun 2014.

Berawal dari persahabatan antara Ario dan Novi Susanti, seorang desainer yang memiliki label aksesori The Theme, muncul ide untuk membuat sebuah proyek bersama dengan gagasan untuk menyatukan passion di dua bidang seni yang berbeda, dunia fashion dan komik. 


Dengan latar belakang bidang seni yang berbeda tersebut, mereka membayangkan sebuah koleksi fashion dan aksesori yang diterjemahkan dari gambar/ilustrasi ala komik Marvel. Untuk merealisasikan ide ini, Novi melibatkan 9 desainer dari Surabaya untuk berkolaborasi, dan akan ditampilkan pada event tahunan Surabaya Fashion Parade 2018. Para desainer yang terlibat dalam project ini adalah Dibya Hody, Yunita Kosasih , Yuliana Huang, Alben Ayub Andal, Winarni, Aldre Indrayana, Megama, Ceicilia Widjaya serta Ferdinand Natan, dan Michael Louis Tan dari Dinamich. Mereka bergabung dalam sebuah proyek bernama Project Merah Putih.

Mereka sepakat untuk menggunakan cerita rakyat Indonesia, Bawang Merah - Bawang Putih, sebagai konsep utama ilustrasi yang kemudian dibuat oleh Ario. Hasilnya, sebuah ilustrasi komik ala Marvel, dengan tokoh/figur utama Bawang Merah dan Bawang Putih. Dan 9 desainer tersebut kemudian membuat sebuah karya fashion yang mengambil sebagian atau seluruh unsur komik/ilustrasi Ario tersebut dalam karyanya.


Desain avant garde dan palet warna yang terdapat pada ilustrasi menjadi benang merah yang menyatukan karya para desainer tersebut. Project Merah Putih ini bertujuan untuk mengeksplorasi karya seni dalam bidang yang berbeda, yang nantinya bisa membuka peluang bisnis baru. Selain itu, karya komik yang menarik ini bisa menjadi daya tarik bagi generasi masa kini untuk lebih mengenal ragam budaya Indonesia (dalam bentuk cerita rakyat) yang dikemas dengan selera kekinian. 

See also:
-- Indonesia Fashion Aesthetics (IFA) 2024, Apresiasi dan Kolaborasi Fashion dan Kecantikan -- Bukittinggi Fashion Look Digelar 6-8 Oktober 2017 -- Hadirkan Pengusaha Perempuan dari 62 Negara, Modest Fashion & Womenpreneur Summit 2024 Siap Digelar di Malaysia -- Santoon Memeriahkan Festival Payung di Candi Prambanan --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Iftar Serentak Buttonscarves di 21 Kota & Perkenalkan 'Hold Me Bag'

Iftar Serentak Buttonscarves di 21 Kota & Perkenalkan 'Hold Me Bag'

Acara yang terselenggara di Indonesia dan Malaysia ini menandai hari jadi Buttonscarves ke-7

READ MORE
The Cufflink Store Merilis Koleksi Kemeja Batik Pria

The Cufflink Store Merilis Koleksi Kemeja Batik Pria

READ MORE