Ada Batik, Songket dan Ikat di Kemasan Pepsodent Baru

Momen Hari Kemerdekaan Indonesia selalu menjadi perayaan yang istimewa pula bagi Pepsodent, karena Pepsodent telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama Indonesia merdeka, bahkan sebelum itu. Ikut menjadi 'sejarah' bagi perjalanan bangsa Indonesia sejak awal, membuat Pepsodent juga selalu ingin membangun semangat nasionalisme kemerdekaan Indonesia.

Pada HUT ke-72 RI ini, Pepsodent merayakannya dengan menginisiasi kampanye #SenyumSatuIndonesia, salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan kemasan khusus berdesain motif kain tradisional di mana Pepsodent mengajak masyarakat untuk merayakan kekayaan ragam budaya Indonesia yang disatukan dengan senyuman sebagai kekuatan dan jati diri khas bangsa Indonesia.

  

Pepsodent mengangkat ragam budaya Indonesia dengan mempersembahkan 3 motif desain kain tradisional pada edisi kemasan khusus Pepsodent yang mewakili semangat dan nilai-nilai luhur bangsa. Ketiga motif kain tradisional tersebut adalah Batik Parang dari Jawa yang melambangkan semangat yang tak pernah padam; Ikat Kalimantan  melambangkan kegigihan dan perjuangan yang tak pernah hilang; serta Songket Pucuak Rabuang dari Sumatra melambangkan harapan dan kebaikan yang mengiringi kehidupan dan motif ini merupakan simbol kehidupan yang dinamis dan berkembang namun tetap santun dan tidak sombong. Ketiga motif kain tradisional tersebut merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang bahkan sudah mendunia.

Sebagai produk pasta gigi yang sangat lekat dengan keluarga Indonesia, ini menjadi media yang sangat relevan dan efektif untuk melestarikan budaya bangsa. Sambil sikat gigi bersama, orangtua bisa memperkenalkan kepada anak-anak, tentang motif-motif kain tradisional ini, dan apa yang termakna didalamnya. 

Senyum, Identitas Bangsa Indonesia

Imelda Wira selaku Senior Brand Manager Pepsodent menjelaskan bahwa Pepsodent senantiasa mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi senyum cemerlang yang memang sudah menjadi identitas bangsa. “Sejak awal kehadirannya di Indonesia pada tahun 1933, Pepsodent telah mengajak bangsa Indonesia berbagi senyuman karena sebuah senyuman dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik.  Hal ini tercermin dari slogan Pepsodent pada saat itu yaitu ‘Senyum Mengubah Segalanya.’ Membawa semangat tersebut, kini Pepsodent hadir melalui #SenyumSatuIndonesia mengajak keluarga Indonesia berbagi senyum cemerlang dan melestarikan semangat serta nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang dikenal luas dengan keramahan dan kehangatannya,” jelas Imelda saat acara Press Conference Pepsodent #SenyumSatu Indonesia di Café Batavia Jakarta.

Ditemui pada acara yang sama, Asep Kambali sebagai Sejarawan Indonesia membenarkan pernyataan Imelda bahwa Indonesia dikenal luas dengan senyuman yang menggambarkan keramahan dan kehangatan masyarakatnya. “Senyum sebagai manifestasi dari warisan budaya bangsa Indonesia juga dapat terlihat dari bukti sejarah di relief candi Borobudur dan motif kain tradisional seperti ulos dan motif batik yang menggambarkan berbagai kisah tentang konsep senyum dan kebahagiaan. Bangsa ini kaya akan seni dan budaya sebagai produk kebahagiaan hasil dari kehidupan masyarakat Indonesia yang menunjukan karakter masyarakat yang senang bermain dan kreatif,” ungkapnya.

Keragaman budaya dan seni bangsa Indonesia, salah satunya kain tradisional yang membutuhkan kesabaran ekstra dalam pembuatannya menjadi buah dari kreatifitas masyarakat Indonesia yang selalu tenang dan bahagia di setiap keadaan. “Kebahagiaan dan kegembiraan yang tercermin dari senyuman tulus masyarakat Indonesia menunjukan karakteristik masyarakat homoluden yang dalam kajian Antropologi dijelaskan bahwa karakteristik masyarakat ini selalu bahagia dan tersenyum dalam menghadapi persoalan kehidupan,” tambah Asep menjelaskan.


 Perayaan Kemerdekaan di Kota Tua Jakarta 

Untuk menambah kemeriahan jelang perayaan kemerdekaan Indonesia, Pepsodent menggelar acara spesial berbalut semangat nasionalisme di Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) dengan pertunjukan video mapping pada dinding museum. Pertunjukan berteknologi mutakhir dengan tata cahaya memulau ini menampilkan perjalanan kemerdekaan Indonesia dengan ragam kekayaan budaya yang diangkat melalui 3 desain motif kain tradisional dari Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Selain itu dihadirkan pula rangkaian pertunjukan seni musik dan tari dengan penampilan khusus dari penyanyi Andien Aisyah yang menemani ragam aktifitas seru dan menarik bertemakan semangat kemerdekaan Indonesia seperti fun photobooth, kelas membatik, face painting, dan pemeriksaan gigi gratis oleh Pepsodent.

Komitmen Pepsodent selama lebih dari 72 tahun melindungi senyum Indonesia diwujudkan melalui dukungan pada kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. Dalam perjalanannya, Pepsodent telah melakukan berbagai program edukasi dan perawatan gigi kepada lebih dari 13,8 juta masyarakat Indonesia. “Beragam kegiatan yang telah kami lakukan antara lain School Program, Pepsodent Dental Expert Center, dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilakukan melalui kerja bersama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan seluruh pihak terkait. Semoga #SenyumSatuIndonesia ini juga dapat membawa manfaat dan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia,” tutupnya.

please login to comment.

RELATED NEWS

Psoriasis dan Terapi Untuk Mengurangi Dampaknya

Psoriasis dan Terapi Untuk Mengurangi Dampaknya

READ MORE
#Menstruactive: Tetap Aktif dan Unstoppable Selama Menstruasi

#Menstruactive: Tetap Aktif dan Unstoppable Selama Menstruasi

READ MORE