9 Desainer Muda Indonesia Terpilih Sebagai Finalis Sakura Collection Student Awards 2016

Be ready to be blown up by these Japan-inspired collection, designed by 9 Indonesian students! 


Sakura Collection Asia Student Awards adalah kontes desain busana yang terbuka untuk seluruh siswa non-Jepang dan desainer amatir di Asia. Kontes ini merupakan bagian rangkaian dari Sakura Collection yang telah diadakan selama 5 tahun berturut-turut di Jepang. Kali ini adalah tahun kedua Sakura Collection di Indonesia dan telah melalui seleksi awal untuk menentukan 9 finalis terbaik. 9 finalis ini telah bersaing di GRAND PRIX FINAL SAKURA COLLECTION ASIA STUDENTS AWARDS 2016 di Indonesia yang baru saja diselenggarakan di AEON MALL, BSD CITY pada 14 Januari 2017.

Dengan misi utama untuk mengembangkan kreativitas siswa dan desainer muda dalam merancang busana yang bertemakan Jepang, kontes ini semakin berkembang setiap tahunnya. Pada tahun ini Sakura Collection kembali mengadakan kontes yang sama di Malaysia, Vietnam, dan Thailand! Pemenang grand prix akan memperoleh hadiah berupa perjalanan gratis ke Jepang serta kesempatan untuk menampilkan desain busana mereka di Sakura Collection Yokohama pada 26 Maret 2017. Selain itu, para pemenang mendapatkan paket perjalanan wisata di sekitar prefektur Kanagawa Jepang bersama dengan semua desainer dan model profesional Asia lainnya.

Berdasarkan dari 369 sketsa yang telah diterima dari 123 peserta yang berasal dari sekitar 20 sekolah fashion, telah terpilih 27 sketsa terbaik dari 9 besar finalis terpilih. 27 sketsa tersebut akan dibuat busana dan ditampilkan pada Grand Prix Final. Para pendukung memiliki kesempatan untuk melihat dan memilih desain favorit milik para finalis melalui website resmi Sakura Collection: www.sakuracollection.com, mulai tanggal 7 hingga 14 Januari 2017 (sebelum Grand Prix Final diadakan).

Berikut adalah nama kesembilan finalis beserta karyanya;

  1. Dhea Elza Khairani (Telkom University) - Tonekkuro
  2. Afifah Thohiroh (SMK NU Banat Kudus) - The History of Hanami
  3. Moch. Didi Hartawan (LPTB Susan Budihardjo Semarang) - Tokyo Calling
  4. Thasia Septavani (La Salle College Jakarta) - Kodomo no hi
  5. Septi Widyastara (LPTB Susan Budihardjo Semarang) - Sweet Onna-Bugeisha
  6. Alycia Aditya (Univ. Prasetya Mulya) - Samurai
  7. Tria Jatnika (Tekom University) - Laukoi-Luxe
  8. Marsha Cicilia Novita (Esmod Jakarta) - Modern Samurai
  9. Shella Merina (Esmod Jakarta) - Lady Fumiko

Setelah mempresentasikan koleksinya di runway di hadapan para juri, terpilih Septi Widyastara dengan karyanya Sweet Onna-Bugeisha sebagai juara pertama, sekaligus berhak mewakili Indonesia dan menampilkan karyanya di Yokohama, Jepang pada bulan Maret 2017 nanti. Sebagai pemenang kedua dan ketiga adalah Alycia Aditya dan Thasia Septavani. 

Selamat kepada para pemenang dan salut untuk semua finalis dengan koleksinya yang sungguh menginspirasi!

karya Septi Wityastara yang meraih juara I


please login to comment.

RELATED NEWS

1 Februari 2017, Indonesia Fashion Week Dimulai!

1 Februari 2017, Indonesia Fashion Week Dimulai!

READ MORE
IEF 2017; Moving Together in Fashion Ethic

IEF 2017; Moving Together in Fashion Ethic

READ MORE