45 Desainer Bergabung Menjadi Anggota Baru Indonesian Fashion Chamber (IFC)


Mengawali tahun baru 2017, asosiasi fashion termuda di Indonesia, IFC (Indonesian Fashion Chamber) menggelar agenda tahunan, January Board Meeting  (JBM)2017. IFC yang masih menginjak usia satu tahun ini dibentuk pada bulan Desember 2015 dengan tujuan mengembangkan industri fashion skala nasional dan tingkat internasional serta mengakselerasi pengembangan dan pembangunan sektor fashion di Indonesia. Meskipun baru satu tahun, IFC sudah membuktikan sederetan pencapaian dan program yang signifikan bagi industri fashion Indonesia

Dalam JBM 2017 yang bertempat di Clove Garden Hotel Bandung, selain melakukan agenda rapat kerja nasional (rakernas), IFC juga mengumumkan 45 desainer anggota baru IFC yang berasal dari berbagai chapter kota besar di Indonesia. Dalam pelantikan, 45 anggota baru IFC tersebut juga menampilkan masing-masing 8 rancangan dalam Inauguration Show yang dilakukan selama 2 hari. Trunk show ini bertujuan memperkenalkan karakter rancangan masing-masing anggota baru. 

Sebagai sebuah asosiasi fashion, 45 member baru dalam satu tahun merupakan jumlah yang besar (sebelumnya, anggota IFC berjumlah sekitar 150 orang). Namun ketika dikonfirmasi hal ini, Ali Charisma, National Chairman IFC mengatakan bahwa 45 desainer itu tersebar di banyak chapter/kota di Indonesia. Saat ini, dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta orang , Indonesia masih defisit profesi desainer (dengan berbagai lini desain). Indonesia masih membutuhkan banyak sekali desainer-desainer baru, terutama di daerah-daerah di luar Ibukota Jakarta, untuk mengembangkan industri kreatif dan melestarikan kekayaan budaya nasional. 

Selain itu, ini juga sejalan dengan semangat organisasi IFC yang bersifat terbuka dan dinamis. IFC dibangun dengan semangat kebersamaan, sehingga IFC selalu menyambut lahir dan berkembangnya desainer-desainer baru di Indonesia. Meskipun IFC tetap menerapkan standar dan kualifikasi yang cukup ketat untuk dapat bergabung menjadi anggota. 

45 desainer yang kini bergabung sebagai member baru IFC tersebut adalah Mirza Almerruna, Hermina Andreyani, Elma Faricha, Yeti Topiah, Selvi Daniati, Andy Sugix, Belinda Amelia, Feby Wahyuning Sulistyawati, Siyla Dawilah, Ella Adjanie, Kiki Mahendra Sari, Nafil, Rasya Sakira, Phangsanny (IFC Malang), Lutfiani Jusuf (IFC Makasar), Novita Sari (IFC Banda Aceh), Marcella Linardi, Winarni Widjaja, Yuliana Putra, Aldre Indrayana, Stella Lisa, Mega Malea (IFC Surabaya), Wiwin Tjandrawan, Yuli Astuti, Widya Andhika, Tiya Dwira, Sudarna Suwarsa, Fenny Chen, Rida Rianti (IFC Semarang), Cindy Lavina, Elfi Lila, Linda Lirose, Vera Kora'ag (IFC Denpasar), Hendri Budiman (IFC Yogyakarta), Rengganis, Runny Soemadipraja, Rosie Rahmadi, Deceu Susan, Novee Al, Aninda Nazmi, Yufi Kartaatmaja (IFC Bandung) dan  Eugenea, Fitri Aulia. Agus Sunandar, Sav Lavin (IFC Jakarta).  

Mengusung tema 'Think Bigger', para desainer anggota IFC diharapkan dapat berpikir lebih besar dan lebih luas lagi, baik dalam hal kreativitas maupun bisnis sehingga tergerak untuk terus mengembangkan diri. Para desainer juga harus memperluas, bahkan mengubah pola pikir; jumlah desainer lokal yang begitu banyaknya, dan tergabung dalam banyak asosiasi, bukanlah saingan kita. Saingan kita -para desainer tersebut- adalah retail, merek fashion dari luar yang makin menggurita di Indonesia. Selain itu pola pikir  terhadap penjiplakan juga harus diubah. Jangan gusar apabila ada orang lain yang mencontek ide/desain kita. Justru harus merasa senang, karena berarti konsep dan desain kita laku dan diminati pasar, sehingga terdorong untuk merancang dan menciptakan hal-hal yang baru lagi. Dengan pola pikir yang berbeda, secara langsung dan tidak langsung pasti akan mempengaruhi kelangsungan bisnis para desainer. 

Selamat untuk 45 anggota baru IFC dan kita tunggu karya-karya berikutnya. 


Penghargaan diberikan kepada Best Promising Designer: Elizabeth Njo May Fen, Best Business Model: Fitri Aulia dan Best Chapter: IFC Semarang

please login to comment.

RELATED NEWS

Koleksi Ria Miranda x Blibli.com, 4500 pcs Habis Dalam 30 Menit Pertama Peluncuran!

Koleksi Ria Miranda x Blibli.com, 4500 pcs Habis Dalam 30 Menit Pertama Peluncuran!

READ MORE
Lihat Karya Ayana Ife, Desainer Muslim Pertama yang Menjadi Kontestan Project Runway

Lihat Karya Ayana Ife, Desainer Muslim Pertama yang Menjadi Kontestan Project Runway

READ MORE