14 Anggota Kidzania Congrezz, Siap Menjadi Pelopor Warga Dunia yang Baik

14 anggota baru Kidzania Congrezz 2016-2018 telah dilantik. Siapa saja mereka?


KidZania Jakarta kembali menyelenggarakan pemilihan KidZania Congrezz 2016-2018 sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi terhadap generasi penerus bangsa. Dengan tema “Get Ready To Be The Well-Rounded (Kool) Citizen of The Worldcongrezz tahun ini menjadi pemilihan yang ke-6 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2009. Hari ini 14 anggota KidZania Congrezz 2016-2018 terpilih dilantik oleh Presiden KidZania Jakarta Kerry Riza di Junio Theater of KidZania Jakarta.

14 Anggota KidZania Congrezz 2016-2018 yang telah dilantik tersebut adalah Gina Elya Medina, Stephen Yang, Serafin Ernesta Putri Anggari, Dhannya Vita Chandra, Allysa Natalie Hartono, Leonita Cecilia, Princess Nathania Abigail, Agreeardi Healmy Allidea, Jonathan Flandi Imawan, Phillip Nathaniel Hanan,  Daniel Exaudeo Oscar Simatupang, Michelle Maverick, Abdiella Megarita dan Randi Adwin Ramadhan.


KidZania Congrezz merupakan salah satu event terbesar dwi tahunan KidZania Jakarta untuk mencari empat belas (14) anak-anak berprestasi yang akan berperan menjadi anggota dewan perwakilan rakyat KidZania dalam lembaga yang disebut KidZania Congrezz. Anggota KidZania Congrezz yang disebut CongrezzKid ini bertugas selayaknya anggota dewan perwakilan rakyat di suatu negara, seperti: membentuk undang-undang, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang; menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, termasuk memberikan masukan, membantu dan mengawasi jalannya pemerintahan kota KidZania.

Anggota KidZania Congrezz terdiri dari anak-anak berusia 7-15 tahun yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Setiap anggota KidZania Congrezz ini berhak untuk bermain dan menikmati fasilitas permainan di KidZania Jakarta secara gratis selama dua tahun bersama dua orang pendamping. Setelah dilantik sebagai anggota KidZania Congrezz masa bakti 2016-2018, para CongrezzKid dibagi menjadi 6 komisi kerja yakni komisi pendidikan, komisi politik dan keamanan, komisi ekonomi, komisi komunikasi, komisi sosial dan komisi kesehatan. Bersama-sama mereka menentukan langkah-langkah yang akan diterapkan demi menjad A Well-Rounded (Kool) Citizen.

Presiden KidZania Jakarta Kerry Riza menjelaskan, tema “Get Ready To Be The Well-Rounded (Kool) Citizen of The World” diangkat dari pemahaman perlunya kita mempersiapkan generasi penerus yang terdidik seutuhnya agar kelak ketika bergabung dengan masyarakat Internasional bangsa kita menjadi bangsa yang lebih baik, yang tidak hanya cerdas namun bervalue misalnya memiliki disiplin tinggi, etos kerja tinggi, jujur, patriotik, memiliki jiwa pemimpin dan lainnya. KidZania Congrezz ini sebagai bentuk kepedulian KidZania dalam menciptakan dan membina generasi penerus yang terdidik seutuhnya.



Layaknya seorang anggota dewan, dalam program kerjanya 14 CongrezzKid ini akan melaksanakan sidang rutin yang akan diadakan 4 bulan sekali. Setelah melakukan sidang pertama untuk membagi masing-masing komisi, sidang kedua akan dilaksanakan 3 hari berturut-turut mulai tanggal 21 – 23 September 2016. Salah satu agenda sidang CongrezzKid ini adalah melakukan kunjungan ke kantor DPR untuk bertemu dan berdiskusi dengan perwakilan dari komisi 10 DPR Ibu Puti Guntur Soekarno. Dalam kunjungan ini para CongrezzKid berkesempatan untuk melakukan tanya jawab seputar kewarganegaraan dengan Ibu Puti Soekarno dan melakukan tur singkat di kantor Dewan Perwakilan Rakyat.


Sementara itu, untuk menanamkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air, 14 anggota KidZania Congrezz juga melakukan kunjungan ke beberapa museum di Jakarta dan berkunjung ke kantor kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk bertemu dan berdiskusi dengan menteri Ibu Yohana Yembise. Dengan mengunjungi beberapa tokoh negara, para anggota CongrezzKid ini bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru untuk mencapai pendidikan
yang seutuhnya dan menjadi warga dunia yang lebih baik.

KidZania Congrezz 2016-2018 berhasil menjaring dan menyeleksi lebih dari 500 putra-putri bangsa terbaik di Jabodetabek untuk menjadi calon anggotanya. Pembukaan pendaftaran dan proses seleksi  telah selesai dilakukan pada 8 Agustus hingga 7 September 2016. Awalnya, peserta diminta untuk membuat karya tulis dengan tema “Aku dan Orang Disekitarku”. Kemudian, 50 peserta yang dinyatakan lolos maju keseleksi tahap 2 yaitu wawancara dan diskusi kelompok. Mereka diuji tentang wawasan, minat, bakat, ilmu pengetahuan, kemampuan memimpin, serta visi misi mereka dalam memajukan kota KidZania.



please login to comment.

RELATED NEWS

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

READ MORE
teamLab Future Park, Sebuah Area Edukasi Bermain Digital Pertama Hadir di Jakarta

teamLab Future Park, Sebuah Area Edukasi Bermain Digital Pertama Hadir di Jakarta

READ MORE