The Purun, Kreasi Tas Bergaya Bohemian Kolaborasi Vivi Zubedi & Pengrajin Banjarbaru

The Purun, Kreasi Tas Bergaya Bohemian Kolaborasi Vivi Zubedi & Pengrajin Banjarbaru

Sejak tahun 2018 Bank Indonesia menggandeng Vivi Zubedi sebagai desainer modest fashion yang telah berkiprah luas di dunia fashion, melalui yayasan Vivi Zubedi membentuk IKRA, platform yang mempertemukan para pelaku usaha syariah di sektor fashion dan makanan-minuman halal. IKRA dibentuk untuk meningkatkan penetrasi produk unggulan usaha syariah agar mampu menembus dan bersaing di pasar global.

Kalimantan Selatan dengan potensi kerajinannya menjadi daerah pertama yang dituju, dan selama itu pula Vivi Zubedi secara intensi berinteraksi dan berkolaborasi dengan para perajin, untuk mengembangkan berbagai produk fashion dan kerajinan berbasis tradisi. 

The Purun Project merupakan gebrakan Vivi Zubedi sebagai Founder & Head Director IKRA Indonesia. IKRA Indonesia menggandeng pengrajin lokal di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka Banjarbaru sebagai kolaborator. Koleksi aksesori yang terdiri dari tas dan topi ini berbahan dasar purun (Lepironia articulata), tanaman sejenis rumput yang banyak ditemukan di rawa-rawa atau tanah payau. Penampang batang purun berongga-rongga seperti bambu, dan lazim digunakan untuk anyam-anyaman di beberapa wilayah Indonesia, antara lain Riau, Bangka-Belitung, Lampung, dan Banjarbaru.



Kerajinan purun merupakan salah satu komoditas industri kreatif khas Banjarbaru. Purun diolah dengan cara dijemur, dipipihkan, diwarnai, dikeringkan, kemudian dianyam menjadi berbagai produk berkualitas. Produk berbahan dasar purun yang paling sering dijumpai adalah tas dan pot tanaman. Aktivitas produksi purun merupakan mata pencaharian banyak warga Banjarbaru di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru-Kalimantan Selatan.


The Purun Banjarbaru merupakan salah satu anggota IKRA Indonesia sebagai representasi industri kreatif asal Banjarbaru, Kalimatan Selatan. Koleksi tas The Purun yang pertama kali dipamerkan di panggung Indonesia Syariah Economic Forum 2019 ini merupakan hasil kolaborasi antara para pengrajin Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka dengan Vivi Zubedi. Koleksi ini memadukan unsur Bohemia yang semarak dan berjiwa bebas dengan kearifan lokal Urang Banjar. Selain warna-warna cerah, ornamen bernuansa eklektik juga menguatkan tema boho chic di koleksi kali ini. The Purun Banjarbaru tercipta dengan landasan conscious fashion yang tidak hanya tampak stylish tapi juga memberdayakan manusia serta peduli keberlanjutan lingkungan.


“Sejalan dengan visi-misi IKRA, The Purun Project akan memberdayakan warga Banjarbaru, hingga menghasilkan produk yang siap bersaing di kancah nasional, bahkan global. Melalui kolaborasi inovatif bersama Vivi Zubedi, The Purun Project bertujuan meningkatkan nilai jual kerajinan lokal Banjarbaru ke tataran bergengsi. Salah satunya di Indonesia Syariah Economic Forum 2019 di bawah bendera IKRA Indonesia,” ujar Vivi Zubedi.


See also:
-- Terpesona Keindahan Les Abayas Vivi Zubedi -- The Purun, Kreasi Tas Bergaya Bohemian Kolaborasi Vivi Zubedi & Pengrajin Banjarbaru -- Makkah Madinah Jannah, Bergaung di New York Fashion Week -- Berharganya Perempuan, Pesan dalam Urang Banua Vivi Zubedi --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Koleksi Hari Raya dari Kami Idea

Koleksi Hari Raya dari Kami Idea

READ MORE
Main Collections from Ria Miranda for 2017

Main Collections from Ria Miranda for 2017

READ MORE