Sosok Wanita Penting dalam Instalasi Art-Fashion L.tru

Sebuah instalasi art-fashion ditampilkan label busana muslim L.tru dalam ajang MOCAfest 2016

Sosok Wanita Penting dalam Instalasi Art-Fashion L.tru

Sungguh mulia kedudukan wanita dalam Islam, yang dijabarkan dalam Al-Qur'an maupun melalui riwayat Nabi dan para Sahabat. Dalam Islam makna dan arti wanita paling tidak ada 3, yaitu Mar'ah, Nisa' dan Ummun. Mar'ah yang artinya cermin, sungguh wanita adalah cermin, ukuran sebuah keluarga hingga negara. Jika wanita-wanitanya soleh dan tinggi harkatnya, maka sukses dan diberkahilah negara tersebut. Nisa' atau Annisa' yang berarti ketentraman dan ketenangan. Dan Ummun, yaitu Ibu yang sedemikian dimuliakannya, bahkan 3x lebih penting, daripada ayah. 

Makna tentang seorang wanita ini juga yang menjadi pemikiran hingga melahirkan sebuah instalasi seni dan fashion, yang dipersembahkan label L.tru pada ajang seni MOCAfest awal Agustus lalu. Instalasi fashion berupa sesosok perempuan sebagai pusat, mengenakan koleksi busana L.tru yang mengeskpresikan gaya personal sang perempuan. Dengan latar susunan lembaran bidang berwarna putih dan permainan pendaran cahaya yang merepresentasikan konsep istana berlantai kaca bak air. Latar tersebut terinspirasi dari kisah ratu Bilqis yang melihat kebesaran Tuhan melalui istana Nabi Sulaiman yang megah. Indah dan mempesona, hingga kita melihat pemaknaan yang dalam melalui judul instalasi ini; VI(E)W, singkatan dari Very Important Woman dan juga bermakna wanita sebagai 'a good view'. 


Lebih lanjut, instalasi fashion ini berbicara mengenai sosok perempuan sebagai 'a good view', sebagai sosok inspirator bagi lingkungannya. Secara sunatullah, wanita juga diciptakan Allah sebagai makhluk yang indah, yang berbeda dari laki-laki. Yang membawa pada tanggungjawab dan anjuran tertentu terkait syariah. Yang kedua, judul tersebut merupakan akronim dari Very Important Woman, yaitu bagaimana sesosok perempuan memiliki kedudukan dan peran yang sangat penting. 



Dengan sesosok perempuan sebagai center instalasi fashion -yang bisa berputar 360 derajat- yang mengenakan koleksi busana L.tru yang mengekspresikan  personal style sang perempuan, antara lain pada cara memilih elemen fashion yang menjadi pelindung tubuhnya. Suatu media yang secara tidak langsung bisa mencitrakan diri perempuan dalam berbagai kesempatan kehadirannya. Pada saat perempuan dinamis berperan di dalam rumah, saat lebur di tengah suatu komunitas, ketika aktif menjadi leader dan mesin penggerak suatu urusan bisnis, hingga ketika dia teduh bermunajat pada Sang Pemilik Alam.


Instalasi ini juga secara strategis menyatakan bahwa unsur fashion bisa pula menjadi sebuah karya seni yang patut diapresiasi, mengacu bahwa seni -dalam berbagai bentuknya-, sejatinya mengasah kemampuan dan kepekaan estetika manusia, sehingga ia bisa lebih berpikir lebih jauh tentang keesaan Allah. Karya fashion pun bisa diberi sentuhan seni yang sangat menginspirasi siapapun yang melihatnya. Fashion, terutama muslim fashion mendapat panggung utamanya pada MOCAfest kali ini, meskipun penggarapannya terasa seadanya dan tidak maksimal. 

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Menuju Lebih dari 'Sekedar' Tata Busana

Menuju Lebih dari 'Sekedar' Tata Busana

READ MORE
Presentasi Edeline Lee Untuk Wanita Berhijab dalam London Fashion Week SS 2018

Presentasi Edeline Lee Untuk Wanita Berhijab dalam London Fashion Week SS 2018

READ MORE