Senarai Negeri Sakura dari Surabaya; Alphiana & Sad Indah

Senarai Negeri Sakura dari Surabaya; Alphiana & Sad Indah

Surabaya Fashion Parade 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 2-6 Mei 2018, kerjasama Tunjungan Plaza dan Indonesian Fashion Chamber, mempersembahkan karya-karya terbaru dari desainer Surabaya maupun kota-kota lainnya, yang akan menginspirasi dan menyemarakkan industri fashion terutama di wilayah Jawa Timur.

Dua desainer modest wear asal Surabaya, Alphiana Chandrajani dan Sad Indah Ambarwati merupakan dua desainer anggota IFC yang tergolong produktif menghasilkan karya dan telah menampilkan banyak koleksinya di berbagai ajang mode nasional. Keduanya kerap menampilkan desain ready-to-wear yang memiliki unsur etnik yang kental, dengan garis rancang modern.

Pada event SFP 2018 kali ini, keduanya menampilkan koleksi dengan inspirasi yang serupa, bergaya oriental dengan nuansa warna gelap, berbeda dengan gaya oriental biasanya. Alphiana berkolaborasi dengan Gajah Duduk, menggunakan material tenun dari Gajah Duduk yang dikreasikan bukan saja pada busana, tetapi juga pada aksesori berupa tas dan clucth. Alphiana bertutur tentang Zen of Life, ketenangan dalam hidup yang lazim ditampakkan dalam tradisi maupun gaya hidup dan kebiasaan orang-orang di Jepang. 

   


Filosofi Zen yang berasal dari Jepang, mengacu pada ketenangan hidup yang diperoleh dari jiwa-jiwa yang telah tercerahkan. Dalam nilai-nilai islami kita mengenal ini sebagai sikap qonaah, sikap batin yang tenang, bersyukur dan menerima apa yang telah diberikanNya. 

Alphiana menerjemahkan inspirasi ini dalam spektrum warna gelap, hitam, coklat dan abu-abu yang mengesankan ketenangan. Siluet pun banyak mengambil dari potongan kimono dan obi, ataupun jubah, yang banyak digunakan oleh para bhiksu. 

   

   

Sedangkan inspirasi arsitektur Jepang diambil dan diterapkan oleh Sad Indah pada koleksinya Castle de Osaka. Lebih detail, koleksi ini mendeskripsikan struktur kastil tradisional di Jepang, terutama yang banyak kita jumpai di Osaka yang masih dijaga dan dipelihara dengan sangat baik, hingga saat ini. Sad Indah banyak menggunakan warna merah dan hitam, dengan motif serupa dinding-dinding kastil yang geometris, diwujudkan pada kombinasi material batik, tenun dan lurik bermotif gerimis. 

Selain gaya dan siluet oriental yang sangat kental, yang menarik pada koleksi ini adalah layer atau lapisan busana yang struktural (siluet tegas pada bagian bahu, dan draperi yang juga tegas), dan perpaduan material etnik yang sangat harmonis dan diperhitungkan. Meskipun masih terasa kaku, namun koleksi Castle de Osaka mampu memberikan inspirasi gaya oriental yang unik dan berbeda. 


please login to comment.

RELATED ARTICLES

Semarak Warna Balon Udara Hannie Hananto

Semarak Warna Balon Udara Hannie Hananto

READ MORE
Makkah Madinah Jannah, Bergaung di New York Fashion Week

Makkah Madinah Jannah, Bergaung di New York Fashion Week

READ MORE