Selebrasi Fashion & Seni Burgonian dalam 'Infinito'

Selebrasi Fashion & Seni Burgonian dalam 'Infinito'

Sekolah mode merupakan salah satu pilar utama berlangsungnya regenerasi dan kelangsungan industri fashion, dengan menciptakan desainer-desainer fashion baru. Tetapi tidak hanya menjadi pencetak para desainer tersebut, sekolah mode yang baik dan berkualitas pasti juga bervisi dan bertanggung jawab untuk memastikan kualitas para lulusannya, yang pada gilirannya akan berkontribusi pula pada kemajuan dunia fashion Indonesia.

Hal tersebut juga menjadi pegangan Istituto di Moda Burgo (IMB) Indonesia, yang didirikan oleh Jenny Yohana Kansil, yang berbasis pada IMB Milan, sekolah mode terkemuka di Itali. IMB Indonesia pada tahun ini telah genap berusia 8 tahun, dan kembali meneguhkan visi Indonesia Fashion Freedom, kekuatan Indonesia di bidang fashion yang bisa mendunia. 

IMB memiliki misi untuk memberi solusi inovatif bagi sektor pendidikan fashion di Indonesia, dengan pendekatan keahlian fashion yang jelas; mengacu pada Italian craft/fashionship yang berkualitas tinggi.

Selama perjalanan 8 tahun terakhir, banyak pencapaian dan kontribusi yang dilakukan oleh IMB Indonesia. Meskipun tergolong sekolah mode yang masih muda usianya -dibanding sekolah mode lain- lulusannya -yang disebut Burgonians- beberapa kali berpartisipasi dalam gelaran fashion week di Indonesia maupun internasional, pada event-event yang bergengsi.

Di perayaan ulang tahun ke-8 ini, IMB Indonesia mengadakan sebuah persembahan yang melibatkan seluruh stakeholder, siswa, lulusan, pengajar, hingga show/artistic director yang berasal dari Burgo Milan langsung. Infinito, menjadi judul perayaan ini, angka 8 bersinonim dengan lambang infinity yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas atau tak terhingga. Tema ini menggambarkan cara menciptakan fashion di Burgo. Sebuah karya seni abadi. Keindahan yang kerap memikat manusia sejak dulu, sekarang, dan selamanya. Demikian pula visi kami untuk masa depan Burgo: INFINITO – yaitu membawa pengaruh kuat, unik, berbeda, menarik, indah dan memajukan industri fashion.

Biagio Belsito yang merupakan art director Burgo Milan menyampaikan, sebagai sebuah sekolah mode, IMB tidak hanya semata mendesain fashion. Fashion dalam filosofi Italia, merupakan passion, attitude yang selalu terdapat dalam setiap diri Burgonian. Di IMB juga dikembangkan keahlian couture, atau 'alta sartoria' dengan prinsip kesempurnaan dalam pengerjaan. "Prinsip kami, 1 mm is 1 km. Begitulah kami bersikap terhadap ketidaksempurnaan. Mistake is not to be tolerated. Everybody can make dress, but not everybody make creation", Biagio menjelaskan. 

Pada momen perayaan ini, Biagio memamerkan keahlian moulage yang mempesona. Di hadapan semua tamu, Biagio 'mengolah' 2 potong kain langsung pada tubuh model, menjadi sebuah dress yang elegan. 


Peragaan busana sebagai bagian dari event ini, menampilkan koleksi yang khusus diciptakan oleh para tenaga pengajar berpengalaman di Burgo yaitu Melanie Setiawan, Amelia Lau, Amot Syamsuri Muda and Jesslyn Santosa. Amelia Lau yang merupakan pengajar pattern making mengungkapkan, salah satu teknik pengajaran yang diadopsi dari Burgo Milan, yang diterapkan di IMB Indonesia adalah sistem one on one, pengajar langsung berhadapan dengan 1 siswa, untuk memastikan bahwa siswa tersebut benar-benar menguasai keahlian yang diajarkan. 

Yang menjadi sorotan, tentu para siswa dan lulusan yang merupakan output dari IMB Indonesia. Dalam kesempatan ini diperkenalkan 4 Burgonian Rising Stars, yaitu para murid dan lulusan pilihan Burgo yang mulai bersinar dalam dunia fashion di Indonesia lewat talenta mereka yang luar biasa Raegitazoro, Oxceloxcel, Untaian Asa dan Julianto.

   

Julianto - Raegitazoro

   

Oxceloxcel

See also:
-- Gaya Art Deco & Arsitektural New York - Sebastian Gunawan Couture 2020 -- Wastu yang Dirindu -- Semangat Mode dari Kota Lama Semarang -- Selebrasi Fashion & Seni Burgonian dalam 'Infinito' --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Semangat dan Inspirasi Fashion Dari dan Untuk Bandung

Semangat dan Inspirasi Fashion Dari dan Untuk Bandung

READ MORE
Khalif Menjawab Tren Busana Pria Indonesia

Khalif Menjawab Tren Busana Pria Indonesia

READ MORE