Saptodjodjokartiko SS 2019; An Extraordinary Fashion Presentation

Saptodjodjokartiko SS 2019; An Extraordinary Fashion Presentation

20 September 2018 menjadi hari yang istimewa bagi desainer Sapto Djojohadikartiko, yang mengadakan peragaan tunggalnya pertama kali. Peragaan ini juga menandai 10 tahun ia berkarya dalam dunia fashion design, yang telah mengusung namanya menjadi salah satu desainer terkemuka Indonesia.

Sebuah peragaan fashion yang juga istimewa -dan begitu ditunggu-tunggu- untuk fashion enthusiast, publik mode, terutama di Jakarta, karena nama Sapto telah begitu melekat dengan rancangan yang sangat estetik, memiliki kelasnya sendiri. Sapto sendiri merupakan desainer yang produktif, dengan sejumlah peragaan mode besar yang diikutinya sepanjang tahun, dan selalu mendapat apresiasi istimewa atas koleksinya. 

Sapto seolah memiliki kharisma dan magnet tersendiri, yang membuatnya sangat distinctive diantara desainer lainnya. Ini juga tidak terlepas dari persona pribadinya yang sangat low profile, tidak ingin tampak menonjol, dan selalu muncul dengan tampilan yang biasa saja, jauh dari kesan rapi, dapper atau dandy

There's something magical in his design, it's almost impossible to resist. Ciri khas rancangannya sangat estetis, delicate & subtle, feminin dalam rasa namun berpotongan kontemporer, kaya dengan detail yang sangat halus. 


Peragaan tunggal seorang Sapto Djojohadikartiko, seperti ekspektasi banyak orang, benar-benar merupakan sebuah show yang istimewa, berbeda, dan menjadi talk of the town bahkan sampai saat ini. 

Istora Senayan dipilih sebagai venue show, dan diselenggarakan pada pagi hari, pukul 09.30. What an extraordinary choices! Sapto benar-benar membuat gebrakan disini, yang rasanya belum pernah dilakukan oleh desainer lainnya. Tentang pemilihan venue ini, ada momentum yang tepat, dan pilihan sang desainer yang memang mengerti betul apa yang ia inginkan. Istora Senayan merupakan sebuah venue di dalam kompleks Gelora Bung Karno, yang kini telah direnovasi menyambut Asian Games 2018 yang baru saja berlalu. Istora sendiri bukan venue spesifik untuk olahraga, dan biasa digunakan untuk berbagai macam event.

Sapto mendapati bahwa Istora Senayan memancarkan sisi melankolis yang unik dan merupakan sebuah simbol modernisasasi yang cukup signifikan - terlebih setelah terwujudnya perbaikan gedung dan berbagai acara dalam skala besar yang berlangsung di tempat ini. Peragaan dilakukan di satu sisi koridor gedung Istora yang semi outdoor dengan latar belakang gedung pencakar langit dan ragam tanaman hijau. Fasad koridor ini sendiri sangat unik, dengan biku-biku pada dinding atas bercat putih, sehingga terlihat sangat futuristik dan menjadi latar belakang yang sempurna untuk fashion show. Sebuah kombinasi yang menggambarkan dualitas unik yang menggabungkan masa depan dan masa lalu. 

Dan untuk mendapatkan momen yang optimal di venue ini, acara diselenggarakan pada pagi hari dimana matahari masih memancarkan cahaya pagi, dan belum beranjak siang. Fashion show dimulai hanya beberapa menit setelah pukul 10.00, begitu efektif dan on-time. Sungguh berbeda dengan perhelatan fashion lainnya yang selalu molor dari waktu yang ditentukan. 


Koleksi

Sapto menyuguhkan koleksi Saptodjojokartiko -nama label yang sama dengan nama sang desainer- Spring/Summer 2019 untuk wanita dan pria, dengan menonjolkan gaya street style untuk beberapa look, pendekatan yang sedikit berbeda dengan apa yang ditampilkannya selama ini. Melalui koleksi ini, ia menyakatan akan lebih berkonsentrasi pada label ready-to-wear, untuk bisa memenuhi keinginan konsumen yang lebih luas.

  

Elemen-elemen street style tampak dalam kacamata yang unik dan typografi 'saptodjojokartiko'

Dalam kesempatan ini, Saptodjojokartiko bercerita dengan menggambarkan sebuah evolusi budaya dan peradaban manusia yang terus berkembang pesat bersamaan dengan tumbuhnya apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan warisan sejarah. Di antara banyak contoh fenomena evolusi, fenomena Artificial Intelligence (AI) kerap diperbincangkan dan kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. AI tidak hanya dimanfaatkan untuk mengambil alih aspek teknis industri kebanyakan; namun ia memfasilitasi jalannya aktifitas sehari-hari manusia di era modern seperti saat ini.

Saptodjojokartiko menerjemahkan perubahan dramatis ini dan merefleksikannya ke dalam desain, motif dan hiasan dengan daya tarik moderen dan unsur street syle. Pola-pola yang indah tersebut terinspirasi dari unsur-unsur arsitektur, kerajinan, robot dan kehidupan manusia pada umumnya. Koleksi ini turut menggambarkan baik perjalanan medernisasi (era teknologi) serta sisi organik dan historis umat manusia. Di sisi lain, koleksi S/S 19 tersebut juga menyampaikan sebuah kritik terbuka. Koleksi ini mempertanyakan tentang bagaimana kita akan bertahan hidup di masa mendatang ketika artificial intelligence sudah dapat dipahami dan mengendalikan dunia manusia. 

 


Sang desainer menjelaskan, "Koleksi ini menyajikan palet warna arctic, dingin dan kontemporer yang meliputi warna frost, oyster, marble, quill, spruce, seafoam, clay dan sentuhan warna hitam. Saya juga menggunakan sedikit unsur warna-warna seperti clematis, limoges, sage dan cayenne di line-up koleksi ini. Melalui koleksi S/S 19 ini, saya berharap untuk menceritakan bagaimana roda kerap berputar di kehidupan kita sehari-hari. Adanya perubahan dan evolusi zaman sangat mepengaruhi cara kita bertahan hidup di era modern yang kian berkembang.”

Peragaan tunggal Sapto Djojokartiko bisa dibilang merupakan sebuah standar baru dalam fashion Indonesia, dalam banyak aspeknya. Penyelenggaraan yang begitu mulus dan efektif, show ini membuktikan bahwa acara yang besar pun bisa dimulai tepat waktu, dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Perhatian pada seluruh detail fashion show, dengan sentuhan personal mulai dari refreshment area, souvenir, dan alur masuk dan keluar pengunjung. Ini hanya sebagian kecil dari seluruh detail event. 

Selain itu, koleksi yang begitu indah dengan alur presentasi para model di sepanjang perhelatan membawa para penonton benar-benar terpaku menikmati 'pemandangan' hingga akhir acara. Kombinasi yang sangat luar biasa dihadirkan melalui parade busana berkelas, lanskap yang begitu mengagumkan dan suasana pagi yang hangat. Sungguh sebuah momen yang tidak mudah untuk dilupakan. 


 

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Act Like a Lady, Dress Like a Lady

Act Like a Lady, Dress Like a Lady

READ MORE
Melihat Padu Padan Pilihan L.tru x Fenita Arie

Melihat Padu Padan Pilihan L.tru x Fenita Arie

READ MORE