Padu Padan ala Librarian dari Up2date Plus

Padu Padan ala Librarian dari Up2date Plus

Jakarta Modest Fashion Week 2018 menjadi debut peragaan fashion bagi label fashion milik Irna Mutiara, Up2date Plus. Brand ini sendiri belum lama meramaikan pasar busana muslim, hasil dari proses penyegaran (rebranding) label fashion sebelumnya. Up2date Plus kini ditangani oleh Reyna Hanifa, putri dari Irna Mutiara yang juga menekuni bidang desain.

Sejak awal, Up2date Plus memang ditujukan untuk menyediakan koleksi busana muslim untuk anak muda, dengan karakternya yang jelas; casual, comfort dan dinamis. Lebih jauh, garis desainnya tidak konvensional, dan sedikit mengambil dan memanfaatkan struktur pola anak-anak, seperti playsuit/dungaree, babydoll, dan pola-pola menggembung. Up2date Plus juga selalu bermain dengan sentuhan warna-warni, dengan kombinasi yang sangat diperhitungkan. 

Di panggung JMFW 2018 Up2date Plus menyajikan koleksi 'Librarian', sebuah genre atau tema yang sebenarnya selalu ada dari waktu ke waktu, menjadi 'image' yang tertanam di benak ketika mendengar kata tersebut; sosok nerd atau kutubuku yang berkacamata dengan frame tebal klasik, bergaya konvensional, old school dan tidak trendi, dan seringkali canggung (awkward)

Potret seorang librarian atau pustakawan -yang ironinya, makin tergerus dengan dunia internet dan digital yang melekat pada semua manusia jaman now- memang mudah tertangkap di benak kita. Namun, sang desainer tentu tidak mudah untuk menjabarkannya dan mem-break down gaya tersebut menjadi banyak potongan busana yang disusun menjadi sekian look yang berbeda. 

    

       

   

Librarian yang dihidupkan pada koleksi dengan warna-warna tegas dan berani seperti merah, biru dan hijau ini mendefinisikan generasi milenial yang senang dengan tantangan. Dengan beberapa motif tartan Skotlandia yang dominan, berbahan katun dengan siluet A-line oversized membuat penggunanya merasa nyaman dan leluasa dalam beraktivitas. 

Bukan Irna Mutiara jika tidak menampilkan kebaruan dalam setiap shownya. Aksen-aksen yang eye-catching seperti shawl dekoratif berbentuk pensil dan luaran tartan oversized menghias beberapa look. Koleksi ini konsisten dengan konsep casual mix n match yang beberapa waktu ini sudah mulai ditinggalkan oleh para desainer lainnya di runway. Kejelian memadukan beberapa warna dari hijab, atasan, luaran, bawahan, dan aksesori, menjadi inspirasi bagi hijabers untuk kembali berani bereksperimen dengan warna. 

Reyna Hanifa & Irna Mutiara



(images: Up2date Plus & Ade Oyot)



Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

The More Hannie Hananto, The Merrier

The More Hannie Hananto, The Merrier

READ MORE
Bagai Dua Lautan yang Mengalir Berdampingan

Bagai Dua Lautan yang Mengalir Berdampingan

READ MORE