Mulai 'Beauty Habit' yang Peduli Lingkungan & Bumi

Kebiasaan kita dalam merawat kecantikan, menghasilkan sampah plastik yang luar biasa banyak. Mulai langkah-langkah nyata ini, buktikan bahwa kita peduli lingkungan dan sayangi bumi.

Mulai 'Beauty Habit' yang Peduli Lingkungan & Bumi

Kondisi lingkungan semakin hari semakin memprihatinkan. Tidak hanya tumpukan sampah menumpuk di jalan yang memperkeruh kondisi kota, lautan biru yang penuh akan biota laut sekarang penuh dengan sampah-sampah yang dari hari ke hari menggantikan posisi ikan di laut. Manusia tiada jemu mencemari rumah satu-satunya.

Kehadiran plastik sebagai bahan utama penyebab pencemaran lingkungan memang sangat sulit dihindari. Mulai pagi sampai dengan kita terlelap, plastik, terutama dalam bentuk kemasan sekali pakai, kerap menemani kita sehari-hari. Sikat gigi, tisu berkemasan plastic, kotak susu yang menemani sarapan kita, kemasan skin care, sisir, dan benda-benda kebutuhan sehari-hari dikemas dengan plastik. Dengan lingkungan yang telah terbentuk seperti ini, seperti apapun bentuk gaya hidup kita, keberadaan benda yang butuh berabad-abad lamanya untuk terurai ini hampir mustahil untuk kita hindari.

Plastik sekali pakai adalah bentuk pencemaran yang paling sering kita temui, akan tetapi perjalanan pembentukan plastik dan bahan-bahan lainnya sering kali kita lupakan atau kita tidak sadari. Jejak karbon (emisi CO2) dari pembentukan plastik (LDPE atau PET, polyethylene) adalah sebesar kurang lebih 6 kilogram perkilo plastik. Bayangkan, berapa banyak jejak karbon yang dihasilkan sehari dari beberapa ratus ton plastik?

Untungnya, kehadiran media sosial membantu penyebaran kesadaran akan pencemaran yang telah terjadi. Kemudahan akses internet memberikan masyarakat kemudahan pula dalam mencari pengetahuan akan kondisi lingkungan yang terjadi. Melalui internet dan media sosial tersebut, para perusahaan-perusahaan besar, komunitas-komunitas peduli lingkungan, para selebritis dan influencer yang tersadar akan bencana yang dibuat manusia menyebarkan gerakan-gerakan peduli lingkungan kepada masyarakat.

Bertambahnya kesadaran masyarakat akan pencemaran lingkungan membuat masyarakat lebih berhati-hati dan berpikir lebih jauh setiap membeli produk kebutuhan sehari-hari. Ketika berbelanja, masyarakat mulai membeli makanan tanpa kemasan plastik dan kantong plastik sekali pakai. Begitu pula ketika membeli produk-produk kecantikan, masyarakat mulai kembali menggunakan bahan-bahan tradisional atau membeli produk-produk dari brand yang peduli lingkungan.

Kebutuhan konsumen yang berubah menjadi peduli akan lingkungan memaksa brand dalam mengubah pola produksi dan produknya. Para perusahaan ini secara perlahan mulai memperhatikan jejak emisi dan karbon yang mereka produksi. Hal ini berlanjut sampai dengan kandungan-kandungan dalam produk dan kemasan produk.


Unilever melihat hal ini sebagai kesempatan untuk memberikan para konsumen lebih banyak pilihan dalam menggunakan produk ramah lingkungan. Love Beauty and Planet pertama kali merilis produk kecantikan di Amerika Serikat pada 2018 lalu dan secara perdana merilis di Indonesia pertengahan Juli 2019 ini. Brand kosmetik ini berangkat dengan misi peduli lingkungan. Love Beauty and Planet memperhatikan setiap detail dari produksi, kandungan, sampai kemasan agar tidak mencemari lingkungan.

Dengan kampanye #smallactoflove, Unilever mengeluarkan brand dalam rangka mewujudkan strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP), untuk terus menumbuhkan bisnis yang berkelanjutan seraya mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari kegiatan operasionalnya, serta meningkatkan manfaat sosial bagi konsumen.

#Smallactsoflove adalah bagaimana langkah terkecil kita dapat menghasilkan impact yang besar pada kemudian hari bagi lingkungan. Hal ini juga diwujudkan dengan prinsip Five Labours of Love, yaitu berupa kemasan produk Love Beauty and Planet terbuat dari 100% recycled plastics, bersertifikasi vegan dan cruelty free, keharuman yang bersumber alami dan bersertifikasi, serta secara perlahan mengurangi jejak emisi karbon.

Kampanye #smallactsoflove sesuai dengan gaya hidup kita yang sudah sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Ini bermakna bagaimana kita melakukan hal terkecil setiap hari yang dapat memberikan impact baik bagi masa depan. Hal ini dapat teralisasikan dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan sehingga kita dapat terus menjalani kehidupan sehari-hari tanpa memberikan dampak buruk bagi dunia.

Looking good by doing good, kita dapat menjaga penampilan sembari melakukan hal-hal baik, seperti menjaga lingkungan. Produk kecantikan yang ramah lingkungan masih sangat sulit dijangkau dewasa ini sehingga kita mau tidak mau masih harus menggunakan plastk sekali pakai atau produk dengan komposisi yang tidak ramah lingkungan. Kehadiran Love Beauty and Planet di Indonesia memberikan kita lebh banyak pilihan untuk menjaga lingkungan sambil tampil cantik.

Kemasannya yang 100% terbuat dari plastik yang telah didaur ulang menjadikan kita sebagai konsumen yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Kita juga dapat menaruh kemasan produk kecantikan Love Beauty and Planet dan merek lainnya di recycle bin cantik yang dapat ditemukan di Ranch Market terdekat. Dengan menaruh kemasan bekas produk kecantikan yang telah dibersihan terlebih dahulu, kita juga turut serta secara langsung berkontribusi dalam proses mendaur ulang kemasan sekali pakai.

Tampil cantik dan segar tanpa merusak lingkungan adalah cita-cita kita. Kita dapat tetap beraroma segar sambil terus membuat lingkungan terjaga keasriannya. Kehadiran Love Beauty and Planet dari Unilever memudahkan kita untuk mencapai cita-cita tersebut. Akan tetapi, kita juga harus terus berusaha dengan berbagai cara demi menjaga lingkungan kita tercinta.

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

6 Make Up Look Inspirasi 6 Kota Besar dengan Rangkaian Wardah Instaperfect

6 Make Up Look Inspirasi 6 Kota Besar dengan Rangkaian Wardah Instaperfect

6 look make up ini dipresentasikan pada fashion show The Unstoppable You dengan 6 desainer & brand.

READ MORE
Sekali Lagi Tentang Micellar Water

Sekali Lagi Tentang Micellar Water

Micellar water kini semakin populer sebagai pembersih wajah. Temukan lebih lanjut bagaimana pembersih/make up remover ini bisa membersihkan wajah dengan lembut, dan efektif.

READ MORE