Modest, Streetwear & Rebel dalam DNA Rani Hatta

Modest, Streetwear & Rebel dalam DNA Rani Hatta

Rani Hatta sejak awal berkarir sebagai desainer dan mengeluarkan koleksi siap pakai telah mencuri perhatian pasar hijabers dengan karakternya yang kuat; jahitan yang rapih -sehingga total looknya pun sangat sleek dan rapih-, pilihan warna yang selalu monokrom -hitam, putih, abu-abu-, dan sentuhan maskulin.

Sejak 2 tahun terakhir, setelah terpilih sebagai desainer Indonesia Fashion Forward (IFF) -program pengembangan kapasitas dari JFW- gaya rancangannya mulai menemukan bentuk yang lebih kuat. Siluet longgar dan lurus, struktural, dengan material yang cenderung tebal seperti wool. Tampilan yang modern dengan memasukkan unsur-unsur maskulin, bahkan busana unisex yang bisa dipakai laki-laki maupun perempuan.

Cutting yang sleek dan polos dalam warna monokrom tersebut mendapat sentuhan seperti logam (seperti yang ditampilkan pada Jakarta Fashion Week 2017 tahun lalu), dan  tidak lama setelahnya outerwear Rani Hatta ini menjadi populer dan tampak wara-wiri di media sosial instagram dan lainnya. 



Nama Rani Hatta semakin melambung dan menjadi salah satu desainer yang karyanya selalu antusias diantisipasi. Bukan saja oleh wanita berhijab, tetapi pecinta fashion lainnya. Pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 yang baru saja berlalu, Rani Hatta bahkan mengisi 3 slot fashion show: IFF, L'Oréal Professionnel  IT looks dan show pamungkas yang paling bergengsi, Dewi Fashion Knight.

Dalam peragaan koleksinya sebagai desainer IFF, Rani mengeluarkan koleksi SS2018 Vol 1: Detention Room. Tak perlu menyiratkan lebih jauh, sebuah video yang menceritakan tentang sekelompok anak sekolah (highschool) yang mendapat detensi di sebuah ruangan karena kenakalannya, menjadi pembuka presentasinya. 

Inspirasinya ternyata berasal dari sebuah video game, Bully by Rockstar Games (2006), yang menggambarkan kondisi sebuah sekolah akademi yang banyak diisi oleh anak nakal yang suka melakukan bully. Elemen-elemen dalam koleksi ini pun mengacu pada visual games tersebut, baseball stick, skateboard, dan seragam kotak-kotak.

Pada shownya di JFW 2018 ini, Rani memasukkan lebih banyak lagi model pria dengan dengan koleksi baju pria, karena Rani mengaku bahwa karakter desainnya sangat aplicable untuk busana pria. Selain itu, Rani juga menampilkan beberapa model wanita yang tidak menggunakan hijab, sesuatu yang baru dilakukannya kali ini. Meskipun demikian, ia mengaku tetap pada karakternya yang modest (tertutup). 

  

  

Structured outerwear, vest, oversized shirt, sweater dan midi skirt dalam warna monokrom masih dominan dalam koleksinya. Kali ini, Rani memadupadankan dengan motif pleats yang menggambarkan seragam sekolah, dengan styling yang disesuaikan dengan tema, un-tucked shirt, dasi yang tidak terpasang. Memasukkan unsur rebel dan streetwear yang menurutnya adalah DNA Rani Hatta. 

Namun, dengan semua hal tersebut rasanya koleksi ini masih terasa banyak kemiripan dengan koleksinya tahun lalu, masih terlihat garis-garis busana yang sama, hanya penambahan ornamen dan aksesori di sana sini. Rani juga tidak melakukan pembaruan pada pilihan headwear, berupa inner hijab dan basebal cap. Tampilan yang modern, memang, tapi berpotensi menjadi look yang monoton. 

Terlepas dari itu, Rani juga memasukkan elemen desain yang menyegarkan tampilan dan sangat berpotensi menjadi tren dominan; hadirnya sabuk-sabuk panjang berwarna cerah dan bold, dengan satu sisi belt yang menjuntai ke bawah. Tren yang telah dibawa oleh beberapa ritel fashion internasional pada musim ini, tetapi sangat berpotensi menjadi besar setelah JFW ini. 

Belum banyak, bahkan bisa dikatakan belum ada desainer/brand  Indonesia yang benar-benar menggarap segmen modest streetwear dengan baik, semoga Rani Hatta bisa makin memperkuat brand-nya di posisi ini, dan bisa bersaing dengan ritel fashion internasional yang juga membawa gaya street style

  

  


(foto-foto: Jakarta Fashion Week)

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Tawaran dan Energi Baru Anggia Mawardi

Tawaran dan Energi Baru Anggia Mawardi

READ MORE
Wardah dan 4 Desainer Tampilkan Wajah Terbaik Modest Fashion Indonesia

Wardah dan 4 Desainer Tampilkan Wajah Terbaik Modest Fashion Indonesia

READ MORE