Mindful Process and Mindful Shopping with Fashion Habitat

Mindful shopping yang lekat dengan sustainable fashion, intinya mengajak kita semua untuk benar-benar memikirkan produk yang kita beli, dan belajar untuk mengetahui lebih dalam alur produksinya.

Kini, alam dan manusia tidak sedekat dahulu. Manusia terus mengeruk tanah demi memuaskan perutnya. Udara, air, tanah, tercemar untuk membuat gulungan kain yang indah. Bahkan, sering kali, hewan meregang nyawa demi gengsi manusia.

Manusia yang pada dasarnya menggunakan bahan alam hanya demi memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, seiring cepatnya perkembangan teknologi ditambah manusia dengan sifat dasarnya yang menyukai hal praktis dan cepat alam turut dikorbankan. Alam yang mulai kehilangan suaranya, kini menyerah dan merugikan manusia itu sendiri.

Keserakahan manusia meningkat seiring penurunan populasi satwa endemik Indonesia. Badak Jawa yang gagah hanya terdapat sekitar 50 ekor. Harimau Sumatra dieksekusi demi kulitnya yang indah hingga tersisa 600 ekor. Hiu Paus, yang berkorban demi gengsi manusia dan didukung dengan mitos akan kehebatannya dalam obat penyembuhan, kini hanya tersisa kurang dari 50 ekor.

Tidak hanya hewan, habitat para satwa juga ikut berkorban demi pemenuhan nafsu manusia. Tanah kita yang subur kini tertutup beton dan mengandung zat-zat berbahaya. Air kita yang jernih kini mengalir dengan busa, minyak, dan limbah-limbah berbau busuk di atasnya. Udara kita yang kaya akan oksigen sekarang kaya akan karbon dioksida hingga keindahan kota tak tampak dan tak bisa dinikmati.


Keprihatinan atas kondisi alam kita menimbulkan inspirasi untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat, tentang bagaimana kita bisa berperan untuk kebaikan alam. Dalam dunia fashion, para desainer memang dituntut untuk selalu menciptakan koleksi baru, demikian pula para peritel yang selalu hadir dengan fast fashion, perputaran koleksi baru yang sangat cepat, yang pada hilirnya menimbulkan masalah lingkungan seperti limbah fashion yang makin lama makin banyak dan membenani bumi dan semua ekosistem di dalamnya.

Konsep mindful shopping digalakkan untuk meng-counter dampak negatif industri fashion terhadap lingkungan. Merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya pelaku fahsion, tetapi juga penikmat dan konsumen fashion, untuk secara benar-benar mempertimbangkan dan membuat pilihan atas apa yang dibelinya. Who made my clothes, memahami daur produksi dari produk fashion, sebisa mungkin memilih produk yang bisa berkontribusi terhadap daya dukung bumi yang berkelanjutan. 

Fashion Habitat

Dukungan dan kesadaran ini ditunjukkan oleh FashionLink x #BLCKVNUE yang digagas Jakarta Fashion Week (JFW), dengan menggelar program Fashion Habitat pada tahun ini. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi produk fashion, dan juga menggalang donasi untuk melestarikan satwa langka endemik Indonesia.

Fashionlink x #BLCKVNUE bersama Savana Furniture dan WWF Indonesia menyajikan pameran instalasi untuk menyadarkan dan meningkatkan tingkat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap satwa langka. Instalasi didesain dan dikreasikan oleh Hendro Dinata berbentuk Hiu Paus, Badak Jawa, dan Harimau Sumatra. Dengan kehadiran instalasi yang dibentuk dengan bahan-bahan ramah lingkungan, diharapkan masyarakat teringat akan ancaman punahnya hewan khas Indonesia.


Dalam ruangan sebesar 738 meter persegi, Fashiolink x #BLCKVNUE menyajikan pakaian-pakaian brand lokal yang hadir di Senayan City lantai 2. Keistimewaan pakaian yang dipajang adalah produksinya yang ramah lingkungan dan tidak memberikan dampak buruk bagi lahan sekitar. Selain itu, setiap transaksi akan JFW akan mendonasikan sebanyak Rp 20.000,00 kepada WWF Indonesia. 

Donasi yang terkumpul berfokus terhadap konservasi dan pelestarian satwa langka Badak Jawa, Harimau Sumatra, dan Hiu Paus. Melalui Fashion Habitat, pelaku industri kreatif dan para konsumen berkontribusi secara langsung dalam keberlanjutan keragaman hayati di Indonesia.

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Bukan 'Baju Lebaran', Koleksi Desainer yang Baru Rilis di Bulan Ramadhan ini

Bukan 'Baju Lebaran', Koleksi Desainer yang Baru Rilis di Bulan Ramadhan ini

READ MORE
Pengalaman Tak Terlupakan di Indonesia Hijab Fest 2019

Pengalaman Tak Terlupakan di Indonesia Hijab Fest 2019

Ingin memberi lebih dari sekedar festival dan event fashion hijab, Indonesia Hijab Fest yang tetap kuat di Bandung kembali terselenggara, lebih besar dan tak terlupakan.

READ MORE