Miarosa; Wujudkan Gaun Pengantin Impian Muslimah

Miarosa; Wujudkan Gaun Pengantin Impian Muslimah

17 sosok perempuan yang berpose anggun dalam balutan gaun pengantin khas Indonesia berwarna-warni mayoritas pastel -dan semuanya mengenakan hijab- terekam dalam latar acara peluncuran dan syukuran Miarosa 17th Reborn, awal Januari lalu. Gambar tersebut seolah mengukuhkan image Miarosa kini, sebagai Sanggar Rias & Busana khusus HIjab

Miarosa bukan nama baru dalam dunia rias dan busana pengantin di Jakarta. Didirikan sejak tahun 2000, Miarosa yang memulai usahanya dari rumah, telah menuai popularitas dan menjadi jaminan mutu dan kualitas bagi mereka yang mencari jasa rias pengantin. Nama Miarosa telah dikenal dan dipercaya oleh banyak wedding organizer dan rekanan lainnya, karena hasil makeup dan busana yang selalu memuaskan bagi (calon) pengantin dan keluarganya.

Seiring banyaknya muslimah yang mengenakan hijab, maka permintaan terhadap gaun atau kebaya pengantin hijab semakin lama semakin banyak. Pada tahun 2013, hampir 80% pengantin Miarosa mengenakan hijab, dan bahkan di tahun 2015 90% calon pengantin yang datang adalah muslimah berhijab. Awalnya tim Miarosa melakukan riset dan mencoba secara otodidak untuk menciptakan kreasi hijab pengantin, kini keahlian tersebut telah menjadi spesialisasi Miarosa yang memiliki sekitar 10 makeup artist dan hijab stylist. "Berdasarkan pengalaman para pengantin yang ditangani oleh Miarosa, mereka mengatakan bahwa make up dan hijab style dari Miarosa selalu pas dan up to date," tutur Samia Nahdi, founder Miarosa.


Selama ini Miarosa menerima dan menangani busana dan rias pengantin dengan berbagai tema, baik tradisional maupun nasional. Kini dengan dinamika usaha serta keyakinan Samia Nahdi, Miarosa memantapkan diri menjadi sanggar rias dan busana khusus hijab.

Artinya, Miarosa hanya akan menyediakan busana pesta dan pengantin muslimah berhijab, dan hanya menerima klien pengantin dengan hijab. Ini otomatis berimplikasi pada beberapa hal, seperti paket busana dan rias pengantin yang kini hanya mencakup pada pengantin, orangtua pengantin dan penerima tamu (tidak bisa lagi menangani hingga keluarga lainnya dan among tamu).

Tetapi tentu saja ini akan dilakukan secara bertahap. "Kami tetap akan menerima semua calon klien yang datang ke Miarosa, dan apabila permintaannya memang tidak mengenakan hijab, maka kami memiliki beberapa partner dan rekan sanggar, makeup artist yang sangat kami rekomendasikan dengan kualitas yang bisa diandalkan," sambung Samia.


Gaun Pengantin Muslimah

Samia sang pemilik Miarosa juga menjadi desainer yang menciptakan banyak kreasi busana pengantin, dari busana pengantin tradisional, kebaya hingga gaun pengantin yang lebih bergaya klasik. Calon pengantin yang ingin mengenakan busana tradisional tetap terlihat cantik dan ‘beda’ walaupun menggunakan hijab. Kemewahan pun terpancar dari aksesoris tradisional yang digunakan tanpa meninggalkan pakem-pakem yang ada dalam tiap adat yang digunakan.

Untuk para calon pengantin yang tidak ingin menggunakan busana tradisional, Miarosa juga menghadirkan koleksi berupa kebaya dan gaun dengan warna-warna feminin, seperti putih, off white, pink, biru muda, gold, ungu muda, merah, hijau, biru, hitam dan beberapa warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan calon pengantin. Samia selalu menampilkan garis desain kebaya nasional maupun gaun yang mempunyai ciri khas kerah shanghai atau kerah dengan desain  tinggi yang menutupi leher. 

“Ini merupakan salah satu ciri khas desain Miarosa, sehingga saya memutuskan untuk Hijrah dan mengeksplorasi  lagi gaya make up artist dan jilbab style di Miarosa sehingga selalu menghadirkan gaya baru untuk  pengantin Hijab,” ujar Samia menambahkan.

Pada acara Reborn 17 tahun Miarosa ini juga ditampikan mini fashion show yang menghadirkan koleksi busana pengantin terbaru Miarosa, dengan 5 gaya busana pengantin nusantara; Sunda, Minang, Makassar, Palembang, Betawi, dan 3 gaya pengantin hijab nasional. 




 

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Menuju Lebih dari 'Sekedar' Tata Busana

Menuju Lebih dari 'Sekedar' Tata Busana

READ MORE
Menentukan Personal Style, Seperti Apa?

Menentukan Personal Style, Seperti Apa?

READ MORE