Menuju Muslim Fashion Festival 2020

Menuju Muslim Fashion Festival 2020

Bagaimana posisi Indonesia saat ini dalam lintasan menjadi kiblat fashion muslim dunia? Berdasarkan The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019, Indonesia merupakan runner up negara pengembang fashion muslim terbaik kedua setelah Uni Emirat Arab. Konsumsi fashion muslim Indonesia juga meningkat senilai US$ 20 milyar dengan laju pertumbuhan 18,2% pertahun. Diimbangi dengan produktifnya desainer-desainer fashion muslim tanah air yang telah menunjukan potensinya di panggung global seperti New York Fashion Week, International London Fashion Week, dan Melbourne Fashion Festival. Respon positif pembeli international juga terkonfirmasi dalam beberapa perhelatan internasional, seperti yang dilakukan oleh Indonesian Fashion Chamber yang tahun lalu sukses menggelar show bertajuk “La Mode” Sur La Siene á Paris dan akan digelar kembali pada tahun ini.

Positifnya perkembangan industri fashion muslim di Indonesia membuat Indonesian Fashion Chamber kembali menyelenggarakan Mushion Fashion Festival 2020 (MUFFEST) yang akan diselenggarakan pada 20—23 Februari 2020 di Jakarta Convention Centre. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, mengungapkan optimismenya bahwa Indonesia siap menjadi pusat fashion muslim dunia pada 2020 dan didukung oleh pemerintah. Launching MUFFEST 2020 diadakan di Stadion Akuatik, Komplek Gelora Bung Karno pada 30 Agustus 2019 lalu dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, komunitas, sponsor, desainer dan para pelaku usaha busana muslim.

MUFFEST merupakan ajang fashion yang mempertemukan para pelaku industri busana muslim tanah air, baik yang telah bernama besar maupun pelaku usaha kecil dan menengah. Kehadiran MUFFEST diharapkan menjadi langkah besar dan nyata untuk memajukan ekonomi dan potensi fashion muslim dan dapat memajukan industri fashion muslim. Pagelaran ini juga diharapkan dapat mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

“MUFFEST diarahkan sebagai muara dari perkembangan terkini industri fashion muslim Indonesia, yang meliputi segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi, maupun tren. Perhelatan ini sebagai upaya memperluas akses dan meningkatkan kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar dapat menguasai pasar lokal sekaligus mampu bersaing di pasar global. Pada akhirnya dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat belanja, produksi, dan barometer tren fashion muslim global” papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber.

parade koleksi desainer pada konferensi pers MUFFEST 2020

MUFFEST 2020 akan kembali menghadirkan exhibition (pameran dagang) dengan konsep retail atau B2C (Business to Customer) yang mengarahkan pada B2B (Business to Business). Dalam menunjang pameran, MUFFEST 2020 akan digelar fashion show yang menampilkan karya-karya dari desainer busana muslim tanah air di area Plenary Hall, Main Lobby, dan Cendrawasih di Jakarta Convention Center. Pada MUFFEST 2020, juga akan kembali digelar talkshow, fashion presentation, serta kompetisi Next Face MUFFEST, dan Modest Young Designer Competition (MYDC) untuk menjaring talenta berbakat sebagai generasi penerus dalam industri fashion muslim di tanah air.

Kesuksesan MUFFEST 2019 didiukung oleh para sponsor, diantaranya dari Tokopedia, Wardah, Elzatta, Asia Pacific Rayon, dan UBS Gold yang sangat antusias mendorong industri fashion muslim di tanah air terus bertumbuh. Acara Launching MUFFEST 2020 akan ditutup dengan menampilkan trunk show yang menampilkan koleksi dari para desainer yang akan berpartisipasi di MUFFEST 2020. Sejumlah desainer yang akan menampilkan karyanya adalah Adi Barlan, Deden Siswanto, ETU, Hannie Hananto, Irma Intan, Irna Mutiara, KAMI, Lisa Fitria, Monika Jufry, Nuniek Mawardi, dan Rosie Rahmadi.

Be stylish, modest, and support Indonesia’s Moslem Fashion with Muslim Fashion Festival 2020!

See also:
-- Paragon Innovation Summit, from Product Branding to Corporate Branding -- Saptodjodjokartiko SS 2019; An Extraordinary Fashion Presentation -- JMFW 2018, Mendatangkan 'Dunia' ke Lanskap Modest Fashion Indonesia -- Melihat Pesta Seni Berpadu Lifestyle dalam Art Jakarta 2017 --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Hello, L.tru Menyapa Dengan Koleksi yang Segar dan Berwarna

Hello, L.tru Menyapa Dengan Koleksi yang Segar dan Berwarna

READ MORE
riamiranda on Muffest 2016; Challenging Its Comfort Zone

riamiranda on Muffest 2016; Challenging Its Comfort Zone

READ MORE