Menguak Informasi DNA Diri Sendiri untuk Kesehatan dan Kualitas Hidup Lebih Baik

Teknologi DNA kini hadir; simpel, mudah, murah. Rugi bila kita tak manfaatkan life-changing-technology yang satu ini!

Menguak Informasi DNA Diri Sendiri untuk Kesehatan dan Kualitas Hidup Lebih Baik

Sebagai manusia, sejak dalam konsepsi (sebelum lahir) kita telah memiliki 'kode spesifik' yang menjadi penentu segala hal dalam diri kita; bentuk dan rupa fisik (lahir) dari ujung rambut hingga ujung kaki, di dalam tubuh maupun di permukaan kulit, potensi kesehatan dan penyakit, dan semua menyangkut tubuh kita. Kita mengetahui betul bahwa 'identitas' kita ditentukan oleh kode tersebut, yaitu DNA. Namun, ternyata selama ini kita belum pernah tahu, apa saja isi informasi DNA kita masing-masing, selain warna kulit, jenis rambut dll yang hanya merupakan penampakan permukaan tubuh kita.

Ini karena selama ini kita berasumsi bahwa tes DNA merupakan hal yang rumit, teknologi tingkat tinggi yang memerlukan biaya sangat besar, sehingga bukan untuk semua orang. Bahkan yang lebih populer, mendengar istilah 'tes DNA', yang langsung terasosiasi adalah tes untuk mengetahui ayah atau anak kandung/biologis seseorang. 

Padahal, ada banyak sekali fakta-fakta dan informasi menarik yang bisa diketahui melalui DNA kita. Susunan deret DNA masing-masing individu berbeda, hal ini membuat kita semua unik dan berbeda satu dengan yang lain (maha besar Allah SWT yang menciptakan keajaiban luar biasa ini). Kecuali Anda memiliki saudara kembar identik, tidak akan ada orang lain yang mirip dan serupa dengan Anda. 

Berkat teknologi yang semakin berkembang, kini kita bisa melihat dan merasakan kemajuan teknologi yang signifikan, dalam bidang biologi molekular ini. Genetics Indonesia merupakan perusahaan start-up asli Indonesia yang bergerak dalam pengembangan teknologi DNA untuk kesehatan klinis dan wellness, yang kini meluncurkan sebuah layanan DNAku

peluncuran layanan DNAku

DNAku merupakan sebuah layanan revolusioner; tes DNA yang tadinya hanya dapat disediakan secara khusus di rumah sakit, atau klinik tertentu dengan biaya yang sangat mahal, kini menjadi layanan yang bisa dijangkau semua orang secara mudah, sederhana, cepat dan murah. DNAku menyasar langsung ke konsumen (Direct To Consumer), sebagai sebuah metode baru pemeriksaan genetik yang sedang populer, dimana konsumen tidak perlu pergi ke dokter atau laboratorium untuk melakukan pemeriksaan ini. 

DNAku menyediakan informasi mengenai informasi dan risiko genetik langsung ke konsumen, dan konsumen dapat menggunakan pemeriksaan ini untuk mengumpulkan infomasi- informasi medis mengenai diri mereka. 

DNAku diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan dengan HUT Republik Indonesia. Ini sekaligus menjadi momen perayaan kemajuan teknologi di bidang molekuler, yang semuanya dikerjakan oleh anak bangsa. DNAku akan memberi laporan menyeluruh mengenai kecenderungan tubuh dan risiko masalah kesehatan serta rekomendasi gaya hidup yang tepat berdasarkan struktur DNA masing-masing individu.

Layanan DNAku berupa pembelian satu paket alat tes DNA dan modul pemeriksaan pilihan yaitu Kesehatan, Kulit, Diet & Nutrisi, Olahraga dan Keturunan (yang akan segera hadir). Pada modul Kesehatan, nantinya hasilnya adalah untuk mengetahui varian-varian genetik yang membuat kita memiliki risiko rentan menderita penyakit tertentu, perubahan spesifik pada gen dapat menyebabkan terjadinya penyakit hipertensi, diabetes melitus, osteoporosis, dll. Dan tentunya untuk rekomendasi perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Pada modul Kulit, hasil tes nantinya bisa menjawab apakah kita berisiko memiliki selulit, kecenderungan untuk muncul kerutan dini, varises, apakah kita memiliki tendensi genetik untuk berjerawat, resiko terhadap psoriasis, rosacea & freckles, bagaimana ketahanan kulit kita terhadap paparan sinar matahari, hingga vitamin yang efektif yang bisa kita konsumsi. 

Bagi mereka yang ingin mengetahui profil dan jenis olahraga yang paling sesuai, tentu bisa mengambil modul Olahraga. Juga untuk mengetahui  risiko cedera, performa aerobik, kapasitas jantung dan irama sirkadian tubuh. Bagaimana kemampuan tubuh kita untuk membentuk otot, resiko cidera, metabolisme kafein dan lain-lain. 

Modul Nutrisi & Diet untuk mengetahui jenis makanan yang berpengaruh besar pada berat badan, kecenderungan obesitas dan manajemen berat badan, dan respon olahraga terhadap berat badan. Seberapa besar pengaruh karbohidrat, lemak, dan protein terhadap berat badan kita (sehingga kita mengetahui pasti jenis diet yang tepat). 

Modul Ancestry membedah asal muasal leluhur kita masing-masing, etnisitas apa saja yang 'membentuk' diri kita. Pengetahuan ini juga dapat digunakan dalam keseharian, seperti kemampuan bersosialisasi.

Proses Mudah, Online dan Terjangkau

Untuk mendapatkan layanan DNAku, caranya sangat mudah karena semuanya bisa dilakukan secara online. Akses laman dnaku.id untuk membuat akun/melakukan registrasi. Setelah itu, kita bisa melakukan pembelian kit (paket alat tes DNA) dan pembelian modul pilihan. Kit ini akan dikirim ke rumah, dan kita bisa melakukan pengambilan sampel secara mandiri, sesuai dengan instruksi. Pengambilan sampel hanya perlu dilakukan satu kali dan oleh diri sendiri. Gunakan kit untuk mengambil sampel DNA pada lapisan dalam pipi.

instruksi melakukan pengambilan sampel yang bisa dilihat di Youtube Genetics Indonesia

Kemudian kirimkan sampel DNA ke alamat lab DNAku, dan kita tinggal menunggu hasil pemeriksaan. Hasil akan diterima via online, dengan mengakses web DNAku. Segala kemudahan dan manfaat ini, bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Kit senilai Rp 1,4 juta dan masing-masing modul senilai Rp 499 ribu.

Selain mudah dan terjangkau, layanan DNAku juga menjamin kualitas dari pengujian genetika ini. Proses ekstraksi dan sequencing DNA akan dilakukan oleh para ahli yang telah teruji dan memiliki banyak pengalaman di bidang molekuler. Untuk analisis data, DNAku bekerjasama dengan perusahaan bioinformatika internasional yang selalu mengikuti perkembangan riset terbaru. 

DNAku didukung oleh BINUS Artificial Inteligence Research & Development Center. Binus AI R&D secara aktif membantu pengembangan otomatisasi DNAku dan akan mengembangkan teknologi AI untuk analisa profil genetika yang lebih mendalam.

Selain manfaat untuk diri sendiri, dengan mengetahui profil kesehatan kita secara tepat, dengan mengirim data DNA ini kita sebenarnya juga berpartisipasi dalam pengumpulan database gen Indonesia/Asia, yang nantinya bisa dikembangkan untuk manfaat kesehatan masyarakat secara lebih luas. Namun kita juga harus menyadari bahwa sampel DNA kita merupakan data yang amat sangat penting, karena ini merupakan identitas diri kita seutuhnya. Genetics Indonesia sangat menyadari pentingnya data ini, sehingga klausul kerahasiaan data pribadi ini sangat dijaga. Genetics Indonesia berkomitmen untuk memenuhi (comply) dengan aturan kerahasiaan ini, yang bisa kita pelajari secara detail dalam klausul yang terdapat pada setiap kit tes DNA. 

Jadi, tes DNA kini tak perlu rumit dan mahal kan? Bersama DNAku, dapatkan informasi profil genetik diri sendiri dan keluarga untuk menentukan gaya hidup yang tepat, risiko kesehatan yang mengancam, serta mencapai kondisi tubuh yang Anda idamkan.


See also:
-- Atomic Habits; Hidup Sehat dengan Langkah Mudah -- Kanker Payudara. Peduli Sudah, Aksi? -- Menguak Informasi DNA Diri Sendiri untuk Kesehatan dan Kualitas Hidup Lebih Baik --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Kanker Payudara. Peduli Sudah, Aksi?

Kanker Payudara. Peduli Sudah, Aksi?

Bulan Oktober ini kita seperti tidak henti-henti 'disadarkan' tentang kanker payudara. Mungkin peduli dan mengerti seluk beluk kanker ini sudah. Tapi apakah sudah melakukan sesuatu untuk itu?

READ MORE
Atomic Habits; Hidup Sehat dengan Langkah Mudah

Atomic Habits; Hidup Sehat dengan Langkah Mudah

READ MORE