Menghadirkan Keindahan Motif Indonesia Dalam Sajadah

'Bingkisan' indah ini dipersembahkan oleh Ikat Indonesia dan Lasouk, yang menebarkan kebahagiaan dan estetika menawan dalam produk sajadah.

Menghadirkan Keindahan Motif Indonesia Dalam Sajadah

Di tengah pandemi -dan yang dikatakan sebagai kenormalan baru-, karya dan kreativitas harus terus lahir untuk memberikan energi baru, membangkitkan antusiasme yang dapat melawan situasi yang cenderung bergerak pada kelesuan di berbagai bidang kehidupan.

Sebuah kabar yang menyenangkan hadir pada awal Juni 2020, kolaborasi merek fashion lokal yang menjadi kebanggaan dan brand Internasional. Ikat Indonesia mengumumkan kolaborasinya dengan Lasouk, brand sajadah premium yang telah beroperasional di beberapa negara. Melalui Ikat Indonesia x Lasouk, hadir 3 produk sajadah eksklsuif inovasi Lasouk dengan motif desain dari Ikat Indonesia.

Didiet Maulana sebagai desainer Ikat Indonesia terlihat sangat bersemangat dan antusias ketika menceritakan kolaborasi terbarunya kali ini, dalam konferensi pers secara virtual. Kerjasama ini bermula ketika Didiet pertama kali melihat stan Lasouk pada event Muslim Fashion Festival 2020 lalu, dan langsung dibuat takjub dan kagum dengan apa yang dilihatnya. Lasouk meramu semuanya dengan mempesona; tampilan gerai yang sangat estetik sekaligus modern, produk yang sangat inovatif: sajadah yang berbeda dari biasanya dan tampil berkelas dengan material unik dan desain geometris yang modern. Kemudian lebih jauh lagi, Didiet juga mendapati brand story Lasouk yang menurutnya sangat inspiratif, setelah ia berkesempatan untuk berbincang dengan Nadja Felgenheier, founder Lasouk yang berkebangsaan Jerman.


"Saya jatuh cinta dengan produk dan semuanya dari Lasouk, estetikanya, simple dan sangat elegan. Sebuah perspektif modern yang dimiliki oleh sebuah brand, yang bisa tampil berbeda diantara yang lain. Saya beruntung bertemu dengan Nadja, dan bertekad untuk bisa berkolaborasi dengan Lasouk", kata Didiet.

Menurut Didiet, Ikat Indonesia sebagai brand memang seringkali berkolaborasi dengan nama-nama lainnya. Tapi dalam hal ini, Ikat Indonesia sangat 'picky' atau pemilih ketika memutuskan untuk bekerjasama. Tidak cukup dari produk saja, tetapi kedua pihak harus berbagi value yang sama. "Ini merupakan kolaborasi penting bagi Ikat Indonesia. Sebelumnya kita tidak pernah membuat produk sajadah, ini pertama kalinya desain Ikat ada di sajadah."

"Terlebih lagi, produk ini diluncurkan saat ini, pada masa pandemi. Tentu saja kita tidak bisa mengadakan promosi yang besar seperti yang mungkin biasanya dilakukan, tetapi kami sangat yakin karya ini bisa memikat banyak orang. Sebagai sajadah yang digunakan untuk beribadah, tidak saja untuk dipakai sendiri, tetapi bisa menjadi sebuah hadiah yang membahagiakan untuk diberikan kepada sahabat, teman dan lainnya. Berbagi kebahagiaan melalui sajadah yang indah. Di masa-masa ini, saat banyak orang dan kita semua merasakan insecurities, kami berusaha untuk menyebarkan semangat, positive vibes dan kebahagiaan melalui produk ini", ceritanya.

Shabira Prayer Mat

Produk Ikat Indonesia x Lasouk ini terdiri atas 3 desain yang dikembangkan oleh tim desainer Ikat Indonesia dari beragam motif-motif tradisional wastra Indonesia. Andjani Prayer Mat yang menggambarkan kesuburan tanah Indonesia dengan warna terakota yang membawa kehangatan. Andjani mengangkat motif tenun ikat dengan aksen yang menyatu melambangkan persatuan. Aksen ragam hias menyerupai tumpal di bagian tengah, adalah titik pusat yang menggambarkan keseimbangan dan harapan baik.

Warna hijau kebiruan yang dominan dalam Ghalia Prayer Mat mengilustrasikan keindahan negara kepulauan Indonesia yang membawa rasa sejuk. Aksen warna coklat yang berpadu dengan garis biru menggambarkan pesona bahari, dan motif ikat yang saling berkesinambungan melambangkan kepercayaan yang tulus.

Shabira Prayer Mat melukiskan langit senja indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa dengan sentuhan warna biru dan merah yang syahdu. Aksen menjalar yang saling bertautan dalam bentuk motif ikat melambangkan keharmonisan dan persatuan dibawah cakrawala Indonesia.

Andjani Prayer Mat

Didiet menambahkan, motif dan desain Ikat Indonesia x Lasouk yang sangat indah dan menenangkan, sekaligus sebagai cara untuk memperkenalkan dan meluaskan keindahan budaya Indonesia melalui sajadah, dengan jaringan penjualan internasional yang telah dimiliki Lasouk. Menyebarkan keindahan Indonesia dengan sajadah.

Nadja Felgenheier dari Lasouk menyampaikan pesan serupa. "Ikat Indonesia merupakan partner yang tepat dan 'ahlinya' dalam motif-motif tradisional Indonesia. Lasouk selalu mencari inspirasi dari desain-desain tradisional ini, seperti yang kami lakukan pada produk-produk Lasouk sebelumnya. Menarik sekali melihat bagaimana motif-motif ikat yang dikembangkan oleh Ikat Indonesia bisa dimasukkan ke sajadah Lasouk"

Ikat Indonesia dan Lasouk membuat sebuah 'bingkisan' indah yang sangat bermakna. Sajadah yang merupakan perlengkapan wajib di dalam rumah-rumah keluarga muslim -bahkan saat ini menjadi perangkat yang wajar untuk dibawa dalam setiap aktivitas- mendapatkan 'wajah' dan desain baru yang menyenangkan. Bagi industri kreatif Indonesia, ini menjadi inspirasi nyata tidak habisnya eksplorasi unsur budaya berpadu dengan teknologi yang ramah bagi bumi.

See also:
-- Menghadirkan Keindahan Motif Indonesia Dalam Sajadah -- The Most Exciting Fashion Collaboration This Year, Sapto for Gaudi!! -- Ikat Indonesia & Happa, Rayakan Ramadhan dalam Busana Modest Corak Nusantara --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Mengenal Seni Islami Kontemporer lewat MOCAfest

Mengenal Seni Islami Kontemporer lewat MOCAfest

READ MORE
Rekonstruksi Sajadah ala Lasouk

Rekonstruksi Sajadah ala Lasouk

Sajadah modern yang eco-friendly ini sudah dijual di Dubai, Malaysia dan Singapore!

READ MORE