Membayangkan Keindahan Balekambang

Membayangkan Keindahan Balekambang

Belum pernah mendengar nama Balekambang? Saatnya membuka kata kunci ini di mbah Google maupun media sosial Instagram. Balekambang adalah kawasan wisata pantai yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan saat ini menjadi tujuan wisata unggulan, karena keindahannya. Bahkan, beberapa sumber menyebut bahwa Balekambang adalah salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Selain pantai dan alamnya yang indah, Balekambang juga menjadi tempat wisata religi bagi umat Hindu karena terdapat pura di salah satu pulau di kawasan tersebut. 

Batu karang yang menghampar seluas 2 km serta pasir putih yang luas juga menjadi daya tarik di Balekambang, selain adanya 3 pulau kecil di lepas pantai yang bisa dilalui dengan jembatan. Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Bahkan tak jarang di pantai ini menjadi tempat latihan sejumlah klub sepak bola seperti Arema dan Persema.

Keindahan Balekambang ini menjadi inspirasi bagi banyak orang, termasuk tiga desainer dari Malang yang baru saja mempresentasikan karyanya pada Jakarta Fashion Week 2018. Tiga desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber chapter Malang tersebut adalah Kiki Mahendra, Elma Faricha dan Agus Sunandar.


Kabupaten Malang yang notabene bukan merupakan kota besar dengan insfrastruktur dan industri fashion besar, nyatanya bisa menghasilkan desainer-desainer mode yang andal, dan konsisten dalam berkarya. Meskipun baru pertama kali berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week, namun beberapa desainer asal Malang secara konsisten telah mengikuti berbagai ajang mode baik di Jakarta, Surabaya maupun kota besar lainnya. Ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah kabupaten Malang yang mampu melihat bahwa fashion bisa menjadi sektor yang mampu bersisian dengan wisata alam, budaya dan kuliner untuk memajukan pariwisata Malang yang dikenal sebagai the Heart of East Java.

  

Elma Faricha merupakan desainer muda yang masih minim pengalaman dalam dunia fashion, berasal dari Pujon sebuah desa kecil di kabupaten Malang. Ini merupakan debut pertamanya tampil di event fashion week besar. Meskipun masih sangat muda, karyanya mampu berbicara dan memiliki keunikan tertentu, bisa menyamai bahkan dianggap lebih unggul dari desainer lainnya, dari segi desain dan kreativitas.  

Elma memilih gaya sailor yang tampil casual sekaligus stylish, dengan warna-warna biru navy, putih dan merah, warna-warna resort yang sesuai digunakan saat berlibur. Tentu saja, terinspirasi dari kekayaan laut Balekambang, mulai dari terumbu karang, ombak, pasir hingga sinar matahari. Inspirasi ini ia wujudkan lebih literal pada aksesoris yang digunakan, seperti clutch dan tas kecil berbentuk karang dan aneka makhluk laut. 

   

  

Berbeda dengan Kiki Mahendra yang menginterpretasikan keindahan pemandangan sekitar pantai Balekambang dalam koleksi gaun-gaun cantik berwarna lembut, sesuai gaya romantis yang menjadi ciri khas Kiki. 

Sedangkan Agus Sunandar memberi tampilan yang sama sekali berbeda, dengan mengambil tema Prau, yang berarti Perahu. Desain dengan garis-garis kontur yang kuat dan tegas, dengan keseluruhan koleksi yang berwarna hitam bagai batu karang. Merepresentasikan nilai-nilai kehidupan masyarakat pesisir pantai yang kuat, keras dan penuh semangat. Hiasan kepala juga menjadi elemen koleksi yang dominan dan menarik perhatian. 


Ketiganya punya cara unik dan jauh berbeda dalam mewujudkan inspirasi Balekambang. Namun demikian, pesan ketiga desainer ini sama, "Kalau jalan-jalan ke Jawa Timur, jangan lupa ke Balekambang, Kabupaten Malang". 


(foto-foto: Jakarta Fashion Week)

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

JFW 2017; 4 Brand, 4 Applique Detailing in 'Fervent'

JFW 2017; 4 Brand, 4 Applique Detailing in 'Fervent'

READ MORE
Fashion Symphony 2018, Mengangkat Keindahan Kain Indonesia dengan Semangat Kewirausahaan

Fashion Symphony 2018, Mengangkat Keindahan Kain Indonesia dengan Semangat Kewirausahaan

READ MORE