Lima Aplikasi Mobile Untuk Optimalkan Ramadhan Kita

Lima Aplikasi Mobile Untuk Optimalkan Ramadhan  Kita

Selamat memasuki Ramadan 1440 Hijriyah dan berpuasa dalam bulan yang penuh mutiara hikmah. Sebagai kelas menengah muslim yang knowledgeable dan connected, boleh dong kita mengoptimalkan keberadaan dan penggunaan aplikasi mobile selama bulan Ramadhan ini. Tentu saja, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya serta meraih surga di akhirat kelak.

Lima aplikasi pilihan berikut ini terdiri dari beberapa kategori. Di antaranya adalah pengingat waktu sholat, pemeriksa arah kiblat, hingga belajar mengaji bisa kita dapatkan di Google Play, pasar aplikasi mobile milik Google.

Terkait uang yang harus dikeluarkan (bila memang ada), tentunya kita harus memahami bahwa para pengembang aplikasi mobile harus dihargai jasa/layanan pengembangan yang mereka berikan. Ada beberapa jenis model bisnis dalam hal ini. Yaitu, aplikasi mobile memasang iklan atau menetapkan tarif jual untuk penambahan fitur-fitur tertentu. Namun demikian, masih ada juga aplikasi yang gratis sepenuhnya dan tanpa iklan.

MyAlquran dan Terjemahan


Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 5 juta kali. Aplikasi karya anak bangsa ini telah mendapatkan penghargaan Anugerah Karya Intelektual. MyQuran memiliki terjemahan Al-Quran berbahasa Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementrian Agama RI. Aplikasi ini juga dilengkapi tajwid berwarna, bisa kamu gunakan offline, dan tidak memiliki iklan. Kamu juga bisa belajar memahami Makhraj, Tajwid, dan lainnya.

Karya anak Indonesia dari Cimahi, Jawa Barat mendapat penghargaan dari Wakil Presiden Indonesia.  Aplikasi Al Quran dan Terjemahan digital bahasa indonesia android dilengkapi audio mp3 murotal, 30 Juz 114 Surah dibaca offline, berbagai macam tema warna, UI/UX menarik, dan TANPA IKLAN.

Muslim Pro Indonesia – Prayer Times, Azan dan Quran

Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali. Ini adalah aplikasi yang paling banyak diunduh saat ini. Aplikasi paling lengkap untuk menjalani ibadah puasa: dari informasi waktu puasa, sholat berdasarkan zona waktu, pencari arah kiblat, lokasi Masjid, hingga terjemahan berbahasa Indonesia.

Dengan kata lain, aplikasi mobile ini benar-benar menjadi teman bagi seorang muslim dalam menjalankan aktivitas ibadah sehari-hari. Muslim Pro juga dilengkapi dengan fitur komunitas, sehingga kamu bisa berbagi kumpulan doa dengan umat Muslim di seluruh dunia.

Marbel Learns Quran for Kids


Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta kali. Belajar mengaji tidak boleh hanya selama masih kanak-kanak saja. Belajar mengaji adalah belajar sepanjang usia. Mulai dari memperbaiki pelafalan, memperbaiki tajwid (panjang pendek, dsb) hingga memperkuat hafalan. Baik anak-anak, dewasa, muallaf, bahkan yang sudah puluhan tahun mempraktikkan ajaran Islam pun wajib untuk terus mempelajari (dan mempraktikkan) AlQuran.

Tidak hanya untuk anak-anak, aplikasi satu ini juga cocok untuk digunakan oleh orang dewasa yang ingin belajar mengaji. Dengan panduan animasi dan suara, Marbel Mengaji menuntunmu mengenal huruf hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah, Dummah, dan Kasroh). Konsep belajar sambil bermain yang diusung aplikasi ini membuat belajar mengaji menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Melalui Marbel Learns Qur’an, anak-anak dapat mempelajari AlQuran dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi narasi yang bermanfaat bagi mereka yang belum dapat membaca Alquran. Tiap materi pembelajaran dilengkapi dengan narasi suara, sehingga dapat dipelajari hanya dengan mendengarkannya. Setelah belajar, ada fun games yang bisa digunakan sebagai alat evaluasi sejauh mana anak-anak memahami Alquran.

Jadi, Marbel mengkombinasikan konsep belajar dan bermain. Tidak hanya narasi, materi pembelajaran dihadirkan dengan gambar yang menarik dan animasi yang keren untuk membuat pelajaran menjadi menarik.

Learn and Write the Arabic Alphabet

Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta kali. Cara belajar menulis 28 huruf arab dengan mudah dan menyenangkan: kamu cukup menulis dengan mengikuti panduan angka yang terdapat di papan tulis virtual. Dirancang untuk anak-anak, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur mengganti warna kapur dan suara anak-anak menggemaskan yang akan memberikan semangat di setiap levelnya. Cukup menarik bukan?

Marbel Belajar Sholat + Audio

Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta kali. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang mau belajar sholat 5 waktu atau mengajarkan si kecil dengan cara yang interaktif; dari pelajaran urutan gerakan sholat hingga ucapan doa bisa kamu dapatkan melalui panduan suara dan animasi. Marbet Shalat juga dilengkapi dengan mini game untuk membantu kamu menghapal gerakan dan bacaan shalat.

Marbel Belajar Sholat merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 4-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar tata cara sholat 5 waktu. Bersama Marbel Belajar solat, anak-anak bisa belajar urutan setiap gerakan sholat beserta dengan doanya. 

Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Setelah mereka selesai belajar sholat, ada berbagai macam permainan seru menanti mereka. Lewat permainan ini, pengetahuan serta hasil belajar mereka bisa diuji.

Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga melahirkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Materi akan disajikan dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan Gambar + Sound Narasi + Animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar. Selanjutnya, mereka bisa mengasah kemampuan melalui permainan edukasi yang disediakan.


Demikian lima aplikasi mobile yang direkomendasikan oleh Google Play untuk menemani aktivitas-aktivitas Ramadhan kita. Tentu kamu bisa memilih, mengunduh dan menggunakan aplikasi-aplikasi selain dari yang sudah disebutkan di atas. Tentu saja, perhatikan juga berapa rating yang diberikan oleh para pengunduh dan penggunanya. Aplikasi dengan Rating/Bintang bernilai lebih dari 4 (empat), berarti cukup recommended untuk digunakan oleh kita sebagai muslim.


(featured image: Muslim Pro Indonesia)

See also:
-- Fashion, Kuliner hingga Kaligrafi di Ramadhan Runway 2020 Kota Kasablanka -- Pre-Ramadhan Hype; Ria Miranda 6 Launchings in A Week! -- Koleksi Hari Raya dari Kami Idea -- Lima Aplikasi Mobile Untuk Optimalkan Ramadhan Kita --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Geliat Dakwah Para Dai Muda

Geliat Dakwah Para Dai Muda

READ MORE