Koleksi Hari Raya yang Rindukan 'Nagari'

Koleksi 'Nagari' dari brand RiaMiranda diperkenalkan di tengah situasi pandemi, tetap menunjukkan eksistensi berkarya dan sukacita Ramadhan hingga Hari Raya.

Koleksi Hari Raya yang Rindukan 'Nagari'

Memasuki Ramadhan yang mulia, menjalankan hari-harinya dengan sukacita hingga Hari Raya Idul Fitri menjelang, selama umur dikandung telah menjadi kebiasaan yang terpatri di hati bagi seorang muslim. Satu periode waktu istimewa setiap tahun yang mempengaruhi denyut kehidupan keluarga, masyarakat, hingga negara. Kali ini, gambaran dan kebiasaan itu berubah total, dipaksa oleh sebuah keadaan yang mengharuskan kita semua menjaga jarak, dan mengeliminasi kehidupan sosial, untuk sementara waktu.

Pandemi menjadi pukulan telak bagi banyak industri, terutama industri fashion yang sebelumnya tengah bergairah menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dengan situasi yang mendekati 'survival mode', fashion menjadi salah satu alokasi yang langsung ditinggalkan, karena orang-orang tidak lagi berinteraksi dan keluar rumah. Tetapi di tengah kondisi ini, pusat-pusat perbelanjaan yang tutup, para pelaku usaha masih menggenggam harap dan melihat peluang. Sektor belanja daring akan menguat, selama orang-orang masih berpenghasilan.

Dan dengan sukacita Ramadhan dan Lebaran yang di depan mata, the show must go on. Rentang waktu ini adalah puncak tertinggi konsumsi masyarakat dalam satu tahun, dan bahkan pandemi pun tidak bisa mengubah kenyataan tersebut. Koleksi-koleksi fashion baru tetap harus diluncurkan, dibarengi dengan cerdik melakukan penyesuaian dan melihat peluang di tengah situasi yang 'baru' ini.

Seperti halnya brand RiaMiranda sebagai salah satu lokomotif modest fashion di Indonesia. Di tengah pandemi yang meluas, RiaMiranda tetap berkarya dan menyuguhkan koleksi modest fashion terbaik bagi para konsumen dan pasar fashion Indonesia. Pandemi ini memang memporak-porandakan proyeksi dan rencana-rencana bisnis, tetapi langkah-langkah penyesuaian yang cepat harus dilakukan.


Virtual conference, digital showcase diselenggarakan baik untuk loyal community maupun media, menyampaikan apa yang sedang dan akan dilakukan oleh brand RiaMiranda, baik untuk berkontribusi kepada sesama maupun untuk memperkenalkan koleksi Raya terbaru. Sebagai brand fashion yang memiliki kapasitas produksi garmen, RiaMiranda ikut memproduksi pakaian APD yang akan didistribusikan kepada para tenaga kesehatan. Dalam konferensi pers virtualnya, Ria Miranda dan Pandu Rosadi menjelaskan tentang gerakan kepedulian ini, termasuk membuat hygiene kit yang nantinya bisa dibeli oleh para konsumen.

Nagari, Refleksi Kerinduan Kampung Halaman

Sementara untuk koleksi fashion terbarunya, Ria menjelaskan sejak awal koleksi Raya bertajuk 'Nagari' ini menjadi bagian dari eksplorasi budaya Minang -tanah kelahiran sang desainer- yang konsisten dilakukannya. Kekuatan identitas ragam motif kain tenun songket dan batik Sumatera Barat menjadi olahan utama. ‘Nagari’ memiliki arti ‘negeri’ dalam Bahasa Minang, mencerminkan sebuah rasa personal akan kerinduannya untuk kembali pulang. Pulang untuk kembali menjadi manusia tanpa beban hidup, meskipun rasa rindu itu tak mungkin dilakukan tahun ini.

Proses kreatif lainnya dari ciri khas Minang yaitu dengan adaptasi pemilihan Rumah Gadang dan jalan kelok Sembilan dalam potongan busana dari motif hingga modifikasi teknik sulam dan bordir layaknya baju tradisional khas Sumatera Barat sesungguhnya.

“Berbeda seperti koleksi Minang yang pernah aku buat, eksplorasi kali ini lebih dalam dan beragam karena menonjolkan budaya tanah kelahiranku dari berbagai aspek. Saat pembuatan koleksi ini, aku ingin memberikan nyawa dan rasa rinduku pada Minang. Dalam situasi pandemik seperti sekarang, jadi selalu berdoa setiap kali melihat dan mengenakan koleksi Nagari. Wahai ibu pertiwi, lekaslah sembuh dari wabah ini.” ujar Ria Miranda.


Koleksi Nagari meningkatkan kekayaan budaya bagi seluruh keluarga dengan menyajikan juga koleksi untuk keluarga, yaitu busana untuk anak perempuan dan anak laki-laki serta busana untuk pria dewasa. Tak ketinggalan, Nagari pun dilengkapi dengan mukena dan sajadah untuk menjalankan ibadah.

Semakin kaya, semakin bermakna. Tradisi dan budaya bersatu padu menyuguhkan warisan yang tak ternilai. Kehadirannya mampu menorehkan banyak kisah dan pelajaran hidup yang mendalam. Ragam wastra kain yang indah memikat penuh pesona.

See also:
-- Wardah Persembahkan 'Equator Treasure', Pamerkan Rancangan Terbaru dari 6 Desainer -- Gaya Moroccan Pastel Kolaborasi Jovian Mandagie & Ria Miranda -- Menjaga Brand Riamiranda agar Semakin Relevan dan Terdepan -- Saat para Cistels Mengantri Koleksi Riamiranda --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

'Indonesia Tren Forecasting', Langkah Perdana Mendokumentasikan Proyeksi Tren Tahunan

'Indonesia Tren Forecasting', Langkah Perdana Mendokumentasikan Proyeksi Tren Tahunan

READ MORE
Perlindungan Optimal saat Keluar Rumah dengan Sazia Outer

Perlindungan Optimal saat Keluar Rumah dengan Sazia Outer

Outer dengan material khusus ini bisa menjadi 'APD' bagi masyarakat umum untuk digunakan melakukan aktivitas di luar rumah

READ MORE