Kolaborasi Mencari Konsep Sportswear Ideal untuk Hijabers; Noore x Jenahara

Kolaborasi Mencari Konsep Sportswear Ideal untuk Hijabers; Noore x Jenahara

Pakaian olahraga untuk hijabers, atau hijab friendly, merupakan segmen fashion yang cukup menantang. Pakaian olahraga biasanya lebih bersifat kebutuhan, tidak seperti item fashion lain yang kita cenderung lebih mudah membeli secara rutin ataupun sporadis. Meskipun di masa kini, olahraga dan bergerak aktif sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Tetapi pakaian olahraga adalah kebutuhan yang spesifik, sebagai konsumen, kita jelas tidak mau asal-asalan dalam membeli baju olahraga. Ada kriteria dan spesifikasi wajib yang harus ada. Ditambah lagi, pakaian olahraga yang hijab friendly; yang bisa, mudah, praktis dan sekaligus nyaman digunakan oleh pengguna hijab. Sehingga ceruk pasarnya pun lebih spesifik lagi. 

Tetapi rupanya, justru semakin banyak brand hijab sportswear yang bermunculan. Tentunya menanggapi besarnya jumlah muslimah berhijab di Indonesia, yang tentu hampir semua memiliki kesadaran untuk menjalani gaya hidup sehat. Konsekuensinya, persaingan pada ceruk yang spesifik ini pun semakin ketat. Belum lagi dengan merek internasional yang juga kini semakin peduli untuk ikut menggarap segmen ini. 

Memahami apa dan bagaimana yang sebenarnya dibutuhkan dan diinginkan oleh muslimah berhijab untuk gaya hidup aktifnya, menjadi kunci keberhasilan merek-merek busana olahraga lokal ini.

Noore sebagai merek sportswear yang hijab friendly, bisa dikatakan sebagai salah satu top-of-mind dalam segmen ini. Sebagai brand yang relatif baru, Noore cukup mendapat 'privilege' sebagai brand Indonesia, mulai dari diakuisisi oleh grup ritel besar Elcorps hingga menjadi salah satu brand yang mendapat sponsor dan dipromosikan oleh Badan Ekonomi Kreatif kala itu.

Hampir semua merek sportswear lokal memiliki 'visi' yang sama dalam mengolah brand dan produknya; secara kualitas berorientasi pada merek-merek sports internasional yang sudah teruji dan terbukti, dengan gaya yang hijab friendly. Artinya pengguna hijab tidak perlu lagi berjibaku dengan masalah seperti kaos yang kerahnya terlalu rendah, tidak ada kaos berlengan panjang, legging yang ketat membentuk kaki, dan lain sebagainya. 

Tetapi tidak sesimpel itu. Noore menjabakannya dalam 4 prinsip dalam memproduksi busananya; Kesopanan, menjaga adab dan kepantasan muslimah berpakaian ketika berolahraga dan menerima saran dari ahli agama tentang hal itu. Keindahan, terbuka pada gaya dan tendensi mode masa kini. Kenyamanan, hanya menggunakan bahan terbaik dalam memproduksi koleksinya, serta mempertimbangkan usul dari atlet dan pemakai Nooré. Kesehatan, peduli pada dampak kesehatan, misalnya menggunakan bahan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV, anti bakteri, ringan dan memudahkan sirkulasi udara, hingga yang menghangatkan ketika dikenakan di dalam air. 

Prinsip ini kembali ditekankan dalam keterangannya untuk kreasi terbaru Noore yang berkolaborasi dengan Jenahara. Rilisan pertama kolaborasi ini telah ditampilkan pada momen Jakarta Fashion Week bulan lalu, yang bekerjasama dengan salah satu e-commerce


"Jadi, baju-baju Nooré tidak hanya cocok untuk berolahraga saja, karena tiap potong busana pada koleksi kapsul Nooré peduli pada keindahan dan mudah untuk dipadupadankan. Bahkan, kami telah memulai memproduksi koleksi dengan konsep baru di mana baju-baju Nooré dapat dikenakan sebelum, selama dan setelah berolahraga terutama untuk perempuan urban yang sehat dan aktif serta ingin tampil bergaya ringkas, nyaman, dan modern, dengan harga yang ringan dan bersahabat di kantong. Untuk koleksi pertama ini kami bekerja sama dengan Jenahara," ujar COO sekaligus founder Nooré yang berbasis di Bandung, Adidharma Sudradjat.

Sebelum, selama dan setelah berolahraga. Konsep ini yang coba diarusutamakan dalam memperkenalkan koleksi kolaborasi ini. Dalam benak saya, Noore menyadari bahwa tidak terlalu banyak kreasi dan komodifikasi yang bisa ditawarkan jika hanya menyajikan baju olahraga saja. Bagaimana memperluas ragam produk Noore, dengan tetap dalam karakter Noore sebagai sports apparel. Menurut Adidharma, gaya hidup aktif perempuan masa kini tidak melulu diartikan dengan olahraga sebagai aktivitas fisik khusus dalam sebuah alokasi waktu tertentu. Berolahraga bisa dilakukan kapanpun dan membaur dalam aktivitas sehari-hari lainnya.

Selain itu, gaya hidup saat ini yang sangat lekat dengan sosial media, menjadikan olahraga sebagai aktivitas yang menyenangkan dan tidak harus melelahkan. Olahraga tipis-tipis, atau 'olahraga cantik', akrab sekali kita lihat di jejaring sosial media. Fenomena ini justru dilihat sebagai sesuatu yang harus digarap, memang ada kebutuhan untuk tampil dengan busana dengan tampilan sporty, yang bisa dikenakan dalam berbagai momen.

Meskipun, rasanya tidak ada substansinya membagi kelompok dan kategori busana untuk sebelum dan setelah berolahraga. Diversifikasi dan perluasan produk, bagi sebuah brand seperti Noore mutlak dilakukan, untuk tetap relevan bagi konsumen dan memperluas pasar. Rasanya konsep sporty look atau active wear sudah cukup mewakili, untuk kelompok busana yang lebih versatile ini. Or even better, membuat lini street wear akan menjadi kekuatan tambahan bagi Noore, tanpa melemahkan branding sebagai sportswear yang sudah ada. 

NOORÉ X JENAHARA 

Kolaborasi dengan Jenahara menjadi momen penting dan tepat bagi Noore, untuk memperluas pilihan gaya. Jenahara dengan karakter desain yang androginy dan bernuansa monokrom, bisa berpadu dengan apik dan pas dengan karakter Noore selama ini. Koleksi yang diberi judul GENESSENCE merupakan penggalan dua kata yang disatukan, antara 'genesis' untuk menggambarkan desain Nooré yang aktif, serta 'essence' yang mewakili intisari dan esensi desain Jenahara. Nafas desain ala Jepang yang ringkas, modern, serbalonggar, menjadi inspirasi Jenaraha untuk menggambarkan kebebasan dalam bergerak sekaligus tampil modis. 

Koleksi ini ditampilkan secara menyegarkan dan mengejutkan, pada 19 November 2019, di Lapangan Bulutangkis GBK Arena, Jakarta. Fashion show yang dilakukan di arena Bulutangkis? This is news! 

  

"Kami memilih Jenahara untuk berkolaborasi karena memiliki kesetaraan dalam citra. Siluet desain Jenahara yang ringkas mirip dengan identitas garis desain Nooré. Jenahara menginfus rasa trendy dalam bermode, hingga penampilan Nooré semakin modis. Kami menjalin kerja sama dalam waktu dan jumlah yang terbatas.", terang Adidharma tentang alasan menjalin kerja sama dengan Jenahara. 

Jenahara Nasution, Creative Director of Jenahara menambahkan, “Sewaktu datang ajakan untuk berkolaborasi, saya mempelajari DNA desain Nooré dan menangkap benang merah antara desain Nooré dengan Jenahara. Kebetulan setahun belakangan, desain-desain Jenahara tampil lebih sporty. Unsur Jepang kami imbuh karena memiliki citra aktif, praktis dan simple, sama dengan garis desain kami. Kami juga memiliki visi yang sama, untuk lebih memudahkan para hijabers mendapatkan baju olahraga yang cocok dan trendi." 

    

Bahan katun dan scuba ketika berubah rupa menjadi jaket, atasan, atau celana terdengar biasa, tetapi terlihat lebih fashionable ketika diberi sentuhan yang berbeda dan menjadi jaket parka, jaket bomber dengan kerah agak besar, atasan oversized, celana serba longgar, atau celana yang ditumpuk dengan rok lurus, dengan bentuk yang mudah dipadupadankan satu sama lain. Ini menjadikan koleksi Genessence sebagai pilihan baru bagi pecinta olahraga yang ingin tampil stylish baik sebelum, selama dan setelah berolahraga. 

Dua puluh empat set busana dari 36 potong baju akan dipergelarkan, tampil penuh energi sekaligus modern, termasuk tiga set busana cantik yang diciptakan khusus oleh Nooré dan Jenahara hasil kolaborasi dengan brand kecantikan Marina, sponsor utama dalam perhelatan itu. 


"Kolaborasi Marina dengan Nooré dan Jenahara ini merupakan bentuk dukungan Marina sebagai brand yang sama-sama asli Indonesia yakin karya anak bangsa bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri serta komitmen Marina untuk selalu menghadirkan inovasi bagi seluruh perempuan Indonesia yang aktif dan dinamis, tidak hanya melalui produk perawatan kecantikan terbaik namun juga melalui koleksi busana sport yang nyaman dan "kekinian" sehingga perempuan Indonesia bisa bebas beraktivitas,” ujar Melani Dwi Astuti, GM Brand Communication & Content Marina. 

Tiga koleksi busana kolaborasi Marina bisa dibeli melalui tokopedia (@TAGSIndonesia offical store). Sedangkan koleksi Genessence bisa didapat dengan pembelian daring di tokopedia maupun luring di seluruh toko yang menjual Nooré. Bermula dari kolaborasi dengan Jenaraha, selanjutnya Nooré sudah menyiapkan berbagai inovasi baru untuk tahun 2020. Inovasi ini akan dilaksanakan dengan melibatkan beberapa cross industries, hingga menciptakan konsep dan warna baru, khususnya bagi active wear di Indonesia. 


(foto-foto: modest.id & Tim Muara Bagdja)

See also:
-- Modest Fashion Highlights in 2016 (part 1) -- Menantang Desainer Menghasilkan Tampilan Kain Indonesia yang (Selalu) Baru -- Typography Trend, Wearing Your Voice or Your Designer Logo? -- Ulos Bergaya Edgy Minimalis - Jenahara Black Label --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Fashion Rhapsody, Persembahan Demi Bumi

Fashion Rhapsody, Persembahan Demi Bumi

READ MORE
Koleksi Hari Raya dari Kami Idea

Koleksi Hari Raya dari Kami Idea

READ MORE