Kepemimpinan & Pemberdayaan Perempuan dalam Karya dan Kolaborasi Vivi Zubedi

Kepemimpinan perempuan benar-benar dibutuhkan dan berkontribusi terhadap bagaimana masyarakat bisa bertahan di tengah pandemi.

Kepemimpinan & Pemberdayaan Perempuan dalam Karya dan Kolaborasi Vivi Zubedi

Semua komponen masyarakat merasakan dampak akibat pandemi yang terjadi di Indonesia, dengan segala spektrumnya. Industri fashion lokal yang kebetulan banyak dinahkodai oleh perempuan benar-benar menunjukkan bagaimana kreativitas dan agilitas perempuan ditantang untuk beradaptasi dengan kondisi. Perempuan dalam setiap level pun sebenarnya menjadi pemimpin, yang saat ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan kepemimpinannya.

Melalui semangat #FromVIVIZUBEDItoIndonesia, desainer Vivi Zubedi menggalang semangat kepemimpinan perempuan di masa pandemi, melalui banyak karya dan kolaborasi. Para pelaku bisnis fashion dan semua perempuan dalam bidang apapun, harus terus bergerak dan produktif dalam berkarya, melakukan adaptasi untuk membangkitkan perekonomian keluarga dan negara. Sebagai salah satu brand yang turut memperhatikan isu sosial dan ekonomi di Indonesia, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sosial diantaranya; program Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di Banjar Baru dan lainnya dalam masa Pandemi. Sebelumnya, dengan brand Vivizubedi juga telah menjalankan beberapa program yaitu diantaranya kampanye #1000MukenuntukIndonesia dan program pembangunan Masjid di beberapa daerah di Indonesia.

Dalam perjalanan karirnya membangun label Vivizubedi, Vivi menjadi salah satu tokoh yang kerap menaruh perhatian pada pemberdayaan perempuan. Melalui bisnis fashion, Vivi terinspirasi untuk memberdayakan kerajinan lokal hasil karya pengrajin perempuan-perempuan Indonesia dengan menjalin kolaborasi pada karyanya. Pada kesempatan New York Fashion Week 2018, Vivi melibatkan hasil kerajinan tangan perempuan Indonesia mempersembahkan koleksi Urang Banua yang terinspirasi dari Kain Sasirangan dan Tenun Pegatan yang dibuat langsung oleh para pengrajin perempuan di Kalimantan.

Pada program ISEF 2019, Vivizubedi turut mempersembahkan koleksi The Purun Label yang diprakarsai dengan membeli kerajinan purun dari tangan pengrajin di Kalimantan. Koleksi ini didasari oleh conscious fashion yang tidak hanya tampak stylish tapi juga memberdayakan perempuan sebagai pengrajin dan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan.


Peran Vivi sebagai pelaku bisnis mempertimbangkan pemberdayaan dan potensi perempuan-perempuan Indonesia tentunya menjadi salah satu aspek kepemimpinan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meneruskan visinya, bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia Agustus lalu, Vivizubedi secara khusus mempersembahkan sebuah koleksi sebagai bentuk apresiasi kepada para perempuan Indonesia dengan kampanye bertajuk #FromVIVIZUBEDItoIndonesia. Kampanye tersebut menjadi bentuk bakti dan apresiasi Vivizubedi untuk bangsa Indonesia yang senantiasa selalu mendukung bisnis fashion untuk terus berkembang baik di pasar lokal maupun global.

Perhatian yang sama pada pemberdayaan perempuan juga diterapkan oleh Ibu Fery Farhati sebagai Penggagas Ibu Ibu Kota dan Ibu Nur Asia Uno pendiri YAMSA. Sejalan dengan Vivizubedi sebagai pemimpin inspiratif yang memperhatikan sosial, Ibu Fery Farhati secara aktif menggandeng perempuan Ibu Kota dari berbagai profesi untuk saling memberikan inspirasi dan membantu sesama dalam masa Pandemi ini. Ibu Nur Asia Uno sebagai pendiri YAMSA, sebuah yayasan sosial nirlaba lintas agama dan budaya, lintas suku dan golongan serta lintas profesi dan lapis sosial, dengan berfokus melakukan bakti sosial pada anak-anak yang termarjinalisasi karena tindak kekerasan.

Kepemimpinan sosok-sosok tersebut telah menginspirasi gerakan #FromVIVIZUBEDItoIndonesia agar sesama perempuan dapat saling mendukung untuk tetap kuat, berkarya, berkontribusi dan aktif di berbagai bidang demi masa depan yang lebih baik bagi Indonesia di era pandemi saat ini.

Atas bentuk bakti Vivi Zubedi tercermin dengan banyak kegiatan sosial dalam rangka pemberdayaan perempuan dan ingin membagi semangat yang sama kepada perempuan lainnya. Bersama kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia, Vivi mempersembahkan koleksi spesial “All About Scarf” dengan salah satu serinya yakni Archipelago Scarf. Koleksi terbaru ini diluncurkan untuk merayakan semangat para perempuan inspiratif Indonesia yang bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia. Terdapat dua pilihan material dari Archipelago Scarf yaitu satin silk dan juga premium voal, koleksi ini hadir dengan kombinasi warna-warna gelap dan earth-tone, seperti navy, black dan beige yang masing-masing merepresentasikan karakter dari Archipelago Scarf.

Inspirasi dari koleksi “All About Scarf” berasal dari keindahan dan keragaman motif etnik yang tersebar di kepulauan Indonesia. Inspirasi tersebut kemudian tertuang dalam kombinasi motif dan desain kontemporer VZ Monogram. Karakter desain Vivizubedi pada koleksi ini hadir dengan permainan variasi warna terang hingga gelap yang memberikan kesan kuat namun tetap elegan.


Pada kampanye ini, Vivizubedi mempersembahkan koleksi “All About Scarf” kepada 20 perempuan Indonesia inspiratif sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di masyarakat, antara lain adalah Ingrid Kansil perempuan yang aktif bidang politik, Tini Sardadi seorang pengusaha perempuan, Shinta Bubu yang aktif di digital muslimahpreneur, dan perempuan yang menginspirasi lainnya. Sekaligus memberikan semangat emansipasi pada perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berjuang memaksimalkan potensi diri demi masa depan bangsa yang lebih baik dan selalu menginspirasi di segala aspek kehidupan pada masa pandemi ini.

See also:
-- Kepemimpinan & Pemberdayaan Perempuan dalam Karya dan Kolaborasi Vivi Zubedi -- Desainer IKRA Tampil di Mercedes-Benz Fashion Week Russia -- The Purun, Kreasi Tas Bergaya Bohemian Kolaborasi Vivi Zubedi & Pengrajin Banjarbaru -- Makkah Madinah Jannah, Bergaung di New York Fashion Week --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Architecture of Cloth; Memahami Kesempurnaan Karya Auguste Soesastro

Architecture of Cloth; Memahami Kesempurnaan Karya Auguste Soesastro

READ MORE
Samar Murad: Blending The Eastern and The Western Trends Into Modest Fashion

Samar Murad: Blending The Eastern and The Western Trends Into Modest Fashion

International designers today have to make fresh innovation in order to compete in the global market. Samar Murad does it by blending both the Eastern and Western styles into her modest collection. Modest ID talked to Samar Murad about the message be...

READ MORE