Kelindan Jakarta dalam Fashion Show di MRT

Fashion Rocks 2020 menghadirkan kolaborasi musik dan fashion yang diadakan ditempat fenomenal, yaitu di dalam MRT Jakarta. Menampilkan tiga desainer muda Indonesia yang sudah mengharumkan nama Indonesia di Asia Tenggara.

Kelindan Jakarta dalam Fashion Show di MRT

Sebuah pertunjukan fashion kreatif dihelat di Jakarta di awal tahun 2020 ini, dengan tagline cukup spektakuler; fashion show pertama di MRT Jakarta. Radio Hard Rock FM dibawah MRA Media menjadi empunya acara bertajuk Fashion Rocks 2020 ini, yang memang sejak awal berkonsep musik dan fashion. Fashion Rocks disketsakan sebagai event mode yang ingin keluar dari kebiasaan fashion show pada umumnya, sehingga selalu mencoba venue baru yang berbeda, misalnya di persimpangan jalan ramai dan di rooftop sebuah gedung, pada penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Dan kali ini di tahun ke-8, Fashion Rocks diselenggarakan di MRT Jakarta yang kini telah menjadi salah satu simbol ibukota. MRT tidak hanya sebagai moda transportasi bagi warga kota Jakarta, tetapi juga telah menjadi wadah komunal untuk berinteraksi dan menyalurkan kreativitas. Menurut pihak MRT Jakarta, event ini sekaligus menjadi rangkaian selebrasi 1 tahun MRT bertajuk MRT Festival yang momen puncaknya akan diadakan di bulan Maret mendatang. 

Fashion Rocks kali ini menampilkan 3 desainer muda Indonesia, yang sebelumnya bergabung di ajang Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) di Singapura. ANFA merupakan ajang kompetisi yang digagas majalah Harper’s Bazaar di kawasan Asia (Thailand, Indonesia, India, Malaysia, dan Singapura), dengan tujuan untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara masingmasing, dan selanjutnya siap bersaing di kancah fashion dunia.

Salah satunya, Kelly Vallerie yang tahun lalu menjadi pemenang ANFA 2019. Bersama Wilsen Willim, pemenang ANFA 2016 dan Andandika Surasetja (Dika), alumni ANFA 2018. Ketiganya memamerkan koleksi terbaru yang selaras dengan tema Fashion Rocks kali ini yaitu 'Commuting Life'. Jiwa street style yang kental pada unsur busana maupun styling, menjadi kunci tampilan. Seperti Kelly yang membuat koleksi 'Kawasan' berdasarkan 4 area ikonik di Jakarta yang berasal dari nama tumbuhan; Gandaria, Menteng, Bintaro dan Kemang. Kelly membuat busana yang multifungsi, satu potong bisa bertransformasi menjadi tampilan yang berbeda. 

Wilsen yang selalu menciptakan unsur tailored suit yang kuat, membuat koleksinya cukup cair untuk menghadapi tantangan yang dihadapi para penglaju di Jakarta. Dilengkapi dengan masker yang kini seperti aksesori wajib, terasa relevan dengan kondisi kota yang dipenuhi polutan udara. Warna monoton hitam-putih tetap dipertahankan, sebagai tone yang cukup realistis dan menyatu dengan detak kesibukan kota metropolitan. 



Kelly Valerie

Melalui label Moral asal Bandung, Dika menggambarkan kondisi sarana transportasi dulu, kini dan di masa depan. Ada fragmen, foto, imagery dari unsur-unsur transportasi ini dituangkan dengan tak mencolok ke dalam koleksinya. Namun konsisten dengan karakter Moral yang memiliki unsur unexpected lewat warna-warna neon dan iridescent.

Koleksi ketiga desainer tersebut diperagakan oleh 36 model yang dipercantik dengan riasan wajah dari Ivan Gunawan Cosmetics serta diiringi oleh Sanggar Akar yang menampilkan musik petabuhan khas betawi. Para model secara bergantian masuk dan keluar gerbong kereta MRT selama show berlangsung dari stasiun Bundaran HI hingga stasiun Cipete. Para undangan yang kurang lebih berjumlah 300 orang dibagi dalam 3 etape pemberangkatan, menempati dua gerbong selama acara berlangsung.



Wilsen Willim

Commuting Life di pilih sebagai tema Fashion Rocks 2020 yang bertujuan untuk mengajak pengunjung menikmati serta menggunakan fasilitas umum seperti ruang publik yang dibuat lebih nyaman, pedestrian way yang diperbesar, dan juga moda transportasi yang sudah terintegrasi menjadi penunjang kebutuhan kaum penglaju. Kelindan Jakarta yang sibuk, ramai, orang-orang yang bertahan hidup sekaligus menghidupkan kota, menciptakan beragam kreativitas ruang dan isinya yang membuatnya nyaman dan hangat. 

Fashion show pertama di MRT yang tak luput dari kritik dan tantangan setelah selesai. Rupanya acara yang diselenggarakan saat jam pulang kerja (19.00 - 19.30) membuat beberapa penumpang MRT terganggu karena tidak bisa naik di dua gerbong yang digunakan untuk fashion show. Akibatnya Hard Rock FM dan MRT sebagai penyelenggara mendapat banyak kecaman di media sosial, karena dianggap kurang mengantisipasi hal ini. 

Rangkaian Fashion Rocks 2020 telah dimulai seminggu sebelumnya melalui program CSR yang diadakan bertujuan untuk membantu program pendidikan Indonesia. Program ini mengajak pengguna transportasi MRT Jakarta untuk menyumbangkan baju-baju bekas layak pakai yang dimasukan ke dalam fashion box yang dapat ditemui pada tiga stasiun MRT Jakarta. Fashion Rocks 2020 bekerjasama dengan Sadari Sedari, organisasi nirlaba yang menjual pakaian bekas layak pakai yang terkumpul untuk membantu pendidikan Indonesia. 

See also:
-- Koleksi Memikat Tren 2019 dari 5 Lini Anggia Mawardi -- Deretan Show yang Paling Dinantikan di Jakarta Fashion Week 2018, Apa Saja? -- 10 Langkah RiaMiranda -- Rika Mulle at IFW 2017: Traditional Tasikmalaya Embroidery in Modern Cuts --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

NTB Mempromosikan  Industri Fashion Muslim

NTB Mempromosikan Industri Fashion Muslim

READ MORE
Meningkatkan Kompetensi SMK Tata Busana untuk Menjawab Tantangan Industri Fashion

Meningkatkan Kompetensi SMK Tata Busana untuk Menjawab Tantangan Industri Fashion

READ MORE