Jakarta Ramadan Promosikan 'Modest Fashion & Urban Lifestyle'

Jakarta Ramadan Promosikan 'Modest Fashion & Urban Lifestyle'

Ramadan tak pernah berlalu begitu saja tanpa dirayakan di ruang-ruang publik. Pusat perbelanjaan modern yang kini telah menjadi sentra berkegiatan masyarakat kota besar, selalu turut serta menyajikan wajah Ramadan dengan segala kesyahduan hingga kemeriahannya. Dekorasi hingga program khusus Ramadhan menjadi jadwal tahunan yang harus digarap dengan semenarik dan sekreatif mungkin, mengikuti dinamika jaman dan masyarakat.

Pengelola pusat perbelanjaan biasanya juga menggandeng pihak lain dalam penyelenggaraan program Ramadan, dengan beragam aktivitas seperti pameran atau bazaar fashion, talkshow, fashion show, pertunjukan, tausiyah, dan lain-lain. Tujuannya, tentu saja untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya dan memberikan 'pengalaman' pengunjung selama berada di pusat perbelanjaan.

Di Plaza Indonesia, pada 7-14 Mei 2019 lalu untuk pertama kalinya digelar Jakarta Ramadan, sebuah event yang diorganisasi oleh #Markamarie, yang sebelumnya telah sukses menggelar Jakarta Modest Fashion Week, rangkaian modest fashion week yang secara bergantian diadakan di kota-kota besar dunia. Jakarta Ramadan merupakan event ramadan pertama yang dikelola oleh start-up #Markamarie yang didirikan oleh Franka Soeria, seorang penggerak modest fashion yang namanya tak asing lagi. 


Sebagai sebuah emerging event, Jakarta Ramadan cukup percaya diri dengan membawa konsep perpaduan dan kolaborasi berbagai negara dalam bidang modest fashion. Pengalaman Franka bekerjasama dengan berbagai pihak di banyak negara membuatnya memiliki banyak jejaring dari luar negeri, sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dalam waktu yang sangat singkat untuk mengerjakan proyek ini, Jakarta Ramadan mampu berkolaborasi dengan beberapa brand baik dari Indonesia maupun luar negeri untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. 

Jakarta Ramadan mempersembahkan 14 fashion presentation, 20 booth pameran, rangkaian talk show dan workshop bersama influencer, selebritis dan komunitas terkemuka Indonesia. Selama 1 minggu penuh, ajang modest fashion ini juga akan menampilkan eksibisi busana Ramadan serta 10 fashion workshop dengan topik seputar fashion, beauty, art, bisnis dan startup. Kian istimewa, akan hadir sesi Tausiyah bersama Quraish Shihab di The Atrium, Plaza Indonesia.

Dalam penyelenggaraannya, Jakarta Ramadan didukung penuh oleh Plaza Indonesia (Venue Partner), Siji Indonesia (Event Partner), Council of Modest Fashion (International Strategic Partner), Hagel Club Singapore (Official Apps), MAC Cosmetics (Official Make Up), UNHCR Indonesia (Benang Project Partner), Lamsamyic Taiwan (Official Face Cleaning Brush) dan Platinum Partners: Bokitta Lebanon, Buttonscarves, Auliya dan CHOIYS Korea. Serta dukungan berbagai komunitas dan media.

Franka Soeria, Founder #Markamarie dan Modest Fashion Weeks Global menyampaikan, ”Menyambut Ramadan 1440H, Jakarta Ramadan menjadi oase gaya hidup modest yang akan memberikan ragam informasi bermanfaat tak hanya fashion, namun juga bisnis, art, beauty hingga teknologi. Konsep tema Ramadan on The Island menandai bahwa Ramadan adalah waktu yang paling tepat untuk merenung, merefleksikan diri - kegiatan renungan ini kerapkali dilakukan ketika menikmati suasana pantai di pulau.”

Deretan nama dalam dunia modest fashion ikut menyemarakkan Jakarta Ramadan, seperti Vivi Zubedi, Medina Zein, Fatih Indonesia, Devi Janeeta, Rhani dan #Markamarie. Desainer dan brand luar negeri yang berpartisipasi antara lain Huw Roman Tokyo, Madame Pashmina Turki, hijab pinless terkemuka dari Lebanon Bokitta, dan CHOIYS dan Y5Star yang merupakan kolaborasi pelaku bisnis Korea yang mendalami modest lifestyle business.

Jakarta Ramadan juga mengusung semangat untuk mendorong geliat industri modest fashion tumbuh lebih subur. Melalui momen peluncuran Modest Fashion Founders Fund – Capital Accelerator’ yang diinisiasi BEKRAF bekerjasama dengan pelaku industri modest fashion tanah air serta kalangan perbankan syariah, akan menjadi sebuah titik awal terbukanya kesempatan yang lebih luas bagi para pelaku industri modest fashion tanah air dalam berkontribusi pada kinerja ekspor ekonomi kreatif.

Talkshow bersama Fatih Indonesia. modest.id ikut mendukung Jakarta Ramadan 

Sebagai sebuah start-up di bidang modest fashion, event ini juga merupakan milestone penting bagi #Markamarie yang menargetkan diri sebagai 'gate of modest fashion in Asia'. “Jakarta Modest Fashion Week 2018 telah memberikan imej positif tentang Jakarta di mata dunia. Melalui Jakarta Ramadan, kami berupaya memberikan bukti akan konsistensi #Markamarie dalam berkontribusi mendukung perkembangan industri modest Indonesia. #Markamarie bertindak dengan memberikan layanan fashion menyeluruh mulai dari produksi, marketing dan promosi dalam memastikan Jakarta Ramadan berjalan optimal. Perjalanan #Markamarie masih panjang, namun tentu Jakarta Ramadan menjadi salah satu yang spesial, karenanya kami berharap masyarakat berikan dukungan dengan mendukung karya desainer dan pelaku modest lifestyle Indonesia, berkenalan dengan desainer internasional dan merayakan Ramadan kali ini bersama kami,” kata Ismail Semin, yang juga merupakan founder #Markamarie.

Bulan Ramadan yang selalu diisi dengan kebaikan turut diadopsi oleh Jakarta Ramadan melalui Fashion for Good, persembahan #Markamarie X UNHCR. Fashion for Good berakar dari Benang Project yakni sebuah program sosial yang digagas Franka Soeria melalui #Markamarie yang menyediakan pelatihan fashion bagi para pengungsi internasional yang berada di Indonesia. Pelatihan ini termasuk kemampuan mendesain, membuat pola, menjahit, menciptakan brand, teknik pemotretan, hingga fashion show untuk membantu para pengungsi menyatu lebih baik dengan masyarakat Indonesia.

Benang dimaknai Franka sebagai lambang harapan untuk dapat menjahit dua komponen, masyarakat dan para pengungsi, sehingga dapat lebur menjadi satu dan melahirkan sebuah ide serta karya besar. Secara nyata, karya besar Benang Project telah mendapat perhatian dunia setelah diperkenalkan #Markamarie di berbagai perhelatan fashion internasional yakni di Jakarta, Paris, Istanbul dan Dubai.

  

  

Bertempat di La Moda, Plaza Indonesia, presentasi fashion pada 8 Mei 2019 menampilkan 2Madison Avenue - Indonesia, Button Scarves - Indonesia, Auliya - Indonesia, Bokitta - Lebanon, Devi Janeeta - Indonesia, dan CHOIYS - Korea. Sementara pada 9 Mei 2019, tampil Vivi Zubedi dan #Markamarie. Pada 10 Mei 2019 giliran Rhani, Button Scarves, Bokitta - Lebanon, Auliya, Vivi Zubedi dan #Markamarie yang akan menutup rangkaian fashion presentation di The Warehouse, Plaza Indonesia.

“Rangkaian kegiatan Jakarta Ramadan yang mengakomodir banyak konten melalui talk show dan workshop edukatif kami harapkan dapat memberikan inspirasi Ramadan positif, yang tak hanya berkontribusi bagi pribadi namun dalam skala lebih luas bagi kemajuan pelaku industri modest. Kami harapkan dukungan semua pihak untuk keberhasilan Jakarta Ramadan serta sekali lagi berikan kesempatan pada Jakarta untuk dikenal sebagai pusat modest lifestyle internasional,” tandas Franka.

See also:
-- JMFW 2018, Mendatangkan 'Dunia' ke Lanskap Modest Fashion Indonesia -- Strategi Memenangkan Modest Fashion Indonesia di Pasar Dalam Negeri -- Paragon Innovation Summit, from Product Branding to Corporate Branding -- Pengalaman Tak Terlupakan di Indonesia Hijab Fest 2019 --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Presentasi Fashion dalam Format dan Kemasan Baru

Presentasi Fashion dalam Format dan Kemasan Baru

READ MORE
IFI Graduation Batch 4; Aktualisasi Idealisme dan Tantangan Desain Busana Muslim

IFI Graduation Batch 4; Aktualisasi Idealisme dan Tantangan Desain Busana Muslim

READ MORE